Blog

Pentingnya keamanan Aplikasi Berbasis Web di Era Digital yang Semakin Kompleks

26 August 2022 Admin Marketing Blog

Di era digital ini, penggunaan teknologi web sudah menjadi suatu bagian dari kehidupan sehari-hari bagi masyarakat luas. Para penyedia informasi digital berbasis teknologi web harus mampu memberikan layanan yang aman dan handal bagi pengguna agar bisnis dapat berjalan tanpa gangguan. Namun, keberadaan aplikasi yang memiliki tingkat keamanan rendah dapat membahayakan banyak hal penting. Misalnya, data finansial, layanan kesehatan, pertahanan, energi, dan data dari berbagai industri lainnya. Apalagi, saat ini infrastruktur digital semakin kompleks dan semakin terhubung, menjadikan aplikasi berbasis web rentan terhadap ancaman keamanan. Maka dari itu, keamanan seharusnya menjadi faktor terpenting yang harus diperhatikan oleh tim pengembang IT perusahaan.

Jenis Serangan Siber yang Paling Umum Terjadi Pada Aplikasi Web

Seiring meningkatnya penggunaan teknologi web, ancaman serangan siber juga makin banyak bermunculan. Untuk melindungi diri dari berbagai aksi kejahatan tersebut, Anda perlu tau jenis serangan siber yang paling umum dalam aplikasi web. Lantas apa saja jenis serangan siber yang paling umum terjadi pada aplikasi web. Berikut rangkumannya:

  1. Cross-site scripting (XSS)

Cross site scripting atau serangan XSS merupakan salah satu jenis serangan siber berbahaya bahkan pernah menyerang beberapa platform populer seperti Google, Facebook, dan Paypal. Jenis serangan ini mengeksploitasi kerentanan XSS untuk mencuri data, mengendalikan sesi pengguna, menjalankan kode jahat, atau digunakan sebagai bagian dari serangan phishing. Meskipun cross site scripting termasuk jenis serangan cyber berbahaya, namun sebagian besar korban tidak menyadari bahwa mereka sedang diserang penjahat siber.

  1. SQL injection

SQL injection adalah sebuah langkah injeksi kode terhadap celah keamanan database sebuah aplikasi web. Umumnya, penjahat siber menggunakan query SQL dengan tools tertentu untuk mengakses database. Injeksi kode yang dilakukan membuat penjahat siber dapat masuk tanpa proses otentikasi. Setelah berhasil, penjahat siber bebas untuk menambahkan, menghapus, serta mengubah data-data yang ada. Serangan SQL injection ini dapat menarget aplikasi web apapun yang menggunakan SQL database, seperti MySQL, Oracle, SQL Server, dan sebagainya.

  1. Layer 7 Denial of Service

Untuk memahami Layer 7 Denial of Service terlebih dahulu Anda perlu mengerti apa layer 7 yang dimaksud. Layer 7 mengacu pada lapisan Aplikasi model Open System Interconnection atau OSI. Model OSI adalah penggunaan standar untuk komunikasi perangkat jaringan yang terdiri dari tujuh lapisan dengan layer 7 yang disebut sebagai lapisan aplikasi. Layer 7 adalah lapisan paling atas dan digunakan oleh berbagai aplikasi di server. Target serangan jenis ini bukanlah untuk melumpuhkan jaringan atau server secara total, namun untuk menyerang aplikasi yang memiliki kelemahan tertentu. Penjahat siber melakukan peretasan sesuai dengan celah yang sudah mereka deteksi sebelumnya.

Langkah Efektif Mengatasi Keamanan Aplikasi Web dari Serangan Siber

Tujuan peretasan terhadap aplikasi web perusahaan adalah untuk mendapatkan data-data sensitif. Data-data tersebut dapat mereka gunakan untuk melakukan penipuan, menjualnya ke pihak tidak sah, atau bahkan melakukan pemerasan. Melihat lanskap ancaman keamanan yang berkembang saat ini, perusahaan perlu untuk mengambil langkah pencegahan dengan memiliki aplikasi keamanan web yang berkelanjutan. Maka dari itu, untuk meningkatkan sistem keamanan perusahaan terhadap serangan siber, Aplikas Servis Pesona menawarkan solusi web application security. Sebagai anak perusahaan Phintraco Group yang bergerak di bidang IT security, Aplikas Service Pesona telah berpengalaman membantu organisasi dan perusahaan dari berbagai industri dalam menjaga keamanan dalam aplikasi web mereka. Dengan menggunakan web application security tidak hanya melindungi aplikasi berbasis web Anda namun dapat membantu tim Anda untuk mencapai keamanan yang lebih professional. Melalui penerapan web application security, suatu organisasi atau perusahaan akan mampu meningkatkan dan menjaga keamanan aplikasi web yang mereka gunakan sehingga risiko dapat diminimalisir secara efektif.

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lengkap mengenai solusi web application security.

 

Referensi:

https://www.fortinet.com/blog/industry-trends/byline-it-s-time-to-get-serious-about-web-application-security

 

Baca Juga:

Web Application Security: Perlindungan Canggih untuk Aplikasi Web Anda

Related Article:

5 Most Common Web-Based Attacks Targeting Businesses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *