Mengapa Transformasi Itu Perlu?

/Mengapa Transformasi Itu Perlu?

Mengapa Transformasi Itu Perlu?

Transformasi adalah proses mengubah sistem, proses bisnis, dan teknologi secara menyeluruh untuk mencapai peningkatan yang dapat terukur dalam hal efisiensi, efektivitas, dan kepuasan pelanggan maupun karyawan. Mengapa transformasi itu perlu? Dengan definisi ini, maka dapat dikatakan melakukan transformasi pada bisnis bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan. Hal ini berlaku untuk semua sektor industri. Jika tidak melakukan transformasi, maka Anda harus siap tertinggal dari kompetitor karena Anda menjalani bisnis yang tidak efisien, tidak efektif, dan tidak sesuai dengan keinginan pelanggan.

Tahapan apa saja yang harus dilakukan ketika perusahaan Anda berniat untuk melakukan transformasi?

Proses menuju tahapan transformasi dapat dilakukan dengan melewati 3 tahap, yaitu rencana, implementasi, dan transformasi.

Pada tahapan “rencana”, Anda melakukan perumusan tentang inovasi baru apa yang ingin diciptakan bisnis Anda saat ini dan di masa depan. Setelah perumusan tentang inovasi sudah selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah memikirkan solusi yang dapat mendukung bisnis Anda mencapai inovasi baru tersebut. Dalam hal ini, solusi yang dimaksud adalah solusi teknologi yang menjadi bagian strategi bisnis. Setelah perumusan mengenai inovasi baru sudah didapatkan, solusi teknologi terbaik sudah dipilih, maka selanjutnya Anda harus menetapkan nilai apa yang akan Anda dapatkan setelah menggunakan solusi teknologi tersebut.

Kedua adalah tahap “implementasi”, inovasi dan strategi teknologi yang sudah direncanakan sebelumnya, kini mulai dicari cara untuk mengimplementasikannya. Mencari vendor penyedia solusi teknologi informasi terbaik adalah proses penting pada tahap ini. Implementasi teknologi baru pada bisnis tidak bisa dilakukan sembarangan. Pilihlah perusahaan penyedia solusi teknologi yang sudah berpengalaman dalam mengimplementasikan solusi-solusi teknologi pada perusahaan, dan terbukti solusi yang diberikan memberi dampak yang sangat positif bagi bisnis.

Terakhir, Anda sudah tiba pada proses “transformasi” itu sendiri. Pada tahap ini, Anda sudah benar-benar menerapkan “rencana” dan “implementasi” yang sudah dilakukan sebelumnya. Rencana yang dirancang sudah “Go Live” ke proses operasional bisnis Anda. Setelah sampai pada tahap ini, penerapan strategi teknologi baru harus selalu dipantau untuk memastikan bahwa nilai bisnis yang didapatkan meningkat secara optimal atau setidaknya sesuai dengan ekspektasi Anda pada tahap “perencanaan.”

Banyak yang harus dipertimbangkan untuk melakukan transformasi demi bisnis yang lebih baik di masa depan. Mengapa transformasi itu perlu? Dengan membaca artikel ini, Anda sudah mendapatkan jawabannya. Melakukan transformasi adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan nilai bisnis dan menjadi unggul dalam industri. Tentunya, persaingan bisnis akan terus meningkat. Bisnis Anda dituntut untuk dapat cepat beradaptasi, maka transformasi bisnis dengan dukungan solusi teknologi adalah jawaban atas segala masalah bisnis yang selama ini menghambat hasil bisnis yang optimal.

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US