Cara Melindungi Diri dari Serangan WiFi KRACK

/Cara Melindungi Diri dari Serangan WiFi KRACK

Cara Melindungi Diri dari Serangan WiFi KRACK

Setelah WannaCry dan Petya Ransomware, ada lagi ancaman hacker terbaru yang kali ini menyerang keamanan WiFi dengan serangan siber bernama KRACK (Key Reinstallation Attacks). KRACK ini dapat menyerang beberapa perangkat pengguna, seperti laptop, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya dengan cara mencuri data sensitif seperti nomor kartu kredit, password, pesan chat, email, foto, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana cara melindungi diri Anda dari serangan WiFi KRACK?

  1. Update all the wireless things you own

Perangkat Anda dapat diperbarui untuk mencegah kerentanan dari KRACK ini. Anda harus memperbarui semua router dan perangkat WiFi Anda (termasuk laptop, telepon, tablet, dan lain-lain) dengan patch keamanan terbaru.

  1. Look to your router

Firmware router Anda tentunya harus diperbarui. Anda dapat memastikan bahwa router Anda up-to-date atau tidak dengan melihat panel administrasi.

  1. Use Ethernet

Jika router Anda belum membaik, dan Anda tidak memiliki akses WiFi yang bisa digunakan untuk wireless, Anda bisa menggunakan Ethernet ke router Anda dan mematikan fungsi nirkabelnya hingga terpasang. Matikan WiFi di perangkat Anda juga sehingga Anda yakin semua dapat terkoneksi menggunakan kabel Ethernet tersebut.

  1. Consider using cellular data on your phone

Ponsel dan tablet Anda tidak memiliki port Ethernet. Jika Anda ingin memastikan tidak ada orang yang mengetahui traffic Anda, nonaktifkan WiFi di perangkat Anda dan gunakan data seluler.

  1. What about Internet-of-Things devices?

Jika Anda memiliki banyak perangkat IoT, pertimbangkan perangkat mana yang memiliki risiko paling besar dari serangan WiFi KRACK ini. Tariklah perangkat yang paling berisiko tersebut dari jaringan Anda.

Haruskah Anda mematikan WiFi Anda?

Hal tersebut mungkin bukan pilihan yang tepat bagi kebanyakan orang. Karna banyak sekali alasan yang mengharuskan Anda untuk terkoneksi dengan WiFi di mana saja, untuk keperluan tertentu. Namun jika Anda benar-benar merasa panik dan khawatir, maka satu-satunya cara untuk bisa benar-benar aman adalah dengan terus memperbarui semua perangkat Anda, dan lebih berhati-hati dalam menggunakan koneksi WiFi yang terproteksi.

 

By | 2017-10-30T07:38:44+00:00 October 25th, 2017|Categories: Blog|Tags: , , , , , , |0 Comments

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US