Apa Itu Application Performance Monitoring dan Mengapa Perusahaan Membutuhkannya?

/Apa Itu Application Performance Monitoring dan Mengapa Perusahaan Membutuhkannya?

Apa Itu Application Performance Monitoring dan Mengapa Perusahaan Membutuhkannya?

Di era digital, peran sebuah aplikasi bukan hanya bagian dari bisnis, namun sudah berevolusi menjadi bisnis itu sendiri. Aplikasi menentukan bagaimana kualitas suatu produk atau brand di mata pelanggannya, karena seluruh aktivitas suatu perusahaan dengan pelanggannya – mulai dari interaksi hingga transaksi dilakukan di aplikasi.

Ketergantungan aktivitas bisnis terhadap penggunaan aplikasi menimbulkan tantangan baru, hal ini dikarenakan setiap pelanggan memiliki ekspektasi untuk mendapatkan experience yang sempurna di setiap interaksi dan transaksinya. Tentunya, jika ingin mempertahankan loyalitas pelanggan, perusahaan perlu memenuhi ekspektasi tersebut dengan cara memastikan aplikasinya memiliki kinerja yang optimal setiap saat. 

Saat ini, tantangan tersebut sudah dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi yang berguna untuk memantau kinerja aplikasi, yaitu Application Performance Monitoring (APM).

Pengertian dan Fungsi Application Performance Monitoring bagi Perusahaan

Phintraco Technology bekerja sama dengan Dynatrace untuk menyediakan solusi Application Performance Monitoring (APM). Dengan menggunakan solusi APM, perusahaan dapat memantau seluruh lingkungan aplikasi untuk memastikan kinerjanya sudah sesuai standar, mengidentifikasi bugs dan masalah dalam aplikasi sebelum masalah tersebut berdampak pada end user.

Tanpa solusi APM yang tepat, tim IT perusahaan akan sulit menemukan masalah yang terjadi pada aplikasi. Ini artinya, perlu ada dampak langsung terlebih dahulu pada end user untuk mengetahui masalah yang terjadi pada aplikasi. Pastinya, jika sering terjadi kendala dalam aplikasi yang berdampak langsung pada end user, akan berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas experiencenya.

Dengan menggunakan solusi APM, tim IT dapat mengetahui masalah yang terjadi sebelum masalah tersebut berdampak langsung pada end user. Dengan begitu, perusahaan dapat selalu memberikan digital experience yang prima dan berkualitas untuk pelanggannya.

Phintraco Technology sebagai partner bisnis dari Dynatrace memiliki solusi APM yang salah satunya sudah digunakan di bank besar di Indonesia.

Dengan solusi APM dari Dynatrace, tim IT perusahaan dapat memonitor aplikasi yang mendukung bisnis dan mendapatkan informasi secara lengkap hingga akar masalah, sehingga proses perbaikan masalah (troubleshoot) dari aplikasi bisa relatif lebih cepat dan tepat sasaran.

Apa Saja Fitur yang Dimiliki Solusi Application Performance Monitoring (APM) dari Dynatrace dan Kelebihan yang Tidak Dimiliki Solusi APM Lainnya?

1. Hanya memerlukan satu agent (One Agent) untuk memantau seluruh ekosistem yang kompleks

Solusi APM dari Dynatrace menawarkan kemudahan bagi perusahaan, yaitu hanya perlu menginstall satu agent untuk memantau seluruh metrik relevan di setiap aplikasi yang dimiliki. Tidak seperti solusi APM lainnya, solusi APM ini tidak hanya memantau setiap komponen dalam aplikasi, tapi juga mengindentifikasi keterkaitan antara komponen satu dengan komponen lainnya. Sehingga, solusi APM ini mampu memantau seluruh metrik dalam aplikasi di ekosistem perusahaan yang kompleks.

2. Didukung oleh AI untuk memantau kinerja aplikasi

Tanpa perlu melakukan konfigurasi apa pun, solusi APM dari Dynatrace didukung oleh kemampuan AI untuk mendeteksi masalah dalam aplikasi dengan cepat dan andal, memprioritaskan masalah dari yang paling krusial, menunjukkan akar penyebab masalah dan bagaimana pengaruh langsung dan dampaknya bagi end user.

3. Deteksi masalah secara otomatis

Karena solusi APM dari Dynatrace dapat mendeteksi hubungan dan keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya dalam aplikasi secara real-time, solusi ini dapat secara otomatis memberi pemahaman lebih lanjut kepada tim IT tentang masalah apa yang terjadi dan penyebabnya secara lebih detail. Kelebihan ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui penyebab masalah secara lebih akurat, sehingga dapat melakukan strategi lebih lanjut untuk menghindari masalah serupa terjadi di kemudian hari. 

4. Skalabilitas

Jika bisnis semakin berkembang, jumlah data yang diterima akan semakin banyak seiring dengan meningkatnya jumlah interaksi dan transaksi yang dilakukan end user. Dengan solusi APM dari Dynatrace, perusahaan tidak perlu menambah kapabilitas dari solusi APM lain untuk memenuhi kebutuhan pemantauan aplikasi dengan jumlah interaksi yang meningkat, karena solusi APM ini dirancang untuk dapat menangani lebih dari 100.000 host.

Pada intinya, solusi APM adalah teknologi yang dibutuhkan perusahaan untuk memastikan aplikasi yang dimiliki bekerja di tingkat yang paling optimal. Solusi APM semakin dibutuhkan karena aplikasi merupakan tempat di mana seluruh interaksi dan transaksi pelanggan terjadi, dalam hal ini, perusahaan bertanggung jawab untuk selalu memberikan experience yang terbaik.

Demikian sekilas mengenai fungsi solusi APM dari Dynatrace bagi perusahaan dengan kemampuan intelegensia yang ditawarkan.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi APM dan apa saja kapabilitas yang ditawarkan bagi perusahaan, Anda dapat menghubungi kami di marketing@phintraco.com

Referensi:

https://www.dynatrace.com/platform/application-performance-monitoring/

https://www.dynatrace.com/resources/monitoring-tools/

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US