Menggunakan solusi CRM untuk menunjang performa bisnis bukan lagi suatu hal yang baru bagi perusahaan. Meski begitu, faktanya banyak perusahaan yang membutuhkan waktu lama sampai akhirnya benar-benar memutuskan untuk implementasi CRM.

Mengapa demikian? Apakah proses menggunakan solusi CRM adalah hal yang cukup sulit untuk dilaksanakan? Jawabannya tentu saja iya. Mengimplementasi solusi CRM adalah suatu keputusan yang harus dipikirkan dengan baik, karena peran sistem tersebut akan menjadi salah satu kunci kesuksesan suatu perusahaan.

Jika perusahaan tidak bergerak cepat untuk menyiapkan strategi dalam mengimplementasi CRM, mereka akan kehilangan berbagai kesempatan baru untuk mengembangkan bisnis, dan hanya akan mampu menyediakan layanan sesuai standar. Untuk dapat mengetahui langkah tepat untuk mencapai keberhasilan implementasi CRM, Anda dapat menemukan informasinya di artikel berikut: https://phintraco.com/keberhasilan-implementasi-crm/

Pada artikel kali ini, kita akan fokus membahas bagaimana caranya suatu perusahaan mengetahui saat yang tepat untuk menggunakan CRM.

Kapan Sebaiknya Perusahaan Mulai Menggunakan CRM?

Perusahaan harus menganalisa situasi yang terjadi pada operasional saat ini. Jika situasi-situasi berikut menunjukkan korelasi terhadap situasi perusahaan Anda, maka jangan ragu untuk mulai mencari tahu informasi mengenai CRM dan cara implementasinya. Berikut penjabarannya:

·         Ketika sulit untuk memanfaatkan data pelanggan yang dimiliki

Membangun hubungan pelanggan yang baik bukan hanya tentang mengingat nama mereka, namun tentang cara mengetahui segala riwayat interaksi dan pembelian, menindaklanjuti peluang penjualan baru, dan menyediakan layanan pelanggan yang terintegrasi (omni-channel).

Jika tidak menggunakan CRM, karyawan akan menggunakan cara manual untuk melakukan input data tersebut, yang mana membuat data tersebut sulit untuk diakses oleh karyawan lainnya. Ketidakmampuan perusahaan dalam memanfaatkan data pelanggan merupakan tanda utama bahwa sudah saatnya implementasi CRM perlu dilakukan.

Solusi CRM menyediakan tempat yang terpusat untuk menyimpan seluruh data pelanggan seperti riwayat pembelian terakhir, produk atau layanan seperti apa yang sedang mereka butuhkan, interaksi terakhir, daftar keluhan pelanggan dan lain-lain. Selain memusatkan data dalam satu tempat, CRM juga dapat membantu perusahaan memperkuat hubungan pelanggan dengan cara mengetahui tren market serta melacak leads yang tersedia.

·         Ketika sulit untuk mengetahui dan mengukur kinerja tim sales

Kinerja tim sales adalah salah satu kunci kesuksesan suatu perusahaan. Jika suatu perusahaan tidak bisa mengetahui seberapa baik kinerja tim sales, sudah saatnya perusahaan harus memanfaatkan CRM.

Solusi CRM memudahkan tim sales dalam mengumpulkan data pelanggan, seperti informasi panggilan dan memberikan mereka informasi detail atas aktivitas mereka sehari-hari dengan pelanggan yang dapat dijadikan actionable insight untuk strategi penjualan di masa depan.

Selain memberikan insight baru untuk kinerja tim sales, CRM juga dapat mengotomatisasi tugas administratif tim sales yang membutuhkan waktu lama, jadi mereka bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas utama mereka yaitu memaksimalkan penjualan.

·         Ketika perusahaan hanya menyediakan layanan reaktif

Dengan mengetahui seluruh informasi pelanggan dari berbagai channel, CRM memungkinkan tim customer service untuk mengatasi masalah sebelum pelanggan menghubungi perusahaan. Inilah yang disebut kemampuan untuk menyediakan layanan proaktif, bukan hanya reaktif. 

Jika kita mampu menyediakan layanan secara proaktif, tentu saja kepuasan pelanggan akan meningkat. Singkatnya, layanan dengan pendekatan reaktif berfokus pada perbaikan, sedangkan pendekatan proaktif berfokus pada persiapan. Menurut Anda, layanan mana yang akan lebih disukai pelanggan?

CRM akan membantu tim customer service memberikan layanan secara proaktif, layanan yang mampu menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

·         Ketika perusahaan sulit untuk berkembang

Terakhir, inilah yang seringkali terjadi dalam suatu perusahaan. Merasa sulit untuk berkembang, namun tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki situasi. Jika perusahaan tidak merasa proses bisnis saat ini mampu menunjang pertumbuhan bisnis, maka inilah saat yang tepat untuk mempertimbangkan menggunakan CRM.

Pelanggan adalah sumber keberhasilan suatu perusahaan. Jika pelanggan diberikan layanan terbaik dan produk yang relevan, ada kesempatan besar bagi perusahaan untuk memaksimalkan customer retention dan customer loyalty yang akan menghasilkan peningkatan profit.

Jadi, kapan sebaiknya perusahaan menggunakan CRM? Jika perusahaan sedang mengalami situasi-situasi yang telah dijabarkan di atas, maka waktu yang tepat adalah hari ini.

Temukan solusi CRM yang tepat untuk perusahaan Anda bersama PhinCon. Perusahaan IT Consultant yang berdiri sejak tahun 2008 dan sebagai member of Phintraco Group, PhinCon telah bekerja sama dengan perusahaan teknologi terbaik kelas dunia untuk menyediakan solusi CRM yang tepat untuk setiap kebutuhan bisnis perusahaan. Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut.

Referensi:

https://www.business2community.com/sales-management/20-signs-need-crm-system-01205986

https://community.dynamics.com/crm/b/crmtipstricksnewstomaster/posts/6-signs-you-really-need-a-crm-and-what-to-do-about-it