Tren teknologi terus berkembang setiap tahunnya. Teknologi yang ada akan menentukan masa depan perkembangan industri sepanjang tahun. Karena peran teknologi sangat krusial bagi berlangsungnya sebuah bisnis, maka penting bagi pelaku bisnis untuk mengetahui tren teknologi di setiap tahun dan juga fungsinya. Dikutip dari Gartner, berikut adalah tren teknologi yang akan berkembang di tahun 2020:

  1. Multiexperience

Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Gartner, karena beragam jenis aplikasi terus bermunculan, ini mengubah cara user berinteraksi di dunia digital. Meningkatnya berbagai jenis perangkat dan pengembangan aplikasi yang terus dilakukan menyebabkan munculnya istilah multiexperience

User experience akan mengalami perubahan yang signifikan. Cara user berinteraksi dengan dunia digital akan lebih beragam. Platform percakapan akan mengubah cara orang berinteraksi dengan dunia digital. Di tahun 2020, Virtual reality (VR), Augmented Reality (AR) dan Mixed Reality (MR) adalah teknologi yang tergabung dan mengubah cara orang berinteraksi di dunia digital.

  1. Transparency dan Traceability

Pelanggan semakin sadar bahwa informasi pribadi sangat berharga dan harus dijaga. Aturan pemerintah yang menerapkan undang-undang terkait data pribadi juga membuat organisasi harus semakin memperhatikan tentang pengelolaan data pribadi pelanggan. Maka, strategi transparency dan traceability adalah elemen penting untuk menjaga informasi pribadi pelanggan.

Transparency dan traceability adalah strategi yang digunakan untuk menentukan serangkaian sikap, tindakan, dan teknologi serta pendukung lain yang dirancang untuk memenuhi persyaratan peraturan, mempertahankan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi canggih lainnya, yang berguna untuk meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

  1. The Empowered Edge

Empowered edge adalah istilah dalam IT yang digunakan untuk proses sentralisasi komputasi yang didistribusikan ke jaringan, end user dan perangkat end user. Empowered edge merupakan kunci utama dalam manajemen perangkat di era Cloud dan Big Data.

  1. Distributed Cloud

Distributed cloud adalah distribusi layanan public cloud ke lokasi yang berbeda, sementara penyedia layanan public cloud itu sendiri bertanggung jawab untuk mengoperasikan, mengelola, memperbarui, dan meningkatkan layanan. Strategi teknologi ini mengarah pada era baru cloud computing.

  1. AI Security

Penerapan artificial intelligence (AI) dan machine learning yang digunakan perusahaan untuk pengambilan keputusan dalam bisnis ternyata menciptakan masalah baru bagi perusahaan. Potensi serangan terhadap IoT, cloud computing, dan microservices meningkat karena hal ini. Maka dari itu, perusahaan harus fokus untuk melindungi sistem yang didukung oleh AI, dan memastikan penggunaan sistem yang didukung oleh AI tidak dimasuki dan disalahgunakan oleh hacker.

Setelah membaca artikel ini, sudahkah Anda dapat menilai sejauh mana persiapan perusahaan Anda terhadap kebutuhan teknologi di tahun 2020 yang akan segera tiba?

Phintraco Group sebagai perusahaan penyedia solusi IT terkemuka untuk perusahaan Indonesia, dapat membantu perusahaan menerapkan penggunaan teknologi secara maksimal agar dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan di masa depan. Menjelang tahun 2020, sudah saatnya bagi perusahaan untuk mempersiapkan untuk mengimplementasi tren teknologi secara maksimal mulai dari sekarang.

Sumber:

https://www.gartner.com/en/newsroom/press-releases/2019-10-21-gartner-identifies-the-top-10-strategic-technology-trends-for-2020

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com