Blog

Asal Usul Kehadiran Contact Center as a Service

03 August 2022 Blog

Ketika mendengar istilah ‘Contact Center as a Service’ atau CcaaS, sebagian masyarakat yang awam terhadap teknologi tentu kebingungan mengartikannya. Maka dari itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai definisi CcaS dan yang paling penting adalah asal usul kehadiran CcaaS. Bukan tanpa sebab, para pelaku bisnis perlu memahami CcaaS sebab solusi contact center ini hadir untuk mendukung arus komunikasi dan informasi antara konsumen dan karyawan.

Definisi CcaaS

Contact center as a service (CCaaS) adalah solusi layanan pelanggan berbasis cloud. CcaaS mengelola dan melacak perjalanan konsumen, interaksi karyawan dengan konsumen, dan komunikasi konsumen masuk atau keluar lainnya. Komunikasi tersebut dilacak melalui saluran suara dan digital, seperti pesan teks, email, dan obrolan web. Perusahaan yang memberdayakan platform CCaaS secara otomatis mendorong pembaruan secara real time tanpa downtime perangkat lunak atau bahkan gangguan bisnis.

Sejarah Asal Usul Kehadiran Contact Center as a Service

Asal usul kehadiran Contact Center as a Service bermula dari bisnis yang hanya memiliki layanan call center yang sepenuhnya berbasis telepon untuk melayani pelanggan. Seiring berjalannya waktu, muncul channel lain yang digunakan oleh bisnis seperti media sosial dan teknologi robotik lainnya. Bisnis pun beralih ke konsep contact center untuk menjangkau pelanggannya secara menyeluruh.

Bermunculan saluran komunikasi baru seperti sosial media dan aplikasi percapakapan seperti WhatsApp dan Line, membuat konsumen mengetuk pintu baru untuk dapat berkomunikasi dengan bisnis untuk menyampaikan keluhannya. Sehingga membuat pengelola harus menciptakan sistem atau platform yang dapat mengoptimalkan operasi bisnis. Maka dari itu, istilah contact center as a service mulai marak dibicarakan, sebagai solusi contact center terkini.

Saat ini, hampir sebagian bisnis yang menggunakan layanan contact center dapat melayani pelanggan selama 24 jam.  Sehingga perusahaan dapat memberikan pelayanan yang terbaik dalam tiap interaksi. Selain itu, bisnis juga akan secara konsisten dapat memberikan value kepada konsumen dan meningkatkan kepuasan konsumen. Sehingga tercapailah tujuan akhir bisnis yaitu terciptanya loyalitas kepada konsumen.

Fitur Pelengkap Contact Center Terkini

Mendirikan layanan contact center perusahaan atau membangun layanan contact center memang tidak mudah. Faktor yang harus dipertimbangkan adalah biaya operasional termasuk biaya alat atau teknologi yang tepat. Dengan dukungan teknologi yang tepat, perusahaan bisa terus meningkatkan layanan contact center menjadi semakin baik. Teknologi yang bisa perusahaan manfaatkan adalah contact center as a service.

Contact center as a service yang tepat dan bermanfaat mampu mendukung semua aspek yang diperlukan dalam membuat layanan contact center dengan baik. Mengelola layanan contact center yang baik sangat penting untuk menjaga kepuasan pelanggan dan calon pelanggan agar reputasi perusahaan makin meningkat. Sebelum memilih solusi yang sesuai dengan operasional perusahaan, simak beberapa fitur yang bisa Anda jadikan patokan dalam memilih solusi contact center perusahaan Anda:

  1. Digital Channels

Dengan integrasi fitur pesan media sosial, CcaaS memungkinkan perusahaan membawa saluran digital lokal atau umum mereka sendiri ke dalam satu sistem.

  1. Integrated Application

Dengan CcaaS, perusahaan bisa memaksimalkan investasi dalam teknologi, memberikan pengalaman penggunaan yang mudah dan perampingan operasi.

  1. Video Solutions

Fitur ini memudahkan interaksi perusahaan dengan pelanggan melalui vidio secara face-to-face.

  1. Advance Analytics

Fitur advance analytics mampu mengubah interaksi menjadi data yang dapat melihat perilaku, tren obrolan, dan permintaan konsumen.

Selain itu, masih banyak fitur lain yang dapat Anda rasakan dari penerapan CcaaS. Fitur lainnya dapat di lihat di https://phincon.com/cloud-contact-center/

Sebagai perusahaan yang menawarkan solusi tersebut, Phintraco Consulting atau PhinCon yang fokus pada bidang IT Consultancy memiliki fitur lengkap yang mendukung kinerja tim contact center Anda menjadi lebih efisien. Hal ini tentu nantinya dapat membangun customer relation yang baik pada bisnis Anda. Dengan solusi yang diberikan oleh PhinCon, anak perusahaan Phintraco Group diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis dalam menerapkan contact center yang lebih baik, sehingga konsumen dapat merasa puas dengan layanan yang diberikan. Kepuasan konsumen yang terus meningkat kepada perusahaan akan membuat bisnis dapat terus meningkat pula.

 

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai contact center as a service yang dapat meningkatkan kinerja contact center perusahaan Anda.

 

For more info about the contact center as a service and request a demo session, please visit https://phincon.com/cloud-contact-center/

 

Baca Juga:

Pentingnya Penerapan Strategi Omnichannel untuk Bisnis di Era Digital

 

Related Article:

Implement Omnichannel in Contact Center to Improve Customer Experience

Leave a Reply

Your email address will not be published.