Blog

Peran Solusi Identity and Access Management dalam Mendukung Transformasi Digital

31 May 2021 Blog

Untuk memposisikan suatu bisnis tetap relevan dengan tuntutan pasar, gaya hidup, pola belanja, dan cara kerja yang berubah cepat secara signifikan, sejumlah perusahaan dihadapkan dengan urgensi baru – yaitu untuk melakukan akselerasi transformasi digital.

Namun, dalam banyak kasus, perusahaan melakukan akselerasi transformasi digital tanpa memahami dampak negatif yang dibawa dari upaya transformasi digital tersebut. Dampak negatif yang dimaksud adalah meningkatnya kerentanan keamanan pada sistem atau infrasruktur perusahaan.

Saat menerapkan strategi transformasi digital, tindakan melindungi privasi dan keamanan data untuk menjaga reputasi dan stabilitas finansial merupakan suatu tantangan yang perlu dicari solusi tepatnya.

Untuk mengatasi tantangan transformasi digital ini, Identity and Access Management (IAM) dapat menjadi solusi tepat. Solusi IAM membantu perusahaan memastikan bahwa hanya karyawan, pelanggan, dan perangkat yang tepat yang memiliki akses ke sistem atau infrastruktur IT perusahaan.

Bagaimana Peran Solusi Identity and Access Management dalam Mendukung Transformasi Digital?

Peran solusi Identity and Access Management dalam mendukung transformasi digital perusahaan terletak pada fungsi dan kapabilitasnya untuk melindungi perusahaan dari faktor utama penyebab kerentanan keamanan yaitu human error atau kesalahan manusia.

Solusi IAM membantu perusahaan meningkatkan keamanan sibernya dengan kemampuan berikut ini:

  • Menetapkan jenis identitas apa saja yang membutuhkan akses ke sistem perusahaan.
  • Memonitor aktivitas yang sedang dilakukan oleh user dengan identitas tertentu.
  • Mengkategorikan informasi, interaksi atau transaksi apa saja yang bisa dilakukan oleh setiap user dalam suatu sistem.
  • Mengontrol batas akses user pada suatu sistem untuk menghindari penyalahgunaan hak akses.

Sebagai perusahaan penyedia solusi keamanan IT di Indonesia, Aplikas Servis Pesona memiliki solusi Identity and Access Management (IAM) untuk membantu perusahaan menyederhanakan perjalanan transformasi digital dan memaksimalkan hasilnya. Solusi IAM dari Aplikas Servis Pesona hadir dengan berbagai fitur dan kapabilitas yang tidak dimiliki oleh solusi IAM lainnya, yaitu:

1. Kelola berbagai jenis identitas yang berbeda

Solusi IAM dari Aplikas Servis Pesona memungkinkan perusahaan untuk mengelola berbagai jenis identitas yang berbeda dalam satu proses implementasi – seperti identitas masing-masing pelanggan, mitra bisnis, karyawan, serta identitas perangkat, bot, API, microservices, dan masih banyak lagi.

Fungsi solusi IAM ini dapat diperluas dan memungkinkan administrator memiliki fleksibilitas untuk menentukan banyaknya objek, skema, dan keterkaitan antara satu identitas dengan identitas lainnya, sehingga secara otomatis menghindari identity silos.

2. Pilihan deployment yang fleksibel

Aplikas Servis Pesona menawarkan solusi IAM dengan pilihan deployment yang fleksibel – baik di on premise, cloud, atau hybrid. Solusi IAM ini juga sudah dilengkapi dengan tool DevOps yang dibutuhkan tim developer, sehingga dapat menghilangkan waktu yang dibutuhkan oleh tim developer untuk membuat tool sendiri guna memindahkan konfigurasi antar environment.

3. Platform dengan skalabilitas tinggi

Solusi IAM dari Aplikas Servis Pesona menyediakan penyimpanan identitas berkinerja tinggi yang dapat menangani puluhan ribu transaksi per detik. Platform IAM ini dapat diandalkan untuk mengelola miliaran identitas, dirancang khusus untuk membantu tim IT mengatasi masalah skalabilitas.

Selain itu, dengan menggunakan solusi IAM dari Aplikas Servis Pesona, platform tidak akan akan berhenti beroperasi selama proses pemutakhiran (upgrade) dan pemeliharaan (maintenance). Sehingga, pengalaman pelanggan dapat tetap terjaga kualitasnya.

4. Skema pricing dirancang khusus untuk bisnis modern

Aplikas Servis Pesona menyediakan solusi IAM yang dilengkapi dengan fitur khusus untuk menangani seluruh use case dalam masing-masing perusahaan. Tidak ada tambahan pengeluaran biaya investasi apa pun bagi perusahaan yang mengimplementasi solusi ini, karena skema pricing yang ditawarkan dirancang khusus untuk mendukung penggunaan dan penskalaan dengan prediktabilitas lengkap dan tanpa penalti. Perusahaan akan dikenakan biaya per identitas, bukan berdasarkan penggunaan. Skema pricing ini memberi perusahaan fleksibilitas penuh untuk menggunakan platform IAM sesuai dengan kebutuhan.

Transformasi digital menjadi prioritas utama bagi perusahaan modern selama beberapa tahun terakhir, dan pandemi membuat transformasi ini sebagai urgensi baru yang harus segera diakselerasi. Oleh karena itu, solusi Identity and Access Management (IAM) berperan dalam mendukung transformasi digital untuk membuat hasil dari transformasi tersebut menjadi lebih aman, maksimal, dan memenuhi ekspektasi setiap pihak yang berkepentingan.

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

Referensi:

https://www.forgerock.com/platform/identity-management

https://www.forgerock.com/blog/bring-digital-identity-out-shadows-fuel-digital-transformation

https://www.forgerock.com/digital-identity/employee-identity-access-management

https://www.forgerock.com/modernize-iam

Leave a Reply

Your email address will not be published.