5 Jenis Serangan Siber Berbasis Web yang Sering Targetkan Perusahaan

/5 Jenis Serangan Siber Berbasis Web yang Sering Targetkan Perusahaan

5 Jenis Serangan Siber Berbasis Web yang Sering Targetkan Perusahaan

Seluruh situs web di internet rentan terhadap serangan siber. Serangan siber berbasis web bisa terjadi karena murni kesalahan manusia, atau bisa juga karena serangan yang dibuat khusus oleh penjahat siber profesional.

Berdasarkan Data Breach Investigations Report, alasan utama serangan siber berbasis web diciptakan adalah karena faktor finansial. Itu mengapa umumnya serangan siber berbasis web menjadikan perusahaan sebagai target utama.

Oleh karena itu, untuk melindungi perusahaan dari serangan siber berbasis web, kita perlu mengetahui apa saja jenis serangan siber berbasis web yang berbahaya dan bagaimana cara pencegahannya.

Mari ketahui dan pelajari jenis serangan siber berbasis web yang sering targetkan perusahaan berikut ini agar dapat mengambil langkah preventif di kemudian hari. Berikut penjelasannya:

1. Cross-Site Scripting (XSS)

Jenis serangan berbasis web “Cross-site scripting” dilakukan oleh penjahat siber dengan cara menginjeksi kode pada halaman situs web yang dikunjungi oleh pengguna. Kode tersebut dapat menyusupi akun pengguna situs web atau mengubah konten situs web untuk mengelabui pengguna agar memberikan informasi pribadinya baik secara sengaja atau tidak.

2. Fuzz Testing

Umumnya, developer menggunakan teknik fuzzing untuk menemukan kerentanan keamanan pada suatu software, sistem operasi, atau jaringan perusahaan. Ternyata, penjahat siber juga menggunakan teknik ini untuk menemukan kerentanan pada situs web atau server.

Jenis serangan siber berbasis web ini bekerja dengan cara memasukan data dalam jumlah besar secara acak pada situs web sampai situs web tersebut error. Langkah selanjutnya, penjahat siber akan menggunakan software yang disebut fuzzer untuk menemukan titik kerentanan pada suatu situs web. Jika ada celah dalam keamanan situs web tersebut, penjahat siber akan memanfaatkannya lebih lanjut.

3. Serangan Brute Force

Jenis serangan berbasis web “Brute Force” adalah jenis serangan yang paling sering dimanfaatkan penjahat siber untuk mengakses informasi login pengunjung suatu situs web.

Brute Force adalah teknik serangan yang dilakukan penjahat siber dengan cara memasukan banyak password pengguna hingga akhirnya menemukan password yang tepat. Umumnya, penjahat siber memiliki wordlist yang diatur oleh smart tools untuk dapat mengetahui password pengguna secara otomatis. Jenis serangan ini adalah jenis yang paling mudah untuk dihindari, pengguna hanya perlu menggunakan password sesulit mungkin atau strong password sehingga kemungkinan password dapat ditebak semakin kecil.

4. SQL Injection

SQL Injection adalah jenis serangan berbasis web yang dapat terjadi karena ada kesalahan atau error pada suatu situs web yang disebabkan oleh kelalaian programmer. Kesalahan tersebut membuat penjahat siber dapat mengirim command ke database yang berkaitan dengan suatu situs web, sehingga penjahat siber bisa mendapatkan data dari database tersebut bahkan memodifikasi data tersebut untuk mengelabui pengunjung situs web.

5. Malware

Malware adalah jenis serangan siber berbasis web yang paling sering digunakan penjahat siber untuk menginfeksi perangkat pengguna. Jika perangkat pengguna telah berhasil terinfeksi malware, perangkat akan sepenuhnya dibawah kendali penjahat siber untuk melakukan berbagai tindakan kriminal seperti mencuri akses kredensial untuk mengakses data dan informasi penting perusahaan.

Mencegah Serangan Siber Berbasis Web

Demikian 5 jenis serangan siber yang sering targetkan perusahaan. Jenis serangan siber yang ada pada suatu situs web dapat sangat membahayakan keberlangsungan bisnis, sedangkan perusahaan tidak bisa mengendalikan seluruh karyawan untuk melakukan aktivitas browsing pada situs web yang sudah terjamin keamanannya saja. Oleh karena itu, Web Isolation hadir sebagai solusi untuk mengamankan aktivitas browsing yang dilakukan seluruh karyawan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi Web Isolation, Anda dapat membaca artikel berikut ini: https://phintraco.com/solusi-web-isolation-jadikan-aktivitas-browsing-lebih-aman/

 

Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com

 

Referensi:

https://www.tripwire.com/state-of-security/featured/most-common-website-security-attacks-and-how-to-protect-yourself/

https://www.w3schools.com/sql/sql_injection.asp

https://www.mcafee.com/enterprise/en-us/assets/light-point/white-papers/wp-most-serious-threat-to-business.pdf

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US