Peran Penting Big Data Analytics bagi Industri Perbankan

/Peran Penting Big Data Analytics bagi Industri Perbankan

Peran Penting Big Data Analytics bagi Industri Perbankan

Apa itu big data?

Big data adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekumpulan data dalam jumlah yang sangat besar. Data yang jumlahnya sangat besar tersebut dapat dikelola dan dianalisa untuk menemukan pola atau tren, terutama dalam hubungannya terhadap interaksi dan tindakan pelanggan.

Dalam industri perbankan, perusahaan memiliki kumpulan data yang sangat besar dan kompleks, sehingga aplikasi pemrosesan data tradisional tidak mampu menghasilkan analisa data yang berkualitas.

Kumpulan data yang sangat besar dan kompleks tersebut menyimpan begitu banyak informasi dan pengetahuan, yang apabila dikelola dengan tepat menggunakan big data analytics, dapat memberikan informasi yang sangat bermanfaat karena kecepatannya dalam memonitor aktivitas ekonomi.

Seberapa penting implementasi big data analytics dalam industri perbankan?

Masa depan industri perbankan ditentukan oleh kemampuan mereka dalam mengelola atau menganalisa data menjadi sesuatu yang bernilai dan menghasilkan business outcome yang lebih baik. Mengapa demikian? Keputusan yang ditentukan berdasarkan hasil analisa data dapat memberikan berbagai keuntungan bagi industri perbankan, seperti:

· Amati perilaku nasabah dan hadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik

Perusahaan dapat memanfaatkan data untuk menciptakan strategi komunikasi dan financial experience yang lebih personal berdasarkan perilaku dan preferensi masing-masing nasabah. Data dapat diolah sebagai salah satu sumber yang sangat berguna bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan, serta dapat dimonitor dan dianalisa lebih lanjut untuk perkembangan bisnis selanjutnya.

· Meningkatkan kualitas layanan di masa yang akan datang

Dengan menggunakan big data analytics, data dapat diolah sebagai salah satu sumber yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas layanan perbankan kepada nasabahnya. Pemanfaatan big data analytics memberi kemampuan bagi industri perbankan menciptakan inovasi yang lebih terukur dan cepat untuk peningkatan kualitas layanan di masa yang akan datang.

· Meningkatkan risk management

Big data analytics dapat meningkatkan keberhasilan risk management pada industri perbankan. Data dapat digunakan sebagai landasan untuk mengukur kinerja bank dan menilai tingkat risiko secara lebih akurat. Dengan begitu, big data analytics membantu industri perbankan dalam mendeteksi kemungkinan terjadinya fraud, menyediakan cakupan risiko yang lebih luas, memiliki sistem prediktif yang lebih tepat, sehingga dapat mengukur tingkat risiko dengan cepat.

Solusi big data analytics untuk industri perbankan

Solusi big data analytics yang tepat untuk industri perbankan adalah Teradata Vantage. Teradata Vantage adalah platform pengolahan data yang mampu menyatukan dan menganalisa berbagai jenis data.

Apa saja manfaat dan kemudahan yang ditawarkan Teradata Vantage?

· Platform dengan tingkat skalabilitas yang baik

Untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis yang terus berkembang, Anda perlu memiliki platform dengan tingkat skalabilitas yang baik. Dengan Teradata Vantage, Anda tidak perlu khawatir dengan seberapa banyak jumlah data yang ada, dan perkembangan jumlah data yang akan Anda miliki di masa depan. Teradata Vantage mampu mengelola data dalam jumlah yang tidak terbatas tanpa memengaruhi kualitas kinerjanya.

· Hasil analisa yang lebih baik dengan pemanfaatan AI dan machine learning

Teradata Vantage didukung oleh AI dan machine learning untuk menghasilkan hasil analisa yang lebih baik, cepat dan berkualitas.

· Skema pembayaran “pay as you go

Teradata Vantage hadir dengan fleksibilitas skema pembayaran yang memberikan keuntungan bagi pengguna. Pengguna hanya perlu membayar apa yang mereka butuhkan, sehingga memberikan keuntungan efisiensi bagi perusahaan.

· Berdayakan seluruh karyawan dengan data

Dengan Teradata Vantage, pengguna dapat mengakses dan memanfaatkan data yang tersedia tanpa harus mempelajari alat atau bahasa pemrograman yang kompleks.

Dengan berbagai manfaat dan kemudahan yang ditawarkan Teradata Vantage, industri perbankan akan mengetahui kebutuhan bisnis mereka secara lebih baik, mulai dari kebutuhan internal perusahaan, pelayanan nasabah, hingga optimalisasi biaya operasional perusahaan. Adopsi teknologi big data memberikan nilai yang tak tertandingi untuk kemajuan dan pertumbuhan bisnis perusahaan di industri perbankan.

Adopsi teknologi big data tidak hanya terbatas untuk industri perbankan saja. Industri telekomunikasi, pemerintahan, dan lainnya juga dapat memanfaatkan teknologi big data untuk mendukung kemajuan perusahaan di masa yang akan datang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai manfaat yang ditawarkan Teradata Vantage bagi perusahaan, Anda dapat menghubungi kami di marketing@phintraco.com

Referensi:

https://www.teradata.com/Products/Software/Vantage

https://investor.id/it-and-telecommunication/teradata-vantage-platform-pengolahan-data-berbasis-hybrid-cloud

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US