Pentingnya Menerapkan Data-Driven Mindset untuk Kemajuan Perusahaan

/Pentingnya Menerapkan Data-Driven Mindset untuk Kemajuan Perusahaan

Pentingnya Menerapkan Data-Driven Mindset untuk Kemajuan Perusahaan

Apa itu data-driven mindset?

Sebelum membahas lebih jauh tentang pentingnya menerapkan data-driven mindset untuk kemajuan perusahaan, mari pahami terlebih dahulu mengenai arti dari data-driven mindset.

Data-driven mindset adalah sebuah pemikiran bahwa segala keputusan harus diambil berdasarkan data yang tersedia. Data-driven mindset memegang teguh prinsip bahwa tanpa data, suatu kesimpulan hanya sekedar opini dan asumsi pribadi. Suatu keputusan yang didasari oleh opini dan asumsi tidak akan menghasilkan sesuatu yang dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, menerapkan data-driven mindset untuk kemajuan perusahaan sangat penting untuk dilakukan.

Mengapa menerapkan data-driven mindset penting untuk kemajuan perusahaan?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, data-driven mindset berpusat pada data. Segala tindakan yang diambiul didasari oleh data yang tersedia. Dengan menjadikan data sebagai pusat pengambilan keputusan, perusahaan akan dapat menerapkan keuntungan berikut:

1. Mengukur kinerja perusahaan

Ada pepatah mengatakan “you can’t improve what you don’t measure”, yang artinya adalah Anda tidak dapat mengetahui apakah Anda sukses atau tidak, kecuali jika kesuksesan tersebut telah Anda tentukan. Implementasinya dalam lingkungan perusahaan adalah jika Anda tidak dapat mengetahui dimana posisi perusahaan saat ini, dan posisi apa yang ingin dicapai selanjutnya, maka untuk mencapai tujuan bisnis akan sulit dilakukan. Beberapa tolak ukur yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan adalah mengetahui seberapa baik proses bisnis yang diterapkan perusahaan, serta seberapa tinggi tingkat kepuasan pelanggan dan karyawannya.

Dengan memanfaatkan data, kita dapat menjadikan tolak ukur tersebut sebagai acuan peningkatan produktivitas bisnis di masa depan.

2. Pengambilan keputusan bisnis yang jauh lebih baik

Data-driven mindset membantu pengambilan keputusan bisnis dengan hasil yang baik untuk kemajuan perusahaan. Penerapan ini dapat dilakukan di berbagai divisi. Contohnya, divisi accounting dapat memanfaatkan data untuk membuat prediksi revenue dan meningkatkan akurasi forecast, divisi sales dapat menggunakan data dari CRM untuk mengelola leads, dan divisi HR dapat memanfaatkan data karyawan untuk memperbaiki proses dan persyaratan rekrutmen di kemudian hari.

3. Meningkatkan efektivitas kegiatan pemasaran

Prinsipnya, semakin baik suatu perusahaan dapat memahami pelanggannya, maka akan lebih baik cara perusahaan memberikan layanan yang terbaik untuk mereka. Di era digital, kita dapat mendapatkan data yang berasal dari aktivitas pelanggan sebelumnya terkait dengan pembelian produk atau layanan. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan penawaran berikutnya yang relevan dengan minat mereka. Sehingga, menerapkan data-driven mindset adalah strategi yang paling tepat bagi perusahaan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran dan pada akhirnya juga meningkatkan hasil penjualan.

Demikian beberapa manfaat yang menjadikan penerapan data-driven mindset sangat penting untuk kemajuan perusahaan.

Di era sebelumnya, mengambil keputusan bisnis yang berisiko mungkin akan mendatangkan hasil yang baik untuk kemajuan perusahaan. Namun, saat ini zaman telah berubah. Teknologi membuat segalanya menjadi lebih praktis dan membantu perusahaan mengurangi pengambilan keputusan yang berisiko.

Penerapan data-driven mindset penting untuk semua karyawan khususnya untuk business leader, karena mindset ini membantu mereka menjalankan bisnis dengan cara yang lebih bijaksana. Untuk dapat berhasil menerapkan data-driven mindset secara menyeluruh di lingkungan perusahaan, Anda membutuhkan tools yang berguna untuk mengetahui nilai dari suatu data. Platform data analytics modern dapat menjadi solusi tepat bagi perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa, dan menemukan “nilai” dari data yang tersedia.

 

Referensi:

https://www.teradata.com/Trends/Data-Management/Data-Driven-Culture

https://www.mdm.com/blog/technology/4-reasons-to-adopt-a-data-driven-mindset/

https://www.forbes.com/sites/brentdykes/2019/03/28/the-four-key-pillars-to-fostering-a-data-driven-culture/?sh=394d2a2c7d90

https://www.atinternet.com/en/glossary/data-driven/

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US