Tips Terhindar dari Serangan Siber untuk Pekerja Jarak Jauh

/Tips Terhindar dari Serangan Siber untuk Pekerja Jarak Jauh

Tips Terhindar dari Serangan Siber untuk Pekerja Jarak Jauh

Bermula dari merebaknya Covid-19 di Indonesia sejak awal tahun 2020, hampir seluruh perusahaan menerapkan kebijakan yang saat ini telah menjadi kebiasaan baru bagi para pekerja, yaitu bekerja dari rumah dan memanfaatkan teknologi sebagai alat utama untuk menjaga efektivitas dan produktivitas.

Sebagai pelaku bisnis, pernahkah Anda berpikir tentang apa saja risiko yang muncul akibat menerapkan sistem kerja jarak jauh? Apakah perusahaan Anda telah menjalankan sistem kerja jarak jauh yang aman dan efektif?

Penjahat Siber Menjadikan Pekerja Jarak Jauh sebagai Target Utama

Berdasarkan hasil penelitian, risiko terbesar yang muncul akibat adanya sistem kerja jarak jauh adalah serangan siber. Hasil penelitian Threat Landscape Report dari FortiGuard Labs menunjukan bahwa ada peningkatan signifikan dalam jumlah serangan siber yang menjadikan pekerja jarak jauh sebagai target utama. Karena kebanyakan pekerja jarak jauh tidak difasilitasi solusi keamanan yang memadai oleh perusahaan, maka celah keamanan yang ada semakin besar.

Untuk membantu pekerja jarak jauh terhindar dari serangan siber, kami telah menyiapkan beberapa tips keamanan yang dapat diterapkan pekerja jarak jauh. Berikut tipsnya:

·         Megatur penggunaan password

Cara paling mudah yang dapat diterapkan pekerja jarak jauh agar terhindar dari serangan siber adalah mengatur penggunaan password dengan tepat agar sulit diketahui orang lain. Selain itu, setiap karyawan harus menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun yang dimiliki. 

·         Menggunakan Multi-Factor Authentication

Multi-Factor Authentication (MFA) adalah metode otentikasi yang menggabungkan beberapa metode keamanan seperti password, sesuatu yang user ketahui dan miliki seperti fingerprint atau security token. MFA sangat penting untuk digunakan ketika karyawan ingin mengakses informasi penting perusahaan seperti informasi finansial, dan ketika karyawan ingin masuk ke dalam jaringan perusahaan.

·         Menggunakan solusi keamanan endpoint

Untuk pekerja jarak jauh, tips terakhir yang dapat diterapkan agar terhindar dari serangan siber adalah menggunakan solusi keamanan endpoint tingkat lanjut, yang dikenal sebagai Endpoint Detection and Recovery (EDR). Solusi ini tidak hanya memiliki fitur untuk mendeteksi potensi serangan, tapi juga dapat mencegah serangan malware.

Saat yang Tepat untuk Meningkatkan Keamanan bagi Pekerja Jarak Jauh

Sekarang, sudah saatnya bagi perusahaan untuk segera memfasilitasi pekerja jarak jauh dengan solusi keamanan yang tepat. Jika perusahaan dapat memastikan setiap karyawannya dapat bekerja di mana pun dengan aman, maka perusahaan juga dapat memastikan bahwa setiap data dan informasi penting yang dimiliki aman dari kebocoran dan penyalahgunaan. Aplikas Servis Pesona, sebagai perusahaan penyedia solusi keamanan IT di Indonesia, menawarkan solusi keamanan mutakhir untuk memudahkan perusahaan dalam menata strategi keamanan siber yang efektif untuk pekerja jarak jauh. Anda dapat mengulik informasi lebih lanjut mengenai solusi keamanan untuk pekerja jarak jauh dengan membaca artikel berikut: “5 Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Memastikan Keamanan Teleworker” 

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

Sumber:

https://www.fortinet.com/blog/industry-trends/tips-for-staying-secure-while-working-from-home

https://www.fortinet.com/blog/threat-research/fortiguard-labs-global-threat-landscape-report-2020-key-insights  

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US