Blog

4 Kesalahan yang Menyebabkan Perusahaan Rentan terhadap Serangan Siber

08 October 2020 Admin Marketing Blog

Mengukur efektivitas strategi keamanan siber bagi perusahaan merupakan hal yang semakin penting untuk direncanakan, seiring dengan pertumbuhan jumlah kasus serangan siber yang semakin tak terkendali dalam dunia bisnis. Lantas, pernahkah Anda mencari tahu alasan yang menyebabkan jumlah kasus kejahatan siber semakin banyak setiap harinya? Mengapa banyak penjahat siber menjadikan perusahaan sebagai target utama?

Banyak alasan yang mendasari masalah tersebut, salah satunya adalah karena banyak perusahaan yang hingga saat ini belum sadar akan pentingnya menjaga keamanan sistem IT, sehingga celah keamanan mudah ditemukan oleh penjahat siber.

Agar dapat mengurangi tingkat kerentanan, suatu perusahaan harus menata strategi keamanan siber mereka dengan tepat. Namun, sebelum menata strategi keamanan siber, Anda wajib untuk mengetahui terlebih dahulu kesalahan yang seringkali dilakukan dan menyebabkan perusahaan rentan terhadap serangan siber. Berikut penjelasannya:

  • Berpikir bahwa perusahaan Anda tidak akan menjadi target serangan siber

Setiap perusahaan memiliki posisi yang sama jika sudah masuk dalam ranah kejahatan siber. Penjahat siber tidak peduli dengan seberapa besar perusahaan Anda, mereka hanya akan memikirkan keuntungan yang akan didapatkan ketika berhasil mendapatkan celah. Jadi, setiap perusahaan perlu memiliki strategi yang sama porsinya untuk memastikan keamanan siber. Perusahaan bisa memulai strateginya dengan mengetahui kekurangan serta kelemahan dalam sistem perusahaan. Anda bisa memanfaatkan solusi yang dapat diandalkan seperti Vulnerability Management untuk mengetahui potensi dan celah serangan, sehingga Anda dapat melindungi sistem dan keamanan data perusahaan bahkan sebelum serangan itu muncul.

  • Tidak mempedulikan kualitas kredensial login

Seringkali kita melupakan hal-hal dasar yang dianggap tidak terlalu berpengaruh pada keamanan, padahal kenyataannya hal dasar tersebut adalah kunci utama dari keberhasilan keamanan siber perusahaan Anda. Contohnya, menggunakan password yang mudah dan tidak menggantinya secara berkala.

Anda perlu memastikan penggunaan password yang dimiliki dapat membantu Anda memaksimalkan keamanan perusahaan. Pastikan untuk selalu mengenkripsi perangkat yang dipakai untuk bekerja, menggunakan password yang unik, mengganti password secara berkala, dan menghapus akses karyawan yang sudah tidak lagi bekerja di perusahaan Anda. Untuk mengatur kredensial login yang aman bagi perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan solusi keamanan IT terkait hak akses seperti Privileged Access Management.

  • Membuka email tanpa memastikan siapa pengirimnya

Email adalah salah satu bentuk komunikasi bisnis yang paling banyak digunakan perusahaan. Normalnya, setiap karyawan pasti menerima email puluhan bahkan ratusan setiap harinya. Dengan banyaknya email yang masuk, seringkali karyawan tidak mengetahui bahwa mungkin saja satu dari sekian banyak email tersebut adalah phishing email. Membuka email yang tidak dikenal atau lampiran yang ada di dalamnya sama saja memberi kesempatan bagi penjahat siber untuk melakukan aksinya terhadap perusahaan. Memastikan setiap user terhindar dari serangan siber yang berasal dari email yang diterima memang cukup sulit untuk dilakukan, namun Anda bisa memanfaatkan solusi Phishing Isolation untuk mengatasinya dengan mudah dan secara otomatis.

  • ¬†Mengatur strategi terkait keamanan siber tanpa bimbingan dari ahlinya

Jika saat ini perusahaan Anda telah memiliki software anti-virus terbaik, maka perusahaan Anda sudah selangkah lebih maju dari perusahaan yang belum memilikinya. Namun, memiliki software anti-virus terbaik dikelasnya sekalipun tidak 100% menjamin keamanan IT Anda jika penggunaannya tidak didukung oleh ahli dan strategi yang tepat. Agar dapat sepenuhnya menjamin keamanan IT perusahaan, bekerjasama dengan perusahaan penyedia layanan keamanan IT adalah pilihan terbaik.

Perusahaan penyedia layanan keamanan IT yang tepat pastinya memiliki pengetahuan serta tim ahli yang memadai untuk memaksimalkan strategi keamanan siber perusahaan, perusahaan akan terbantu untuk menata strategi dan memilih solusi keamanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai serangan siber dan ingin mengetahui solusi keamanan IT yang tepat untuk perusahaan, Anda dapat berkonsultasi bersama tim ahli dari Aplikas Servis Pesona dengan menghubungi kami melalui email marketing@phintraco.com

 

Referensi:

https://irishtechnews.ie/employees-are-weak-link-in-cybersecurity/

https://www.insightssuccess.com/5-common-cyber-security-mistakes-your-business-should-avoid-at-all-costs/

https://www.techrepublic.com/article/the-top-cybersecurity-mistakes-companies-are-making-and-how-to-avoid-them/

 

Artikel terkait:

Cegah Potensi Serangan Siber dengan Solusi Vulnerability Management

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *