Melindungi Data Yang Tersimpan Di Cloud

/Melindungi Data Yang Tersimpan Di Cloud

Melindungi Data Yang Tersimpan Di Cloud

Saat ini, kita telah tiba di “cloud era”. Segalanya perlahan bertransisi ke cloud. Semakin banyak kegiatan bisnis memanfaatkan lingkungan multi-cloud untuk menangani proses bisnis mereka. Aplikasi bisnis yang sering digunakan seperti Email, Human Capital Management (HCM), atau Customer Relationship Management (CRM), saat ini tersedia sebagai salah satu layanan cloud. Setiap pengguna dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun karena layanannya tersedia tanpa batas, selama pengguna memiliki akses internet.

Tentunya, kehadiran aplikasi bisnis modern ini memberi banyak kemudahan. Namun, dibalik segala kemudahan itu, nyatanya juga menghadirkan masalah baru. Bagaimana kita memastikan keamanan data yang tersimpan di cloud? Bagaimana memastikan hanya pengguna yang tepatlah yang memiliki akses ke data yang ada di layanan cloud tersebut?

Untuk mengatasi masalah tersebut, Aplikas Servis Pesona, sebagai perusahaan penyedia solusi end-to-end IT security, menghadirkan solusi Cloud Access Security Broker (CASB).

Apa itu Cloud Access Security Broker atau CASB?

Cloud Access Security Broker (CASB) adalah cloud-hosted software yang berada di antara pengguna dan penyedia layanan cloud, CASB berguna untuk menjamin keamanan aplikasi cloud atau layanan cloud. CASB membantu organisasi memperluas kontrol keamanan infrastruktur on-premise ke cloud. Pada intinya, CASB ini berguna untuk mengamankan segala jenis data yang ada di cloud.

Dengan menggunakan solusi CASB, setiap organisasi akan dapat melakukan:

  • Mengidentifikasi layanan cloud apa yang sedang digunakan, kapan, oleh siapa, dan risiko apa yang mungkin saja ditimbulkan terhadap data yang ada di cloud
  • Mengevaluasi dan memilih layanan cloud yang memenuhi persyaratan keamanan.
  • Dengan CASB, Anda dapat melindungi data perusahaan yang ada di cloud. Anda akan mendapakan notifikasi jika ada data sensitif yang seharusnya tidak diunggah ke cloud.
  • Mengidentifikasi penyalahgunaan layanan cloud yang dilakukan oleh pengguna yang tidak berhak, termasuk aktivitas di layanan cloud yang dilakukan oleh orang dalam perusahaan yang berpotensi membahayakan akun pengguna asli.
  • Menentukan tingkat akses data dan fungsi layanan cloud yang berbeda berdasarkan perangkat, lokasi, dan sistem operasi pengguna.

Solusi Cloud Access Security Broker (CASB) menyediakan berbagai fitur keamanan yang sangat lengkap. Mulai dari data loss prevention, threat management, identity management, firewall, maupun anti-malware.  CASB adalah platform keamanan data modern yang tepat untuk “cloud era”.

Pada pemanfaatan layanan cloud, penerapan solusi keamanan merupakan prioritas utama untuk diperhatikan oleh seluruh perusahaan. Oleh karena itu, Aplikas Servis Pesona bersama McAfee menyediakan solusi Cloud Access Security Broker (CASB) untuk memberi perlindungan pada data yang tersimpan di layanan cloud bernama Mvision Cloud, solusi yang mengintegrasikan proteksi keamanan data di layanan cloud secara menyeluruh.

Dengan pengalaman lebih dari 18 tahun menyediakan solusi keamanan IT end-to-end, Aplikas Servis Pesona memiliki IT Security Consultant yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman. Aplikas Servis Pesona berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan teknologi informasi dengan tidak hanya menjual produk atau solusi saja, namun juga memberikan Consulting Services yang dapat membantu perusahaan Indonesia mengetahui solusi keamanan IT apa saja yang harus digunakan demi keberlangsungan bisnis perusahaan.

Sumber:

https://www.skyhighnetworks.com/cloud-security-university/what-is-cloud-access-security-broker/

https://www.mcafee.com/enterprise/en-us/products/mvision-cloud.html

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US