Dengan banyaknya kasus pencurian data yang disebabkan oleh penyalahgunaan akses istimewa (privileged access) dalam perusahaan layanan finansial, kini banyak aturan yang harus diterapkan oleh mereka untuk memastikan efektivitas kontrol pengelolaan akses istimewa.

Akses istimewa atau privileged access adalah istilah yang digunakan bagi user yang memiliki hak untuk mengakses sistem informasi perusahaan secara keseluruhan, baik data internal atau eksternal seperti data pribadi dan informasi finansial nasabah.

Privileged Access Management Menjadi Solusi Keamanan yang Perlu Diprioritaskan oleh Industri Layanan Finansial

Mengingat bahwa industri layanan finansial sangat erat kaitannya dengan data dan informasi rahasia, maka mereka wajib memiliki praktik terbaik terhadap kontrol akses pada sistem informasi perusahaan. Walaupun sifatnya wajib, namun masih banyak perusahaan layanan finansial yang saat ini masih belum menerapkan praktik terbaiknya atau masih dalam proses penetapan strategi untuk mengatur kontrol akses secara efektif dan efisien.

Aplikas Servis Pesona, sebagai perusahaan penyedia solusi IT security di Indonesia, akan membantu industri layanan finansial untuk mengimplementasi praktik terbaik terhadap akses istimewa dengan menghadirkan solusi Privileged Access Management (PAM).

Solusi PAM memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi perusahaan yang mengimplementasikannya, baik untuk memudahkan compliance, menghilangkan risiko terjadinya kasus serangan yang berasal dari akses istimewa, dan mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk penyempurnaan hasil audit dan monitoring.

Bagi yang belum familiar dengan solusi keamanan ini, mari ketahui terlebih dahulu tentang fungsi solusi Privileged Access Management.

Privileged Access Management mengacu pada strategi keamanan komprehensif yang berguna untuk mengontrol, memantau, mengamankan, dan mengaudit semua identitas dan aktivitas di seluruh lingkungan digital perusahaan.

Jika akses istimewa tidak dikelola dengan kontrol yang tepat, sistem informasi perusahaan dapat disusupi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, baik dari faktor eksternal seperti hacker atau faktor internal seperti karyawan yang tidak seharusnya memiliki akses istimewa tersebut.

Jika sistem sudah disusupi, perusahaan akan mengalami kerugian materi, dan yang lebih penting adalah hilangnya kepercayaan nasabah.

Penelitian dari Forrester juga mengungkap fakta tentang peran akses istimewa terhadap banyaknya kasus kebocoran data. Dihimpun dari Forrester, setidaknya 80% kasus kebocoran data berasal dari kecerobohan perusahaan dalam mengelola akses istimewa. 

Mengacu pada pentingnya mengontrol akses istimewa dalam layanan finansial, maka solusi Privileged Access Management menjadi solusi keamanan yang perlu diprioritaskan oleh seluruh perusahaan layanan finansial. Bahkan, selama dua tahun berturut-turut, Gartner menominasikan Privileged Access Management sebagai security project yang harus diprioritaskan oleh CISO.

Cara Memaksimalkan Kontrol Keamanan Akses Istimewa dalam Layanan Finansial

Untuk memaksimalkan kontrol keamanan akses istimewa dalam layanan finansial, perusahaan perlu memilih solusi Privileged Access Management (PAM) yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka. Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan solusi tersebut? Perusahaan perlu bekerja sama dengan partner IT security yang telah memiliki banyak pengalaman dalam implementasi solusi PAM.

Aplikas Servis Pesona dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu perusahaan layanan finansial mengimplementasi solusi PAM. Aplikas Servis Pesona menyediakan solusi PAM yang menyediakan fitur dan kapabilitas berikut:

1. Memberikan perlindungan maksimal

Solusi PAM mengamankan seluruh aktivitas akses istimewa dalam sistem perusahaan secara real-time. Solusi ini akan mendeteksi dan mengeluarkan akses yang tidak sah dalam sistem secara otomatis.

2. Menyederhanakan proses audit dan compliance

Solusi PAM membantu meningkatkan kualitas dan nilai serta menyederhanakan pelaksanaan audit dan compliance.

3. Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan bisnis digital secara menyeluruh dan memaksimalkan user experience

Solusi PAM memungkinkan perusahaan untuk melakukan proses autentikasi user melalui satu web portal yang terpusat, sehingga dapat memudahkan seluruh bagian dalam perusahaan untuk mengakses sistem digitalnya sesuai dengan keperluan masing-masing – tanpa perlu mengorbankan keamanannya.

4. Tersedia dalam berbagai pilihan deployment

Keuntungan lainnya yang bisa perusahaan dapatkan dari solusi PAM ini adalah perusahaan dapat memilih cloud atau on-premise untuk deploymentnya. Masing-masing perusahaan dapat mempertimbangkanya sesuai dengan kebutuhan dan regulasi yang berlaku.

Demikian informasi mengenai pentingnya solusi Privileged Access Management untuk industri layanan finansial. Jawaban dari pertanyaan “haruskah industri layanan finansial mengimplementasi solusi Privileged Access Management?” adalah tentu solusi ini menjadi sebuah keharusan. Berdasarkan seluruh penjelasan mengenai alasan dan manfaat implementasi solusi PAM yang sudah dijabarkan, selain memilih solusi tepat, partner IT security juga memegang peran penting dalam kesuksesan implementasi solusi PAM. Segera hubungi marketing@phintraco.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut serta konsultasi tentang solusi PAM dengan tim ahli.

Referensi:

https://www.cyberark.com/what-is/privileged-access-management/

https://www.cyberark.com/products/privileged-access-manager/

https://biztechmagazine.com/article/2018/01/why-banks-need-privileged-access-management-secure-their-systems

https://www.forrester.com/report/The+Forrester+Wave+Privileged+Identity+Management+Q4+2018/RES141474

https://www.gartner.com/smarterwithgartner/gartner-top-10-security-projects-for-2019/ https://www.gartner.com/smarterwithgartner/gartner-top-security-projects-for-2020-2021/