Manfaat Menggunakan Solusi Application Performance Monitoring (APM) dari Sisi Bisnis

/Manfaat Menggunakan Solusi Application Performance Monitoring (APM) dari Sisi Bisnis

Manfaat Menggunakan Solusi Application Performance Monitoring (APM) dari Sisi Bisnis

Di era digital seperti saat ini, banyak perusahaan memanfaatkan platform digital untuk menjalankan bisnisnya. Ketika semua interaksi dan transaksi pelanggan sudah dilakukan di platform digital, kinerja aplikasi yang tidak optimal dapat menyebabkan menurunnya produktivitas bisnis, yang akhirnya akan berdampak juga pada pendapatan dan reputasi brand. Oleh karena itu, perusahaan perlu mendeteksi dan mendiagnosis kinerja aplikasi yang kompleks secara rutin untuk mempertahankan tingkat layanan yang diharapkan pelanggan.

Untuk dapat melakukan monitoring kinerja aplikasi secara efektif, perusahaan perlu menggunakan solusi Application Performance Monitoring. Dengan menggunakan solusi Application Performance Monitoring (APM), tim IT perusahaan dapat memonitor aplikasi yang mendukung bisnis dan mendapatkan informasi secara lengkap hingga akar masalah jika terjadi suatu masalah, sehingga proses perbaikan masalah (troubleshoot) dari aplikasi bisa relatif lebih cepat dan tepat sasaran.

Manfaat menggunakan solusi Application Performance Monitoring (APM) sangat berpengaruh pada kinerja bisnis secara keseluruhan. Faktor krusial yang memengaruhi keberlangsungan bisnis dapat dijaga kualitasnya dengan menggunakan solusi APM ini. Lalu, apa saja manfaat menggunakan solusi Application Performance Monitoring (APM) dari sisi bisnis? Berikut penjelasannya:

1. Solusi APM memungkinkan suatu perusahaan untuk memenuhi, bahkan melampaui ekspektasi pelanggan

Manfaat utama dari solusi APM adalah untuk memastikan experience yang berkualitas dari setiap end user atau pelanggan ketika mereka menggunakan aplikasi. Ketika terjadi kendala dalam sebuah aplikasi, pelanggan yang menggunakan aplikasi tersebut akan merasa tidak nyaman dan kemungkinan besar beralih ke kompetitor lain yang menyediakan experience yang lebih baik.

Dengan menggunakan solusi APM yang tepat, perusahaan akan mampu menjaga dan meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi mereka.  Solusi APM menyediakan insight secara real-time mengenai kinerja aplikasi yang memungkinkan tim IT untuk melakukan tindakan secara cepat ketika kendala terjadi, termasuk menyediakan data kontekstual yang membantu tim IT mengurangi Mean Time to Resolution (MTTR) dan mengembalikan kinerja aplikasi yang optimal dengan lebih cepat.

2. Menjadikan tim IT perusahaan memiliki peran yang lebih strategis terhadap kinerja bisnis perusahaan

Solusi APM saat ini semakin canggih dan menyediakan fitur business intelligence analytics, yang dapat membantu tim IT memvisualisasikan dan memahami bagaimana kendala kinerja aplikasi berdampak pada kinerja bisnis, baik dari segi pendapatan atau konversi penjualan.

Hal ini tidak hanya membantu perusahaan memanfaatkan penggunaan teknologi dengan baik, tetapi juga membantu tim IT memprioritaskan perbaikan masalah dengan berfokus pada penyelesaian masalah yang secara langsung berdampak pada bisnis.

3. Mendukung penciptaan inovasi yang sesuai dengan tren dan kebutuhan pelanggan

Berinvestasi pada solusi APM yang tepat akan membuat aplikasi lebih mudah dikelola oleh perusahaan. Tim developer akan lebih banyak memanfaatkan waktu mereka untuk mengembangkan fitur yang lebih baik sesuai dengan tren dan kebutuhan pelanggan. Dengan menggunakan solusi APM, masalah berulang yang sering terjadi dalam sistem aplikasi dapat dihindari, sehingga tim developer dapat lebih fokus pada tugas utama mereka yaitu untuk mengembangkan fitur yang relevan dengan tren dan kebutuhan pelanggan.

Setelah membaca artikel ini, Anda sudah mengetahui apa saja manfaat menggunakan solusi Application Performance Monitoring (APM) dari sisi bisnis. Lalu, sudahkah Anda mempertimbangkan solusi APM ini sebagai solusi tepat untuk memaksimalkan layanan dan kinerja perusahaan secara keseluruhan?

Suatu perusahaan bisa memiliki puluhan hingga ratusan aplikasi, akan sangat sulit dan tidak efisien jika proses monitoringnya dilakukan dengan cara manual. Untuk melakukan pengujian kinerja aplikasi yang efektif, perusahaan perlu mengobservasi seluruh interaksi pengguna dalam aplikasi dari awal hingga akhir penggunaan, infrastruktur aplikasi, serta mengetahui kapan, dimana, dan mengapa masalah dalam aplikasi terjadi sehingga berdampak pada user experience. Oleh karena itu, perusahaan perlu memanfaatkan solusi APM untuk dapat melakukan monitoring aplikasi secara efektif dan menyeluruh.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau konsultasi dengan tim IT kami mengenai solusi Application Performance Monitoring, Anda dapat langsung menghubungi kami di marketing@phintraco.com

Referensi:

https://www.dynatrace.com/news/blog/what-is-apm/

https://www.dynatrace.com/platform/application-performance-monitoring/

http://technetwork.org/benefits-of-application-performance-management/

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US