Dengan semakin tingginya mobilitas masyarakat, banyaknya data yang dihasilkan dari berbagai sumber semakin berkembang pesat. Dalam dunia bisnis, data dimanfaatkan untuk memprediksi banyak hal guna mendukung kesuksesan di masa depan. Terbukti saat ini, banyak perusahaan bergantung pada data yang dimiliki untuk menentukan strategi kedepannya. Tujuan bisnis dapat dicapai karena adanya data yang mendukung penentuan keputusan.

Guna memanfaatkan data yang diterima secara maksimal, kini perusahaan mulai menggunakan teknologi yang dinamakan streaming data. Sudahkah Anda mengetahui apa itu teknologi streaming data dan bagaimana penerapannya dalam suatu perusahaan?

Dalam artikel ini, kita akan mengetahui cara teknologi streaming data memaksimalkan peran data dalam menentukan strategi bisnis dengan membahas mengenai pengertian dan fungsi teknologi streaming data, bagaimana cara kerjanya, serta contoh penerapannya dalam perusahaan.

Apa itu teknologi streaming data dan apa fungsinya bagi perusahaan?

Streaming data adalah nama lain dari stream processing, yang artinya adalah aliran data yang dihasilkan secara terus-menerus dari berbagai sumber. Dengan menggunakan teknologi streaming data, data dapat disimpan, diproses, dianalisa, dan ditindaklanjuti pada saat data tersebut dihasilkan. Seluruh tahapannya dapat terlaksana secara real-time.

Aliran data dihasilkan dari berbagai sumber dan diterima dalam beberapa jenis format – dari aplikasi, perangkat jaringan, file log server, aktivitas situs web, transaksi perbankan, hingga data yang diambil dari aktivitas suatu lokasi, semuanya dapat digabungkan dalam satu sistem untuk menghasilkan informasi dan analisa secara real-time.

Bagaimana cara teknologi streaming data bekerja?

Melalui teknologi streaming data, data akan diproses secara berurutan dan bertahap berdasarkan waktu penerimaan yang jaraknya bisa kurang dari satu detik. Setelah itu, data akan digunakan untuk kebutuhan analisa termasuk pengambilan sampel.

Informasi yang diperoleh dari hasil analisa tersebut akan memberi perusahaan visibilitas ke banyak aspek bisnis termasuk aktivitas yang dilakukan pelanggan terkait dengan produk atau layanan yang diberikan.

Contoh penerapan teknologi streaming data dalam suatu perusahaan

  • Teknologi ini bisa digunakan oleh instansi pemerintahan atau perusahaan manufaktur. Contoh penerapannya adalah sebuah sensor dipasang di kendaraan transportasi publik, peralatan atau mesin, lalu sensor tersebut akan mengirim data ke aplikasi streaming data. Setelah itu, aplikasi tersebut menghasilkan output berupa laporan dan analisa yang berguna untuk memperbaiki kesalahan, mempertahankan yang sudah berjalan dengan baik, serta melakukan perkembangan terhadap komponen yang perlu dikembangkan.
  • Teknologi ini juga bisa digunakan oleh lembaga keuangan. Contoh penerapannya adalah untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada pasar saham secara real time, menghitung nilai risiko kredit, serta secara otomatis menyeimbangkan kembali portofolio berdasarkan pergerakan harga saham.
  • Teknologi ini juga bisa diintegrasikan dengan situs web atau aplikasi untuk mengambil data yang berasal dari aktivitas pengunjung situs web atau aplikasi. Nantinya, hasil dari penggunaan teknologi streaming data akan membantu perusahaan merencanakan penargetan produk atau layanan yang diberikan kepada pelanggan sesuai dengan minat, pola kebiasaan, serta lokasi geografis masing-masing pelanggan.

Menerapkan teknologi streaming data untuk menentukan strategi bisnis yang lebih baik

Setelah membahas mengenai pengertian, fungsi, cara kerja, dan contoh penerapan teknologi streaming data, dapat disimpulkan bahwa teknologi ini bisa menjadi solusi tepat untuk membantu perusahaan memaksimalkan peran data dalam menentukan strategi bisnis.

Untuk mendukung perusahaan memanfaatkan data secara optimal, PhinCon menawarkan solusi Live Streaming Data dari Tibco.

Berikut adalah manfaat yang ditawarkan solusi Live Streaming Data dari Tibco bagi perusahaan:

  • Memanfaatkan situasi untuk mendapatkan keuntungan dari sisi bisnis

Manfaat pertama dari penggunaan solusi ini adalah sebagai pelaku bisnis, kita mampu segera mengambil tindakan yang tepat jika ada momen tertentu yang berkaitan dengan fungsi produk atau layanan yang ditawarkan.

  • Kembangkan aplikasi bisnis dengan lebih cepat

Sebelum adanya teknologi Live Streaming Data dari Tibco, menganalisa data dalam jumlah banyak secara real-time sangat sulit dilakukan dan cenderung menghabiskan banyak biaya. Saat ini, dengan platform low code dan visual authoring, perusahaan dapat mempersingkat siklus pengembangan aplikasi, mengurangi biaya yang dibutuhkan untuk kebutuhan programming, serta mempercepat time-to-value.

  • Mengotomastikan pembuatan keputusan berdasarkan data yang tersedia

Satu-satunya cara untuk mempercepat pembuatan keputusan adalah dengan cara mengotomatiskannya. Dengan menggunakan teknologi Live Streaming Data dari Tibco, perusahaan akan dapat mendeteksi pola atau kebiasaan dari data yang diterima, memprediksi apa yang akan terjadi, menghasilkan keputusan terbaik secara otomatis dan segera mengetahui tindakan selanjutnya yang harus dilaksanakan.

  • Pilihan deployment yang fleksibel

Perusahaan dapat melakukan deployment Tibco Streaming di mana pun sesuai dengan kebijakan dan kebutuhan masing-masing perusahaan, baik on premise, private atau public cloud.

Demikian informasi mengenai teknologi streaming data dan pilihan solusi streaming data terbaik untuk memaksimalkan peran data dalam menentukan strategi bisnis.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang penerapan teknologi streaming data dalam lingkup perusahaan, segera hubungi kami di marketing@phintraco.com

Referensi:

https://www.tibco.com/products/tibco-streaming

https://aws.amazon.com/streaming-data/

 

Click on the link below to read this article in English:

https://phincon.com/2021/05/16/streaming-data-technology/