Blog

SD-WAN Mendukung Pekerjaan Jarak Jauh

23 February 2022 Blog

Akhir-akhir ini, sistem cloud banyak digunakan perusahaan. Banyak kemudahan yang didapatkan perusahaan jika menggunakan sistem cloud. Kemudahan akses karena mudah digunakan di mana saja, efisiensi biaya, dapat terintegrasi dengan software apa pun menjadi beberapa kelebihan menggunakan sistem cloud.

Pandemi Covid-19 masih menjadi alasan perusahaan-perusahaan menetapkan sistem kerja WFH atau WFA, sehingga sangat tepat untuk menggunakan sistem cloud. Jika perusahaan Anda berencana menerapkan sistem kerja WFH atau remote, menggunakan teknologi SD-WAN menjadi salah satu solusi pendukung untuk melayani workforce yang terdistribusi di mana pun.

Tantangan Pekerjaan Jarak Jauh Dari Sisi IT

Sebelum beralih menggunakan sistem cloud, perusahaan memiliki data center. Data yang dihimpun dari Dell Technologies diketahui bahwa 20-30% karyawan dapat bekerja dari rumah hanya beberapa hari dalam seminggu pada akhir 2021. Hal ini membuktikan bahawa banyak karyawan yang sudah bekerja di rumah. Jika perusahaan akan menerapkan sistem bekerja jarak jauh secara permanen, dibutuhkannya strategi network yang baru untuk mempermudah peralihan sistem dari data center ke cloud. Salah satu tantangan yang terjadi jika perusahaan tetap menerapkan sistem data center adalah akan timbul biaya tinggi dari transportasi data dan network hardware yang kurang dimanfaatkan.

SD-WAN Mempermudah Sistem Kerja Remote

Data lain yang dihimpun dari Dell Technologies diketahui bahwa 85% perusahaan berskala sedang hingga besar sudah berpindah menggunakan SD-WAN. Hal ini membuktikan bahwa SD-WAN sangat berguna untuk perusahaan yang menggunakan cloud. Perusahaan dapat menjadi lebih mudah jika menggunakan teknologi SD-WAN karena SD-WAN mampu melakukan hal berikut ini:

  1. Memprioritaskan aplikasi yang lebih baik
  2. Membawa lebih banyak bandwidth
  3. Mengontrol biaya
  4. Meningkatkan ketahanan

Keuntungan Menggunakan SD-WAN

Teknologi SD-WAN mendukung transisi yang efisien ke sistem yang semakin berpusat pada sistem cloud. Solusi teknologi ini juga memungkinkan konektivitas langsung dan performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan model jaringan yang lama. Keuntungan lain menggunakan SD-Wan anatara lain:

  1. Fleksibilitas ketika kerja jarak jauh

Menggunakan teknologi SD-WAN para admin network dapat mendorong aplikasi ke satu atau beberapa situs secara bersamaan. Hal ini juga memberikan visibilitas IT ke setiap lokasi terpencil. Tim IT dapat meningkatkan remote sites hingga 5 kali lipat hanya dengan tambahan waktu 1 jam.

  1. Biaya transportasi data yang lebih rendah

Traffic dalam model network tradisional dihubungkan dari branch sites ke data center, lalu terhubung ke cloud, ini berlaku sebaliknya. Teknologi SD-WAN mengurangi ketergantungan pada MPLS, menggantikan bandwith yang critical.

  1. Meningkatkan efisiensi

Solusi teknologi SD-WAN menawarkan penerapan “zero touch” dan manajemen network. Teknologi SD-WAN juga memiliki central orchestration engine yang membuat manajemen lebih efisien. Perusahaan Anda juga dapat memiliki manajemen network yang terpusat, sehingga membantu policies dari data center. Hal ini juga membuat SD-WAN menjadi lebih efisien karena sebelumnya ketika terjadi masalah, tim IT memecahkan masalah dengan datang ke lokasi tertentu.

SD-WAN menjadi solusi pendukung sistem cloud yang sangat bermanfaat untuk perusahaan. Perusahaan Anda akan menjadi lebih efisien ketika menerapkan sistem kerja work from home atau bahkan work from anywhere.

Phintraco Technology bergerak di bidang IT Infrastructure yang menyediakan berbagai macam solusi teknologi, salah satunya adalah SD-WAN. Anak perusahaan Phintraco Group ini sudah lebih dari 14 tahun melayani perusahaan di segala jenis industri.

 

Hubungi kami dengan mengirimkan email ke marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai teknologi SD-WAN.

 

Referensi:

https://www.delltechnologies.com/asset/en-us/products/networking/briefs-summaries/dell-emc-sd-wan-is-fueling-the-future-of-work.pdf

 

Artikel terkait:

Sempurnakan Transformasi Digital dengan Solusi SD-WAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.