5 Cara Efektif Mengoptimalkan Customer Experience

/5 Cara Efektif Mengoptimalkan Customer Experience

5 Cara Efektif Mengoptimalkan Customer Experience

Dalam menjalani bisnis, memahami pentingnya Customer Experience untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, pendapatan, dan kesuksesan secara keseluruhan adalah hal yang krusial. Maka dari itu, jika tidak terus berusaha untuk meningkatkan Customer Experience dan memenuhi harapan pelanggan yang terus meningkat, sebuah bisnis akan semakin terbelakang karena pesaing telah menemukan cara efektif dalam mengoptimalkan Customer Experience mereka dan pelanggan anda perlahan akan berkurang sampai akhirnya ini akan menguntungkan para pesaing anda.

Lalu, apakah ada cara bagi perusahaan anda untuk mengatasi tantangan ini? Pada dasarnya perusahaan memerlukan proses manajemen yang efektif dan mencakup segala tahapan identifikasi dan pengembangan, agar tujuan perusahaan anda tercapai dan memberikan manfaat jangka panjang.

Setelah ditelusuri, terdapat 5 (lima) cara efektif yang harus diikuti perusahaan untuk menciptakan proses manajemen yang berguna untuk meningkatkan Customer Experience. Mari kita simak 5 cara efektif mengoptimalkan Customer Experience dalam bisnis.

1.Mengumpulkan Feedback

Cara pertama dalam proses meningkatkan Customer Experience adalah mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang layanan anda langsung kepada pelanggan. Pelanggan anda adalah sumber informasi terbaik untuk mengetahui apa yang harus ditingkatkan dalam manajemen Customer Experience yang anda jalani. Oleh karena itu, perusahaan perlu membuat dan mengumpulkan feedback dari pelanggan, bisa dilakukan dengan diskusi langsung dengan pelanggan hingga melakukan survei. Informasi berharga dapat dikumpulkan melalui channel seperti email, website dan media sosial. Jika ada masalah tertentu yang sering muncul dan dirasa perlu untuk diatasi, anda dapat melihat feedback dari pelanggan yang telah didapatkan lalu melakukan penelitian untuk melihat kelemahan layanan yang perlu ditingkatkan untuk Customer Experience anda.

2.Identifikasi Peluang

Selain meningkatkan proses yang sudah ada, perusahaan perlu melihat peluang baru untuk dapat berinovasi, mengubah cara mereka beroperasi untuk menambah nilai dan memberi manfaat bagi pelanggan. Untuk pelanggan yang sudah ada, perusahaan dapat memprioritaskan perubahan yang akan memberikan dampak tertinggi dalam hal loyalitas. Untuk menargetkan pelanggan baru, perusahaan harus mencari cara untuk menjangkau target yang berpotensi melalui channel baru atau dengan menyederhanakan proses jual beli sehingga calon pelanggan tidak merasa sulit untuk melakukan transaksi.

3. Melaksanakan Perencanaan

Setelah mengidentifikasi peluang, anda membutuhkan perencanaan yang kuat untuk memastikan bahwa project untuk meningkatkan Customer Experience yang anda jalani akan memberikan hasil yang tepat.

4. Mengawasi Kinerja

Perusahaan perlu melakukan pemantauan dan pengukuran untuk setiap project peningkatan Customer Experience yang dijalankan. Apakah ada perubahan semenjak menjalankan proyek tersebut? Apakah ada situasi di mana target tidak terpenuhi? Lalu, apakah ada yang bisa dilakukan untuk mengubah situasi tersebut? Dengan mengukur kualitas layanan, kepuasan pelanggan, nilai dan Net Promoter Score (NPS), perusahaan dapat menilai suatu proyek yang berhasil meningkatkan Customer Experience.

5. Menggunakan Solusi Customer Experience yang Dapat Menjangkau Informasi Secara Keseluruhan

Di era digital seperti saat ini, perusahaan tidak dapat beroperasi secara efektif hanya dengan satu channel pemasaran. Perusahaan terkemuka dan juga perusahaan yang baru merintis namun berupaya menjadi perusahaan yang unggul, saat ini sudah menggunakan Omnichannel customer experience.

Omnichannel berupaya untuk memberikan Customer Experience terbaik dengan mengumpulkan informasi di semua channel yang terlibat dengan pelanggan. Omnichannel Customer Experience dapat menggunakan banyak saluran dalam interaksi yang diberikan seperti suara, teks, email, media sosial, FAQs, dan masih banyak lagi.

Jadi, demikianlah 5 cara efektif untuk mengoptimalkan Customer Experience anda. Perlu diingat bahwa setiap cara memiliki kaitan yang sangat kuat, dan harus disempurnakan dari cara pertama hingga cara yang paling memegang peran dalam proses peningkatan Customer Experience, yaitu menggunakan solusi Customer Experience yang tepat. Omnichannel customer experience adalah solusi yang paling detail dan efisien. Omnichannel menyempurnakan fitur yang ada di Multichannel, memanfaatkan kekuatan Multimodal, dan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena kemudahan informasi yang mereka dapatkan. Pada akhirnya, pemilik perusahaan dan pelanggan nya akan saling menguntungkan dengan menggunakan Omnichannel.

 

Source:

https://www.genesys.com/customer-experience/innovations/omnichannel

Info lebih lanjut:

https://www.phincon.com/ 

marketing@phintraco.com

 

By | 2019-07-04T08:42:40+00:00 June 13th, 2019|Categories: Blog|Tags: , , , |0 Comments

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US