Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Hyperconverged Infrastructure

/Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Hyperconverged Infrastructure

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Hyperconverged Infrastructure

Banyak perusahaan menghadapi kompleksitas dalam pengelolaan infrastruktur IT, karena fungsi dari masing-masing infrastruktur IT tersebut masih berjalan sendiri atau silo, sehingga pengelolaannya harus dilakukan secara terpisah.

Karena tantangan ini kerap dialami perusahaan, Phintraco Technology menghadirkan solusi untuk memberikan kemudahan pengelolaan dan pengawasan infrastruktur IT secara terpusat melalui teknologi Hyperconverged infrastructure (HCI). Sudahkah Anda mengetahui apa itu Hyperconverged Infrastructure? Apa saja fungsi dan manfaat bisnis yang ditawarkan solusi teknologi ini?

Di artikel ini, kami akan membahas secara rinci mengenai hal yang perlu Anda ketahui tentang Hyperconverged Infrastructure – seperti pengertian, fungsi, dan manfaat bagi perusahaan yang mengadopsi solusi teknologi ini. Berikut penjelasannya!

Apa itu Hyperconverged Infrastructure?

Hyperconverged Infrastructure atau HCI, adalah suatu framework IT yang menggabungkan seluruh elemen komputasi, storage, jaringan, dan sumber daya virtualisasi lainnya ke dalam satu sistem untuk mengurangi kompleksitas pengelolaan data center dan meningkatkan skalabilitas.

Apa saja keuntungan bagi perusahaan yang mengadopsi solusi Hyperconverged Infrastructure?

HCI mentransformasikan model operasional IT tradisional ke dalam satu sistem yang sederhana dan terpadu. Hasilnya, perusahaan yang mengadopsi HCI akan mendapatkan keuntungan berikut ini:

1. Meningkatkan efisiensi IT

HCI menghilangkan proses manual dan mengurangi kebutuhan terhadap jumlah personel untuk tim operasional IT. Dengan HCI, satu tim dapat ditugaskan untuk memantau dan mengelola keseluruhan infrastruktur IT, serta secara efektif mengatur ruang penyimpanan (storage) yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, dengan HCI, infrastruktur IT dapat secara otomatis mengatur jumlah kapasitas, membagi beban kerja dan perlindungan yang sesuai untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Semua sumber daya IT yang digunakan perusahaan dapat diatur secara otomatis oleh software, sehingga mengurangi kompleksitas dan meningkatkan efisiensi.

2. Mengurangi jumlah Capital Expenditure (CAPEX)

Dengan HCI, perusahaan dapat mengurangi CAPEX, karena perusahaan akan mengurangi keperluan terhadap infrastruktur jaringan yang mahal dan dibuat khusus, serta menggunakan arsitektur yang mampu menyesuaikan skalabilitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan keuntungan ini, perusahaan bisa mengurangi pengeluaran yang dibutuhkan terkait infrastruktur IT di seluruh data centernya.

3. Lebih responsif terhadap kebutuhan bisnis yang berubah secara cepat

Perusahaan yang ingin berkembang harus responsif terhadap kebutuhan bisnis yang bergerak dan berubah secara cepat atau dinamis. HCI memudahkan tim IT dalam menambah lebih banyak node ke dalam storage, sehingga kapan pun dibutuhkan upgrade, sistem HCI akan dengan cepat melakukan scale up.

Ini artinya, proses adaptasi pada perubahan yang sering terjadi dalam lingkungan bisnis dapat dimudahkan dengan menggunakan HCI. Performa yang tinggi, proses upgrade yang cepat, serta infrastruktur IT yang mudah diskalakan dapat memberi bisnis kelincahan yang dibutuhkan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap tuntutan pasar.

Contoh fungsi Hyperconverged Infrastructure untuk perusahaan (use case)

1. Menyederhanakan arsitektur data center

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, HCI membantu perusahaan menggabungkan server, storage, jaringan, dan keamanan dalam satu sistem terpadu. Maka, HCI dapat menyederhanakan arsitektur data center dan mengurangi biaya yang diperlukan untuk keperluan operasional dan pemeliharaan.

2. Menyederhanakan operasional kantor cabang

Selain dapat mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan untuk keperluan infrastruktur TI, adopsi HCI dalam perusahaan dapat mengurangi kompleksitas pengelolaan infrastruktur IT, sehingga bagi perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang tidak perlu menambah banyak personel khusus untuk mengelola infrastruktur IT kantor cabang yang tersebar di beberapa daerah.

3. Perlindungan data dan pemulihan bencana (disaster recovery)

HCI menghadirkan berbagai fitur yang berfungsi untuk perlindungan data dan pemulihan bencana, guna membantu perusahaan memastikan integritas data. Mulai dari backup hingga perlindungan data berkelanjutan, data dapat dilindungi dengan cara yang cukup sederhana.

Pengertian, manfaat, dan fungsi (use case) dari solusi HCI sudah kami jabarkan. Langkah selanjutnya adalah menentukan apakah HCI dapat menjadi solusi tepat untuk mengatasi tantangan dan kompleksitas yang kerap terjadi dalam lingkungan IT perusahaan Anda?

Sebagai perusahaan penyedia solusi IT, Phintraco Technology memahami tantangan yang dihadapi tim IT perusahaan saat ini. Daripada harus fokus pada pengelolaan server, storage, virtualisasi dan backup yang memakan waktu, serta sumber daya dan biaya pemeliharaan yang tinggi, lebih baik tim IT fokus pada pengembangan bisnis yang mendatangkan pendapatan yang lebih tinggi. Kemampuan tersebut bisa didapatkan dengan mengadopsi solusi Hyperconverged Infrastructure.  

Phintraco Technology memiliki tim dengan kompetensi yang dibutuhkan serta pengalaman yang cukup banyak dalam mengimplementasikan solusi Hyperconverged Infrastructure di berbagai sektor industri.

Bagi perusahaan yang tertarik dengan solusi Hyperconverged Infrastructure dan ingin mengetahui bagaimana penerapan teknologi ini dapat mendukung perkembangan bisnis, dapat secara langsung menghubungi tim kami di marketing@phintraco.com untuk mendapatkan sesi konsultasi dengan tim ahli dari Phintraco Technology.

Referensi:

https://phintraco-tech.com/modern-it-infrastructure/

https://www.vmware.com/products/hyper-converged-infrastructure.html

https://www.computerweekly.com/feature/Five-hyper-converged-infrastructure-use-cases-to-watch

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US