Apa itu Software-Defined Perimeter (SDP)?

/Apa itu Software-Defined Perimeter (SDP)?

Apa itu Software-Defined Perimeter (SDP)?

Software-Defined Perimeter (SDP) merupakan security framework yang dirancang untuk mengakses jaringan segmen mikro. SDP secara dinamis membuat koneksi ke jaringan secara one-to-one antara pengguna dan sumber daya yang ingin mereka akses.

Yang menjadi dasar pemahaman Cyxtera terhadap framework SDP adalah keberadaan tiga pilar inti SDP yakni meliputi:

  1. Identity-centric: penggunaannya dirancang dengan memanfaatkan kisaran identitas sang pengguna, bukan alamat IP.
  2. Zero Trust: memanfaatkan segmentasi jaringan mikro untuk menerapkan prinsip privilege meski hanya mengakses jaringan guna mengurangi celah ruang untuk cyber-attack karena banyaknya serangan permukaan (surface-attack) yang dapat dimanfaatkan.
  3. Built for the cloud: dirancang untuk dapat berjalan secara apa adanya di jaringan cloud dan sekaligus memberikan keamanan yang dapat ditingkatkan.

Dengan hal tersebut di atas akan memastikan bahwa semua endpoints yang mencoba mengakses infrastruktur diotentikasi dan diotorisasi sebelum dapat mengakses sumber daya apa pun di jaringan. Semua sumber daya jaringan yang tidak sah menjadi tidak dapat diakses.

Oleh karenanya, tidak hanya menerapkan prinsip privilege paling kecil untuk jaringan melainkan juga mengurangi kemungkinan attack surface dengan menyembunyikan sumber daya jaringan dari pengguna yang tidak sah atau tidak terotentikasi.

Tentang Cyxtera

Setelah mendapatkan pemahaman mengenai SDP melalui pemahaman dari Cyxtera, berikut ini adalah informasi mengenai Cyxtera. Cyxtera yang merupakan salah satu partner dari Aplikas Servis Pesona, member dari Phintraco Group dikenal sebagai secure infrastructure company.

Cyxtera memberikan platform yang aman untuk menghubungkan dan melindungi infrastruktur khusus, baik private cloud dan public cloud.

Bagi perusahaan, lembaga pemerintah dan penyedia layanan, Cyxtera menawarkan kemampuan infrastruktur TI yang kuat dan aman yang terpasang dengan keamanan dinamis yang ditentukan oleh perangkat lunak.

Sederhananya, Cyxtera adalah model baru perusahaan data center dengan keamanan yang terintegrasi sebagai penawaran layanan inti ke dalam fasilitas yang dapat diterapkan IT perusahaan maupun di cloud. Cyxtera juga merupakan perusahaan security dengan solusi pendekatan yang baru yang dipasang untuk menjalankan aplikasi.

Terkait dengan SDP, di Cyxtera pun terdapat solusi Cyxtera’s Software-Defined Perimeter solution, bernama AppGate SDP. AppGate SDP memberikan solusi SDP yang paling komprehensif di industri. Solusi ini adalah alternatif yang terbukti dan lebih aman untuk traditional VPNs, yang disebut juga sebagai next-generation firewalls dan NACs.

Bagaimana menurut Anda tentang framework Software-Defined Perimeter (SDP)? Sudah saatnya Anda menerapkan solusi SDP di dalam bisnis Anda.

Info lebih lanjut: www.phintraco.com | www.aplikas.com |marketing@phintraco.com

Source:

https://www.cyxtera.com/blog/what-is-a-software-defined-perimeter

https://www.cyxtera.com/about-us

https://www.cyxtera.com/secure-access/appgate-sdp/key-features

By | 2019-02-13T06:50:41+00:00 February 13th, 2019|Categories: Blog|Tags: , , , , |0 Comments

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US