5 Keuntungan Menggunakan Solusi Tanda Tangan Elektronik

/5 Keuntungan Menggunakan Solusi Tanda Tangan Elektronik

5 Keuntungan Menggunakan Solusi Tanda Tangan Elektronik

Transformasi digital telah mengubah cara bisnis beroperasi. Seluruh bagian perusahaan, mulai dari bagian penjualan, pemasaran hingga departemen HR dan keuangan merasakan banyak keuntungan dari adanya digitalisasi. Selain itu, menghilangkan proses manual juga terbukti meningkatkan efisiensi perusahaan.

Tanda tangan adalah suatu hal yang sangat penting bagi proses bisnis, hampir seluruh aspek dalam bisnis memerlukannya. Maka tidak heran bahwa solusi tanda tangan elektronik ini menjadi bagian penting dalam transformasi digital, dan penggunaannya menjadi salah satu contoh perwujudan era digital. Bagi Anda yang ingin mulai menggunakan tanda tangan elektronik, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa saja keuntungan yang akan didapatkan ketika menggunakannya.

Berikut adalah 5 keuntungan menggunakan solusi tanda tangan elektronik untuk kegiatan operasional bisnis:

  • Hemat biaya

Penggunaan software tanda tangan elektronik merupakan pilihan yang paling terjangkau untuk memproses sebuah dokumen. Tidak hanya menghilangkan pengeluaran untuk kertas, tetapi juga biaya kirim atau transportasi yang terkadang menghabiskan banyak pengeluaran.

  • Membantu upaya pelestarian lingkungan

Dengan menggunakan tanda tangan elektronik, itu artinya mengurangi jumlah kertas yang digunakan, maka Anda berhenti berkontribusi pada jumlah besar limbah yang dihasilkan oleh industri kertas. Tahukah Anda bahwa sekitar 400 juta ton kertas dan karton diproduksi setiap tahun? Ini merupakan faktor utama yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

  • Menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik

Tanda tangan elektronik membantu menghilangkan masalah yang terjadi akibat adanya proses tanda tangan konvensional, yang akhirnya setiap orang bergantung pada kumpulan dokumen di mana informasi penting dapat dengan mudah hilang di antara tumpukan dokumen lainnya. 

  • Lebih aman

Tanda tangan elektronik juga memiliki kelebihan lain, yaitu terjaminnya keamanan dibandingkan dengan tanda tangan konvensional. Hal ini sejalan dengan penggunaan tanda tangan konvensional yang berisiko pada pemalsuan tanda tangan. Contohnya, penipuan berupa penyalahgunaan identitas seseorang demi keuntungan pribadi.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa salah satu tantangan yang muncul akibat adanya digitalisasi adalah tingginya risiko keamanan karena maraknya penjahat cyber. Saat ini, Anda tidak perlu khawatir, karena sudah banyak penyedia software solusi tanda tangan elektronik yang memperhatikan keamanan penggunanya. Bahkan, kini tanda tangan elektronik sudah digunakan dalam industri keuangan untuk membantu melindungi informasi keuangan yang sensitif. Pilihlah software tanda tangan elektronik yang dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga keamanan informasi Anda dan klien Anda.

  • Efisien

Tak perlu diragukan lagi bahwa kehadiran teknologi dapat meningkatkan efisiensi. Tanda tangan elektronik memanfaatkan efisiensi ini dengan memungkinkan tandatangan jarak jauh yang biasanya menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari, kini dapat diselesaikan hanya dalam hitungan detik.

Setelah membaca 5 keuntungan menggunakan solusi tanda tangan elektronik, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?

Phintraco Technology sebagai perusahaan penyedia solusi IT di Indonesia, menawarkan solusi teknologi tanda tangan elektronik (eSignature) dari OneSpan. Bernama OneSpan Sign, solusi teknologi ini dirancang untuk memudahkan proses bisnis perusahaan dari berbagai skala. Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi tanda tangan elektronik dari OneSpan, Anda dapat membaca artikel berikut: “Tanda Tangan Elektronik sebagai Solusi Inovatif di Kala Pandemi” dan hubungi marketing@phintraco.com

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US