Pentingnya Penggunaan Token dalam Otentikasi Bank

/Pentingnya Penggunaan Token dalam Otentikasi Bank

Pentingnya Penggunaan Token dalam Otentikasi Bank

Penggunaan token internet banking menjadi hal yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Praktis, dapat digunakan kapan saja bisa dijadikan alasan bagi orang-orang untuk menggunakannya. Sebelum melakukan sebuah transaksi baik itu transfer atau transaksi lainnya, perlu dibuktikan terlebih dahulu bahwa Anda benar-benar pengguna yang sah, bukan orang lain yang ingin menembus akses di internet banking Anda.

Untuk mendukung pengamanan layanan perbankan online, VASCO yang merupakan produk dari Phintraco Technology bisa menjadi pilihan Anda. Ekonardo Bunardi selaku Product Manager VASCO mengatakan bahwa penggunaan token di internet banking sangat penting karena terkait dengan transaksi pemindah bukuan, pembelian, pembayaran, dan lain-lain. Saat ini banyak juga bank yang mulai masuk dan mengembangkan internet banking mereka dan bahkan hingga merambah ke mobile banking. Mengapa?

“Dengan internet banking dan mobile banking, bank dapat melayani nasabahnya tanpa batasan waktu yakni 24×7 dan tidak perlu investasi banyak, tidak seperti cabang yang membutuhkan tempat yang besar dan tenaga kerja yang banyak tapi hanya melayani saat jam kerja saja,” jelas Ekonardo.

Dengan kemajuan teknologi seperti komputer yang semakin canggih dan handphone yang semakin pintar, ditambah dengan kemajuan akses internet yang semakin cepat dan terjangkau, maka banyak nasabah yang mulai beralih dan terbiasa untuk menggunakan internet banking maupun mobile banking.

Ekonardo mengatakan bahwa produk VASCO yang dimiliki oleh Phintraco Technology sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2002, dengan beberapa kelebihan.

“VASCO merupakan token dengan time-based dan memiliki beberapa metode dalam menghasilkan one-time password (OTP) seperti response only yang biasa digunakan untuk login dan challenge response dengan menginputkan challenge (berupa nomor yang dibentuk dari sistem) ke dalam token, dan digital signature. Semua OTP yang dihasilkan dari masing-masing metode tersebut adalah unik dan time-bases (ada validasi waktunya).”

Selain itu, VASCO juga memiliki token yang dapat memindai QR code baik standard yaitu, QR code hitam putih maupun Color QR Code, dimana apabila QR code tersebut dibentuk hanya untuk nasabah yang bersangkutan maka hanya token nasabah yang bersangkutan saja yang dapat mengartikan QR code tersebut.

“Token-token VASCO yang digunakan oleh banyak bank di Indonesia cukup tahan lama dan kuat, dengan bentuk yang kecil dan dinamis sehingga mudah digenggam. VASCO juga memiliki token yang dapat dimasukkan ke dalam dompet,” jelas Ekonardo.

Ia menambahkan, bahwa ada beberapa poin yang harus selalu diingat oleh semua pengguna agar layanan perbankan yang digunakan dapat aman, seperti: jangan pernah memberikan token maupun PIN Anda untuk akses token ke orang lain, jangan memberikan OTP yang dihasilkan oleh token ke orang lain, pastikan juga alamat layanan internet banking yang dituju sudah benar.

“Pastikan kembali detil transaksi yang dilakukan, jangan terburu-buru, jangan sekali-sekali mengakses halaman yang tidak layak dan tidak pantas yang ada di internet,” jelas Ekonardo. (MEL)

Source: http://www.tribunnews.com/tribunners/2017/10/12/pentingnya-penggunaan-token-internet-banking-dalam-otentikasi-bank

By | 2017-10-19T02:58:43+00:00 October 18th, 2017|Categories: News & Updates|Tags: , , , , |0 Comments

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US