Tren yang Sedang Berkembang untuk Menyederhanakan Proses API Development

/Tren yang Sedang Berkembang untuk Menyederhanakan Proses API Development

Tren yang Sedang Berkembang untuk Menyederhanakan Proses API Development

Teknologi semakin berkembang mengikuti kebutuhan pengguna untuk melakukan aktivitasnya dengan lebih baik. Tidak terkecuali untuk para API developer, dengan hadirnya tren teknologi yang berkaitan dengan proses API development, pekerjaan mereka dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat karena adanya pengembangan tools yang membantu mereka menyederhanakan proses API development.

Saat ini, tantangan yang sering dijumpai dalam proses API development dapat semakin mudah diatasi oleh para developer karena ada peningkatan fungsi tools untuk membantu prosesnya. Sehingga, API dapat dimanfaatkan secara masif untuk mendukung aktivitas bisnis. Apa saja tren yang sedang berkembang untuk menyederhanakan proses API development? Berikut penjelasannya:

#Tren 1: Open API Specification 3.0 (OAS3)

Open API Specification 3.0 (OAS3) dapat membantu developer menyederhanakan proses spesifikasi API. Tools ini menghadirkan fitur keamanan yang lebih baik dan komponen yang dapat digunakan kembali oleh tim API developer, API tester, dan API operation. OAS3 menawarkan pengelolaan yang lebih baik atas seluruh siklus proses API development, mulai dari proses merancang, mengembangkan, menerbitkan, mengoperasionalkan, menggunakan, hingga saatnya penggunaan API tersebut sudah tidak diperlukan lagi.

#Tren 2: Low Code API Development

Low Code API Development memungkinkan tim IT merancang API business logic tanpa perlu melakukan proses coding yang kompleks. Platform ini menyederhakan proses API development untuk mengotomatiskan proses bisnis dengan menyediakan User Interface yang menampilkan proses API development dan API deployment secara visual. Secara singkat, tren ini membantu developer menyederhanakan proses API development karena mereka tidak perlu melakukan proses coding yang kompleks.

#Tren 3: Event-Driven API

Event-Driven API memungkinkan aplikasi mengintegrasikan banyak produk atau layanan berdasarkan interaksi yang ditentukan oleh suatu peristiwa yang dilakukan oleh user, atau bisa berupa pesan dari program lainnya.

Ketiga tren ini dapat dimanfaatkan API developer untuk menyederhanakan proses API development. Dengan memanfaatkan platform API management yang menawarkan ketiga tren yang sedang berkembang ini, API developer akan mendapatkan banyak kemudahan dalam proses API development. Selain menyederhanakan proses API development, tren ini juga menunjukkan pergeseran ke arah protokol yang lebih baik dan pola arsitektur yang lebih baru untuk mendukung user experience yang lebih baik di masa depan.

 

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

Referensi:

https://apifriends.com/digital-strategy/event-driven-apis/

https://blog.api.rakuten.net/api-trends/

https://blogs.mulesoft.com/tag/event-driven/

https://blogs.mulesoft.com/dev-guides/how-to-tutorials/api-adoption-with-oas-3/

https://www.mulesoft.com/platform/api/flow-designer-integration-tool

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US