Menyusun laporan keuangan konsolidasi adalah tugas yang sangat kompleks, khususnya bagi bisnis dengan banyak anak perusahaan yang masing-masing memiliki layanan atau produknya tersendiri. Selain itu, perusahaan skala kecil hingga menengah yang mengalami pertumbuhan pesat juga banyak yang kesulitan dengan urusan penyusunan laporan keuangan konsolidasi karena kurangnya efektivitas struktur organisasi.

Lalu, sebenarnya, apa saja masalah dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi sehingga membuat prosesnya sangat kompleks?

Sebelum mengulik lebih jauh tentang masalah dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian dari konsolidasi. Dalam dunia keuangan atau akuntansi, konsolidasi mengacu pada proses penggabungan aset, ekuitas, kewajiban, dan akun operasional menjadi satu laporan keuangan, dan paling sering dilakukan oleh induk perusahaan dan anak perusahaannya.

Dengan mengetahui masalah umum yang sering terjadi dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi, Anda dapat mempersiapkan strategi lebih awal guna menghindari risiko yang ditimbulkan dari masalah tersebut.

Untuk membantu bisnis dengan banyak anak perusahaan menghilangkan kompleksitas dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi, PhinCon menawarkan solusi ERP modern bernama NetSuite. NetSuite dirancang khusus untuk mengatasi masalah dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi yang kerap terjadi di induk perusahaan dan anak perusahaannya. Berikut adalah solusi dari NetSuite yang dapat mengatasi masalah dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi:

1. Sulit Menyelesaikan Laporan Keuangan Tepat Waktu

Salah satu masalah dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi adalah menyelesaikan laporan dengan tepat waktu. NetSuite hadir dengan solusi untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan menghadirkan fitur transaksi dual-posting dan membuat laporan otomatis sehingga memudahkan dan mempercepat proses konsolidasi.

2. Sulit Mengelola Transaksi antar Perusahaan

NetSuite mengatasi masalah ini dengan memudahkan tim accounting untuk mengidentifikasi dan mencocokan transaksi antar perusahaan, secara otomatis memposting journal entry sehingga dapat mempercepat penyelesaian akun antar perusahaan.

3. Terbatasnya Visibilitas

NetSuite mengatasi masalah ini dengan memusatkan seluruh data antar perusahaan dalam satu platform, sehingga memudahkan induk perusahaan untuk melacak dan menganalisa kinerja perusahaan secara real-time, baik untuk induk perusahaan atau anak perusahaan.

4. Kepatuhan terhadap Peraturan

NetSuite hadir dengan “built-in” GRC (Governance, Risk, and Compliance), sehingga dapat membantu perusahaan mengatasi masalah yang berkaitan dengan kepatuhan terhadap peraturan dan operasional.

Demikian beberapa masalah penyusunan laporan keuangan konsolidasi yang dapat diatasi oleh NetSuite.

Sangat penting untuk diketahui bahwa konsolidasi membutuhkan proses yang cukup panjang. Konsolidasi merupakan proses ketat yang membutuhkan data yang terjamin integritasnya, melibatkan semua pemangku kepentingan antar perusahaan dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.

Terlepas dari masalah dan tantangan yang ada, konsolidasi dapat dilakukan dengan tepat jika perusahaan memanfaatkan sistem yang juga tepat. Dengan menggunakan solusi ERP modern, penyusunan laporan keuangan konsolidasi dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien, serta menghasilkan laporan yang lebih akurat.

Segera hubungi PhinCon untuk informasi lebih lanjut tentang solusi ERP modern untuk bisnis dengan banyak anak perusahaan. Kunjungi link berikut ini untuk menemukan informasinya:

https://phincon.com/erpsolution/

Referensi:

https://www.netsuite.com/portal/products/erp/financial-management/global-accounting-consolidation.shtml

https://insightsoftware.com/blog/common-consolidation-challenges/