Solusi CRM (Customer Relationship Management)

Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu hal terpenting yang harus dimiliki suatu perusahaan, mengingat fungsi CRM ini dapat membantu perusahaan memelihara dan meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan. Bagi perusahaan yang telah berhasil mengimplementasi solusi CRM, pasti sudah merasakan berbagai manfaatnya bagi bisnis mereka.

Bagi perusahaan yang hingga saat ini belum mengimplementasi CRM atau merasa CRM yang dimiliki saat ini belum mencapai fungsi maksimal, penting untuk mengetahui fakta mengenai CRM berikut untuk mengetahui value yang dapat dihasilkan oleh solusi CRM. Mari simak beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang solusi CRM:

  • CRM tidak hanya memberikan keuntungan bagi tim Sales

Tech News World melakukan survey terhadap lebih dari 500 organisasi dan menemukan bahwa manfaat dari teknologi CRM tidak hanya untuk tim Sales, namun juga memberi manfaat untuk perusahaan secara keseluruhan.

Sumber: SuperOffice, 12 Amazing CRM Charts You Don’t Want to Miss, Steven MacDonald
  • Memiliki CRM berbasis mobile meningkatkan produktivitas penjualan

Salah satu manfaat tambahan dari penerapan CRM berbasis mobile adalah memberi tim Sales akses ke informasi pelanggan secara real-time pada saat berada di lapangan. Sebuah penelitian baru dari Nucleus Research menyatakan bahwa CRM berbasis mobile meningkatkan produktivitas penjualan sebanyak 14.6%.

Bukan hanya meningkatkan produktivitas penjualan, perusahaan yang memiliki CRM berbasis mobile memiliki kesempatan lebih besar dalam mencapai target penjualan. Selain itu, dengan mengimplementasi CRM berbasis mobile, perusahaan akan mampu meningkatkan produktivitas karyawan dan revenue.

  • Kepuasan pelanggan didapatkan dari layanan yang diberikan, bukan dari harga maupun kualitas sebuah produk

Umumnya, sebagian perusahaan mungkin beranggapan bahwa kepuasan pelanggan ditentukan dari harga maupun kualitas sebuah produk. Kenyataannya, hal ini tidak sepenuhnya benar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Rockefeller Corporation, fakta menunjukkan bahwa alasan pelanggan tidak puas terhadap sebuah brand, yaitu karena layanan yang diberikan kepada mereka tidak maksimal. Setiap pelanggan ingin diperlakukan dengan lebih “personal”. Maka dari itu, teknologi CRM dapat dimanfaatkan untuk membantu perusahaan lebih memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan layanan secara lebih “personal”.

  • Memberikan layanan yang baik dapat menciptakan brand loyalty dan customer retention

Sebuah survey dari ClickFox menyatakan bahwa cara terbaik untuk menciptakan customer loyalty adalah dengan memberikan layanan pelanggan terbaik selama 24 jam. Jika perusahaan fokus memberikan layanan yang baik dan menciptakan marketing campaign yang relevan dan personal, maka dipastikan pelanggan akan tetap setia terhadap jasa atau produk yang Anda berikan.

  • Pelanggan bersedia membayar hingga 25% lebih tinggi untuk layanan yang lebih baik

Sudahkah Anda mengetahui bahwa pelanggan bersedia membayar lebih untuk sebuah layanan yang memuaskan? Berdasarkan penelitian dari American Express, dapat diketahui bawa pelanggan bersedia untuk membayar 12% lebih tinggi terhadap jasa atau produk suatu perusahaan yang menyediakan layanan yang memuaskan bagi mereka.

Setiap bisnis harus berusaha untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan data pelanggan, suatu perusahaan dapat memberikan layanan yang relevan dan lebih personal untuk mendapatkan kualitas pengalaman pelanggan yang maksimal. Tanpa solusi CRM, perusahaan akan sulit melakukannya dengan metode konvensional.

Sebelum mengimplementasi solusi CRM, sangat penting untuk menemukan penyedia solusi CRM yang dapat membantu perusahaan mendapatkan solusi CRM yang sesuai dengan kebutuhan. CRM memang memberi banyak manfaat, namun untuk memaksimalkan peran dan manfaatnya bagi sebuah perusahaan, memilih partner yang tepat adalah faktor yang perlu diperhatikan.

PhinCon, sebagai perusahaan IT Consulting & Services yang salah satunya fokus menyediakan solusi CRM, siap untuk membantu perusahaan menemukan solusi CRM yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Dengan pengalaman lebih dari 11 tahun, PhinCon telah memiliki banyak pengalaman serta portfolio dalam mengimplementasikan solusi CRM untuk perusahaan dari berbagai skala. Segera hubungi marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut.

 

Referensi:

https://www.gartner.com/en/newsroom/press-releases/2019-06-17-gartner-says-worldwide-customer-experience-and-relati

https://nucleusresearch.com/

https://www.technewsworld.com/perl/partner_download_v.pl?partner=itic-crm-deployment-trends-surveys-2011-2012

https://www.rockefellergroup.com/

http://web.clickfox.com/2012SurveyResults-BrandLoyalty.html

https://www.businesswire.com/news/home/20171215005416/en/WellActually-Americans-Say-Customer-Service-is-Better-Than-Ever

https://www.superoffice.com/blog/crm-charts/

 

Artikel terkait: