Memiliki ketangkasan dalam merespon suatu kejadian adalah kelebihan yang harus dimiliki oleh perusahaan modern agar mampu bersaing dalam situasi bisnis yang semakin kompetitif.

Mengapa demikian? Kita tahu bahwa di era serba digital ini, data dan waktu adalah dua faktor krusial yang dapat menentukan kesuksesan sebuah perusahaan. Ini artinya, perusahaan modern harus mampu memanfaatkan data yang diterima dalam rentang waktu sesingkat-singkatnya. Namun, tidak semua perusahaan memiliki kapasitas untuk melakukan analisa data dalam waktu yang singkat, keterbatasan dari berbagai faktor menjadi tantangannya.

Sebenarnya, perusahaan dapat mengatasi tantangan tersebut dengan memanfaatkan solusi teknologi bernama Real-time Analytics.

Solusi Real-time Analytics memungkinkan perusahaan membuat keputusan berdasarkan data yang tersedia. Keputusan tersebut dapat ditentukan di waktu yang bersamaan pada saat data diterima oleh sistem.  

Sudahkah Anda mengetahui tentang pengertian dan manfaat Real-time Analytics bagi perusahaan? Simak penjelasannya di artikel ini!

Pengertian dan manfaat Real-time Analytics bagi perusahaan

Real-time Analytics adalah teknologi yang membantu perusahaan mendapatkan kemampuan untuk melihat, menganalisa, dan menentukan nilai dari suatu data di waktu yang bersamaan pada saat data tersebut diterima oleh sistem. Solusi ini menyajikan “insight” yang didasari oleh data yang tersedia, outputnya akan diterima dalam bentuk dashboard dan laporan secara visual yang memudahkan user untuk memahami isi dari laporan tersebut.

Untuk perusahaan, solusi Real-time Analytics dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan – seperti untuk meningkatkan alur kerja, menyeleraskan strategi pemasaran dan penjualan, memahami perilaku pelanggan, menetapkan prosedur keuangan, dan masih banyak lagi. Solusi ini banyak dimanfaatkan untuk case tertentu yang berkaitan dengan Big Data.

Bagaimana cara Real-time Analytics bekerja?

Real-time Analytics bekerja dengan cara menarik data ke dalam sistem. Untuk menarik data dalam jumlah besar ke dalam sistem, teknologi ini dibantu oleh tools yang disebut aggregator.

Selanjutnya, output yang dihasilkan dari data yang masuk ke dalam sistem tersebut akan muncul hanya dalam waktu beberapa detik saja. Agar dapat berfungsi secara efektif, umumnya solusi Real-time Analytics memiliki komponen berikut ini:

  • Aggregator – yang menarik data dalam jumlah besar ke dalam sistem dari berbagai sumber
  • Broker – yang memproses data hingga siap digunakan untuk proses analisa
  • Stream Processor – yang melakukan analisa secara real-time pada saat data diterima
  • Analytics Engine – yang menilai kualitas data dan mengeluarkan hasil analisa secara bersamaan

Salah satu manfaat terbesar dari penggunaan solusi Real-time Analytics bagi perusahaan adalah kemampuan untuk mengambil keputusan dalam rentang waktu yang sangat singkat. Dengan insight yang dihasilkan, kita dapat menghapus, memperbarui, atau memperkenalkan ide dan proses bisnis baru ke lingkungan perusahaan dengan risiko seminimal mungkin karena keputusan yang diambil didasari oleh data yang tersedia. Untuk mengetahui sektor apa saja yang membutuhkan solusi ini, silahkan membaca artikel terkait:

 

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

Referensi:

 

Click on the link below to read this article in English:

https://phincon.com/2021/05/09/sectors-that-can-benefit-from-real-time-analytics/