Saat berencana mengganti sistem ERP lama dengan sistem ERP yang baru, pertanyaan yang sering muncul adalah: Apa yang membedakan sistem ERP yang saat ini digunakan dengan sistem ERP modern? Dimanakah letak modernisasinya?

Banyak sumber mengatakan solusi ERP modern adalah solusi berbasis cloud yang dapat dikelola oleh tim internal atau pihak ketiga. Dengan solusi ERP berbasis cloud, artinya perusahaan tidak perlu menginvestasikan pembelian server fisik beserta biaya perawatannya.

Namun, sebenarnya solusi ERP modern tidak hanya soal cloud atau on-premise. Keunggulan utama yang menjadikan suatu solusi ERP dapat dikatakan modern adalah fleksibilitas yang ditawarkan khususnya untuk beradaptasi dengan teknologi yang sudah ada dalam suatu perusahaan.

Solusi ERP modern selangkah lebih maju dari ERP tradisional dalam banyak aspek – seperti fleksibilitas, kemudahan integrasi antar aplikasi, dan fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang unik. Sehingga, solusi ERP modern ini bersifat adaptif, yang mana tim IT akan lebih mudah mengintegrasikan teknologi yang sudah ada dengan sistem ERP yang baru.

Sebenarnya, awal mula sistem ERP diciptakan hanya untuk manajemen inventory. Namun, seiring dengan kecanggihan teknologi, sistem ERP digunakan untuk mengotomatiskan seluruh pekerjaan back office dan merampingkan alur kerja di seluruh departemen.

Sistem ERP kini berkembang pesat melampaui fungsi aslinya, yang saat ini disebut sebagai sistem ERP modern. Sistem ERP modern terdiri dari serangkaian modul terintegrasi yang diperlukan bisnis untuk merampingkan operasional. Modul-modul yang tersedia di sistem ERP modern diantaranya adalah Financial Management, Order Management, Production Management, Supply Chain Management, Warehouse and Order Fulfillment, dan Human Capital Management.

Salah satu contoh sistem ERP modern yang menjadi pilihan banyak perusahaan adalah Oracle Netsuite. Oracle Netsuite terbukti menjadi solusi bagi perusahaan dari berbagai skala untuk mencapai operational excellence. Jika Anda membaca artikel ini, mungkin Anda juga sedang mencari tahu mengenai tanda bagi perusahaan yang membutuhkan sistem ERP modern sebagai pengganti sistem ERP lama atau baru mulai menggunakan sistem ERP untuk mendukung kegiatan operasional.

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang “4 Tanda Perusahaan Membutuhkan Solusi ERP Modern” di artikel berikut ini:

 

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com 

https://phincon.com/erpsolution/

 

Referensi: