Blog

Pentingnya IT Infrastructure Monitoring Untuk Perusahaan

06 June 2022 Blog

Sudah bukan rahasia umum bahwa infrastuktur IT memiliki susunan yang rumit. Infrastruktur IT merupakan suatu fondasi yang penting agar bisnis berjalan dengan baik. Maka dari itu, tim IT harus selalu memastikan bahwa tidak ada kendala yang terjadi pada infrastruktur IT. Semakin besar perusahaan, pasti akan semakin rumit pula infrastruktur IT yang dimiliki. Sanggupkan tim IT memantau kinerja infrastruktur IT pada kondisi seperti itu?

Perkembangan teknologi menghadirkan berbagai macam teknologi yang dapat mempermudah kinerja bisnis. Saat ini, perusahaan dapat menggunakan IT infrastructure monitoring untuk memantau kinerja infrastruktur IT lebih mudah. Mari kita bahas lengkapnya.

Apa itu IT Infrastructure Monitoring?

Proses bisnis suatu perusahaan pasti melibatkan beberapa aplikasi dan layanan, maka dari itu kinerja sistem menjadi hal yang sangat penting. Apalagi dengan penggunaan teknologi digital yang meningkat akhir-akhir ini. Aplikasi dan layanan terkait sangat penting bagi individu dan organisasi. Teknologi infrastructure monitoring hadir untuk memudahkan pemantauan kinerja IT. Infrastructure monitoring merupakan proses mengumpulkan dan menganalisis data dari infrastruktur, sistem, dan proses IT. Data yang dianalisis tersebut digunakan untuk meningkatkan hasil bisnis dan meningkatkan nilai di seluruh organisasi. Pengumpulan data diperlukan untuk dapat memberikan gambaran lengkap tentang availability, kinerja, dan efisiensi sumber daya yang ada, sehingga aplikasi dan layanan perusahaan tetap aktif dan tersedia bagi pengguna Anda.

Apa yang Dapat Dilakukan IT Infrastructure Monitoring?

Sebelumnya sudah dibahas bahwa IT infrastructure monitoring akan membantu perusahaan dalam mengumpulkan dan menganalisis data dari infrastruktur. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai kemampuan infrastruktur monitoring memantau kinerja IT perusahaan:

  1. Visibilitas terpadu

Infrastructure monitoring dapat menghubungkan kondisi infrastruktur dengan kinerja aplikasi serta menghubungkannya juga dengan pengalaman pengguna yang dialami. Hal tersebut dapat dilakukan pada satu platform. Perusahaan Anda akan menemukan masalah yang muncul secara real-time tanpa perlu melakukan pra-konfigurasi peringatan. Teknologi ini juga mampu memperlihatkan kinerja seluruh sistem pada di satu layar. Perusahaan Anda akan mampu menentukan sumber utama penyebab dengan adanya visualisasi hubungan antar aplikasi, sistem, dan pengguna.

  1. Pemantauan yang proaktif

Solusi teknologi infrastructure monitoring akan mendeteksi perubahan yang terjadi pada sistem yang paling penting secara proaktif. Anda akan melihat kinerja di seluruh sistem di semua host, VM, sumber daya cloud, container, layanan, dan aplikasi Anda. Hal ini akan membuat perusahaan Anda mengurangi risiko alur kerja ketika terjadi troubleshooting problem.

  1. System-wide topology

Menggunakan teknologi ini membuat Anda mampu melihat kondisi di seluruh sitem. Termasuk mampu menghitung dampak dari setiap insiden. Hubungan dan dependensi untuk semua infrastruktur perusahaan dapat divisualisasikan. Perusahaan Anda akan dengan cepat mengisolasi sumber masalah yang berdampak pada banyak entitas. Ketika terjadi suatu masalah, perusahaan Anda dapat melihat kembali waktu kejadian dan memutar ulang keadaannya. Anda dapat meningkatkan pemahaman dan mengurangi waktu untuk bertindak menangani masalah.

Infrastruktur IT yang rumit akan tidak terlihat rumit dengan bantuan infrastructure monitoring. Perusahaan Anda akan merasakan banyak manfaat dan mempermudah proses bisnis yang berjalan. Implementasikan infrastructure monitoring bersama PhinCon, anak perusahaan Phintraco Group yang bergerak di bidang IT Consultancy. PhinCon sudah lebih dari 28 tahun melayani perusahaan di berbagai bidang industri menghadirkan solusi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

 

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai infrastructure monitoring.

 

Referensi:

https://newrelic.com/products/infrastructure

Leave a Reply

Your email address will not be published.