Pentingnya Data Mobilitas untuk Terwujudnya Smart City

/Pentingnya Data Mobilitas untuk Terwujudnya Smart City

Pentingnya Data Mobilitas untuk Terwujudnya Smart City

Sebelum membaca informasi tentang pentingnya data mobilitas untuk terwujudunya smart city, mari kita simak terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan smart city? Smart city adalah istilah yang diberikan kepada kota yang menggabungkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas dan kinerja layanan perkotaan seperti energi, transportasi dan utilitas untuk mengurangi konsumsi sumber daya, pemborosan, dan biaya keseluruhan. Tujuan smart city adalah untuk meningkatkan kualitas hidup warganya dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi.

Saat ini, kehidupan manusia sudah berkembang pesat menuju era digital, dan “data” menjadi hal yang penting di era ini, karena data dapat membantu kita untuk menentukan keputusan yang informatif, akurat, dan lebih baik. Data mobilitas sangat erat kaitannya dengan upaya dalam mewujudkan smart city, karena data mobilitas pun mempermudah kita untuk membuat rencana, membangun dan memlihara kota dengan cara yang akurat dan lebih baik. Smart city berupaya untuk memanfaatkan data agar dapat difungsikan untuk perkembangan yang efisien melalui jaringan yang terhubung untuk meningkatkan transparansi.

Seberapa Pentingnya Data Mobilitas?

Data mobilitas didapatkan dari agensi public transportation, penyedia solusi mobilitas pribadi dan juga dari survei. Terdapat 2 metode untuk mengumpulkan data, yang pertama adalah melalui metode primer, yaitu data yang didapatkan melalui sensor yang dimiliki sebuah organisasi, maupun melalui aplikasi yang dimiliki pengguna. Saat mengumpulkan data dari sumber primer, sering diasumsikan bahwa data itu sangat berguna dan lebih memberikan manfaat di masa depan. Metode lain adalah metode sekunder, di mana data diperoleh dari pihak lain dengan maksud yang sudah ditentukan sebelumnya.

Data mobilitas adalah faktor yang sangat penting karena memberi nilai maksimal dalam mewujudkan smart city, dan dapat menghadirkan fasilitas transportasi umum yang lebih baik bagi penduduknya. Contohnya, data mobilitas dapat menginformasikan tentang waktu kedatangan kereta api dan bus dengan tepat waktu, juga dapat memberi pilihan transportasi dan rute yang paling efektif untuk cepat sampai ke tempat tujuan. Selain itu, data tersebut juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi titik keselamatan dan keamanan lalu lintas sehingga dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas dan jika kemungkinan terburuknya sudah terjadi kecelakaan, instansi terkait dapat langsung bertindak secepatnya.

Data ini juga dapat membantu administrator kota untuk merancang rute dan memelihara rute yang sudah ada, meningkatkan kualitas angkutan umum, dan infrastruktur dengan lebih baik. Misalnya, menganalisis pola lalu lintas dan perjalanan dapat membantu perencana untuk memutuskan di mana akan membangun infrastruktur baru dan menambahkan rute transit untuk mengurangi kemacetan di daerah lalu lintas padat. Melalui arus lalu lintas, fasilitas infrastruktur transportasi seperti jembatan dan jembatan layang dapat dipantau.

Data mobilitas juga membantu dalam penegakan peraturan yang efektif, mengembangkan peraturan baru dan memodifikasi peraturan yang ada untuk memastikan kelancaran sistem. Data ini dapat memungkinkan regulator untuk melihat di mana pelanggaran sering terjadi dan mengumpulkan biaya tol dan parkir secara efisien.

Tantangan Dalam Mengoptimalkan Data Mobilitas

Meskipun memiliki kegunaan yang sangat besar, namun ada juga masalah yang dapat menghalangi pemanfaatan data mobilitas yang tepat. Yang pertama adalah kurangnya berbagi data dalam sesama perusahaan terkait, alasannya adalah persaingan dan privasi. Dengan demikian, perlu adanya platform bersama di mana semua data tersedia dan dapat digunakan, sehingga siapa pun dapat menggunakannya untuk mengatur dan menghasilkan sesuatu yang lebih baik untuk smart city tersebut.

Di sisi lain, standarisasi data adalah sebuah tantangan yang menjadi penghambat dalam kepentingan berbagi data. Kota yang ingin mewujudkan smart city masih berusaha untuk menetapkan standar berbagi data untuk pengaturan yang efisien. Oleh karena itu, mekanisme berbagi data yang tepat adalah suatu keharusan agar dapat menggunakan data ini secara efisien.

Source : 

https://www.techopedia.com/definition/31494/smart-city

https://smarterthings.cio.com/article/implementing-iot/for-smart-cities-connectivity-is-king/

https://www.geospatialworld.net/blogs/importance-of-mobility-data-in-making-cities-smarter/

Info lebih lanjut:

www.phintraco.com | marketing@phintraco.com

By | 2019-05-21T06:45:52+00:00 May 10th, 2019|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US