Banyak perusahaan kini mulai menyadari bahwa memanfaatkan teknologi akan membantu mereka mengatasi perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis dan mempertahankan posisi mereka dari kompetitor. Namun, untuk dapat mengatasi tantangan tersebut, tidak semua teknologi dapat menjadi solusi. Dalam hal ini, perusahaan perlu menemukan teknologi yang menjadi solusi untuk mempermudah seluruh kebutuhan mereka, dengan kapasitas dan kecanggihan yang mengikuti perkembangan bisnis di masa depan.

Salah satu contoh teknologi yang sudah lama menjadi solusi untuk mempermudah kegiatan operasional perusahaan adalah sistem ERP. Namun, karena sistem ERP dikategorikan sebagai teknologi yang sudah cukup lama digunakan, banyak perusahaan terjebak dalam situasi dimana sistem ERP menghambat perkembangan bisnis mereka karena ketergantungan terhadap sistem ERP yang sudah ada tidak dilengkapi dengan kemampuan yang mengikuti perkembangan zaman.

Kondisi tersebut biasanya ditemukan dalam perusahaan yang masih menggunakan sistem ERP tradisional atau legacy ERP. Karena perkembangan teknologi terjadi dalam waktu yang cukup singkat, sudah saatnya bagi perusahaan yang masih menggunakan sistem ERP tradisional untuk mempertimbangkan mengganti sistem lama nya dengan sistem ERP modern.

Apa saja perbedaan antara sistem ERP modern dan ERP tradisional?

#1 Pilihan deployment

Perbedaan ini merupakan perbedaan yang paling banyak disebutkan oleh banyak sumber. ERP modern tersedia sebagai solusi teknologi yang dapat diimplementasikan pada server on-premise dan cloud. Fleksibilitas pilihan deployment ini tidak dimiliki oleh sistem ERP tradisional, dimana hanya bisa diimplementasikan pada server on-premise.

Namun, perbedaan sistem ERP modern dan ERP tradisional tidak hanya sekedar tambahan pilihan deployment on-premise atau cloud, sistem ERP hadir dengan modernisasi yang lebih dari itu.

#2 Kemudahan akses

Sistem ERP modern dikemas dalam bentuk software yang dapat di akses di mana saja, dan bisa diakses dengan menggunakan perangkat ponsel pintar (smartphone). Sedangkan untuk sistem ERP tradisional, aksesibilitas hanya terbatas pada PC dan koneksi LAN.

#3 Waktu yang dibutuhkan untuk implementasi

Waktu yang dibutuhkan untuk implementasi sistem ERP modern tidak selama waktu yang dibutuhkan untuk implementasi sistem ERP tradisional karena seluruh modul terhubung dalam database yang terpusat. Sistem ERP tradisional membutuhkan waktu implementasi yang lama karena membutuhkan proses instalasi manual di setiap tempat kerja, integrasi dengan software lainnya, dan integrasi antar modul seperti modul keuangan, produksi, supply chain, warehouse, dan lain-lain.

#4 Kualitas data yang dihasilkan

Dengan sistem ERP modern, data dapat diakses kapan pun dan dari perangkat apa saja, serta pembaruan data akan dilakukan secara otomatis secara real-time. Berbeda dengan sistem ERP tradisional, dimana tidak ada pembaruan data secara otomatis. Jika membutuhkan data yang terbaru, karyawan perlu melakukan proses penarikan data secara manual.

#5 Reporting

Sistem ERP modern dilengkapi dengan dashboard analitik canggih yang menghasilkan report yang lebih lengkap dan akurat untuk seluruh departemen. Sedangkan dengan menggunakan sistem ERP tradisional, karyawan hanya bisa mendapatkan basic report.

#6 Skalabilitas

Kapabilitas sistem ERP modern dapat mengikuti perkembangan bisnis perusahaan. Contohnya jika perusahaan menambah kantor cabang, unit, atau departemen baru, perusahaan dapat tetap menggunakan satu sistem ERP yang sama dan dapat diupgrade fitur dan kapabilitasnya tanpa memerlukan waktu, biaya, dan upaya yang tinggi. Berbeda dengan sistem ERP tradisional, scale up akan sulit dilakukan karena membutuhkan keterlibatan banyak orang, waktu, dan biaya.

Masih banyak perbedaan antara sistem ERP modern dan ERP tradisional. Dapat disimpulkan bahwa perbedaannya berpusat pada fleksibilitas dan kapabilitas yang dihasilkan, bukan hanya sekedar pilihan deployment yang bertransisi menjadi cloud saja.

Lalu, mana yang lebih baik antara sistem ERP modern dan ERP tradisional? Untuk mengikuti perkembangan dunia bisnis yang bergerak cepat, maka sistem ERP modern adalah solusi tepat untuk perusahaan. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan sistem ERP Modern, NetSuite dari Oracle bisa menjadi pilihan utama. Temukan informasi lebih lanjut tentang NetSuite di link berikut ini:

https://phincon.com/erpsolution/

 

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

 

Artikel terkait:

Click here to read this article in English.