Di zaman yang serba otomatisasi, banyak perusahaan-perusahaan membuat aplikasi untuk memudahkan proses bisnis. Aplikasi yang dibuat tidak hanya untuk pelanggan, melainkan juga untuk karyawan agar dapat memudahkan pekerjaan dan memperlancar proses bisnis. Teknologi yang terus berkembang menuntut para pengembang aplikasi untuk terus memperbarui tampilan atau sistem yang dimiliki oleh sebuah aplikasi. Saat ini, terdapat teknologi yang membantu perusahaan untuk melihat kinerja aplikasi, yaitu dengan solusi Application Performance Monitoring atau yang biasa disebut dengan APM. Apa fitur dan benefit yang didapatkan perusahaan jika menggunakan solusi Application Monitoring Performance? Berikut adalah penjelasan fitur serta benefit yang didapat jika perusahaan menggunakan solusi APM.

 

Fitur Dan Benefit Menggunakan Solusi Application Performance Monitoring

Berdasarkan Gartner, Application Performance Monitoring memiliki tiga dimensi utama dalam memantau kinerja aplikasi, yaitu memantau pengalaman digital atau biasa disebut dengan DEM (Digital Experience Monitoring), mendeteksi, melacak, dan mendiagnostik aplikasi atau biasa disebut dengan ADTD (Application Discovery, Tracing, and Diagnostics), dan menggunakan AI untuk operasi TI (AIOps) pada aplikasi. Perusahaan yang menggunakan solusi Application Performance Montoring, menjadikan APM salah satu alat pendukung yang akan membuat perusahaan berkembang menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Fitur dan benefit yang didapatkan perusahaan jika menggunakan solusi APM adalah sebagai berikut:

  1. Mendeteksi eror system secara real-time

Aplikasi dibuat dengan berbagai sistem yang kompleks. Jika terjadi kesalahan pada salah satu sistem, para pengembang aplikasi mencari sumber masalah dengan waktu yang lama karena dikerjakan secara manual. Menggunakan solusi Application Performance Monitoring dapat memudahkan Anda mendeteksi eror yang terjadi pada sistem secara real-time, melacak root cause eror, lalu memberi pemberitahuan peringatan yang dapat segera direspon oleh administrator dan dapat memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah yang terdeteksi. Kinerja aplikasi akan terpantau secara otomatis dan real-time.

  1. Memantau kinerja infrastruktur

Server dan jaringan menjadi poin penting yang ada di aplikasi. Application Performance Monitoring dapat memantau ke dalam infrastruktur yang terinstall pada aplikasi, salah satunya seperti server. Kinerja aplikasi dapat dipantau dari berbagai jenis sisi sehingga aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  1. Mendeteksi masalah dengan cepat

Sama dengan website, aplikasi pun terkadang memiliki beberapa kendala. Kendala yang ada di dalam aplikasi tidak dapat dilihat dengan kasat mata dan terkadang tersembunyi di dalam sistem. Menggunakan solusi APM dapat mendeteksi masalah sebelum masalah tersebut dialami oleh pengguna. Solusi Application Performance Monitoring dapat melakukan pelacakan kinerja aplikasi yang tidak berjalan dengan baik dengan melacak transaksi, distribusi dan database. Solusi APM juga memiliki sistem analisis yang handal sehingga mampu membantu perusahaan Anda mengetahui masalah yang kompleks pada aplikasi.

  1. Mengoptimalkan kinerja aplikasi

Hasil yang dihasilkan oleh APM tidak hanya mengenai masalah pada infrastruktur atau yang terjadi pada backend, tetapi juga mengenai kinerja aplikasi secara kesuluruhan. Solusi Application Performance Monitoring dapat membandingkan kinerja aplikasi perusahaan Anda dengan melihat dari berbagai sisi seperti server hingga tampilan akhir pengguna. Perusahaan Anda dapat mengoptimalkan kinerja aplikasi secara menyeluruh dan meningkatkan kepuasan pengguna serta mencapai customer experience yang maksimal.

  1. Pengolahan data yang maksimal

Kinerja aplikasi yang dilakukan solusi APM dapat meningkatkan kinerja pada sistem hingga tampilan pengguna. Application Performance Monitoring dapat membuat jenis data apa pun dan membuat data sesuai kebutuhan perusahaan. Solusi Application Performance Monitoring dapat menemukan area pada aplikasi yang perlu ditingkatkan sehingga memudahkan pembuatan keputusan. Pengolahan data berupa statistik, analisis, dan berbagai insight mampu dihasilkan oleh solusi Application Performance Monitoring, sehingga perusahaan Anda dapat mengolah data dengan maksimal serta memudahkan pengambilan keputusan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

  1. Memiliki tampilan dashboard yang mudah di akses

Tampilan dashboard yang dimiliki APM sangat mudah di akses. Solusi Application Performance Monitoring memiliki dashboard analitik yang menampilkan seluruh proses yang sedang berjalan dalam sistem aplikasi. Administrator juga dapat membuat custom dashboard analytic dan insight yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan end user.

 

Solusi Application Performance Monitoring sangat dibutuhkan perusahaan karena dapat memastikan kinerja aplikasi secara maksimal. Pencegahan dan data yang ditampilkan dapat membuat perusahaan menyediakan aplikasi dengan layanan terbaik untuk pelanggan. Pada akhirnya, perusahaan akan mendapatkan keuntungan karena pelanggan atau karyawan puas dengan aplikasi yang ada.

 

Phintraco Consulting atau biasa disebut dengan PhinCon, merupakan anak perusahaan Phintraco Group yang melayanan layanan IT consulting, salah satunya yaitu solusi APM. PhinCon sudah melayani IT consulting lebih dari 12 tahun dengan berbagai perusahaan di berbagai industri.

 

Hubungi kami jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solui APM dengan mengirimkan email ke marketing@phintraco.com.

 

 

Referensi:

https://newrelic.com/products/application-monitoring

https://docs.newrelic.com/docs/apm/new-relic-apm/getting-started/introduction-apm/

https://docs.newrelic.com/docs/apm/

https://www.gartner.com/reviews/market/application-performance-monitoring

Artikel terkait: