Dalam lingkup perusahaan, firewall berfungsi sesuai namanya, yaitu sebagai “dinding” yang bertugas menjadi sebuah pembatas. Batas ini diciptakan di antara komputer dan jaringan internet yang digunakan oleh pihak-pihak yang ada di suatu perusahaan. Batas tersebut dijadikan pelindung perusahaan dari berbagai serangan dan ancaman siber yang berasal dari jaringan internet.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, firewall biasa atau firewall tradisional tidak lagi relevan untuk melindungi perusahaan secara maksimal.

Karena firewall merupakan salah satu aspek penting dalam keamanan siber yang dapat menjaga sistem dari ancaman luar, kini hadir next generation firewall yang dinilai lebih baik untuk memberikan proteksi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan masa kini. Apa itu next generation firewall dan apa perbedaan next generation firewall dan firewall tradisional?

Pengertian Next Generation Firewall

Dihimpun dari Gartner, next generation firewall adalah solusi keamanan mutakhir yang bertugas untuk menangkal seluruh serangan siber dari pihak ketiga. Sehingga, data yang perusahaan miliki tidak bisa diubah, dicuri atau dirusak dengan mudah. Berbeda dengan firewall tradisional, next generation firewall menginspeksi semua aplikasi, serangan, traffic dan konten di berbagai platform, serta menganalisa metode kerja serangan siber.

Perbedaan Next-Generation Firewall dan Firewall Tradisional

Sesuai dengan namanya, next-generation firewall adalah versi yang lebih canggih dari firewall tradisional, namun keduanya sama-sama menawarkan manfaat untuk perusahaan. Seperti firewall tradisional, next generation firewall menggunakan pemfilteran statis dan dinamis serta dukungan VPN untuk memastikan bahwa semua koneksi antara jaringan, internet, dan firewall seluruhnya berstatus valid dan aman. Kedua jenis firewall ini juga dapat menerjemahkan alamat jaringan dan port untuk memetakan IP.

Ada beberapa perbedaan antara next generation firewall dan firewall tradisional. Perbedaan paling jelas antara keduanya adalah kemampuan next generation firewall untuk memfilter setiap traffic berdasarkan aplikasi. Firewall canggih ini memiliki kontrol yang luas dan visibilitas aplikasi yang dapat diidentifikasi menggunakan analisis dan pencocokan signature. Pengguna next generation firewall dapat menggunakan white list atau signature-based IPS untuk membedakan antara aplikasi yang aman dan yang tidak aman, kemudian diidentifikasi menggunakan dekripsi SSL. Tidak seperti kebanyakan firewall tradisional, next generation firewall juga menyertakan jalur di mana pembaruan di masa mendatang akan diterima.

Secara lebih sederhana, berikut adalah perbedaan next generation firewall dan firewall tradisional:

Demikian beberapa perbedaan next generation firewall dan firewall tradisional. Keduanya menawarkan manfaat yang sama bagi perusahaan yaitu untuk menangkal seluruh serangan siber dari pihak ketiga. Sehingga, data yang perusahaan miliki tidak bisa diubah, dicuri atau dirusak dengan mudah. Perbedaannya terletak dari sisi kecanggihannya karena next generation firewall dirancang dengan beberapa fitur tambahan yang relevan dengan landscape digital perusahaan yang berkembang pesat.

Jangan berhenti mempelajari informasi tentang next generation firewall di artikel ini. Lanjutkan pembahasan lainnya di artikel selanjutnya yang secara khusus membahas tentang Manfaat dan Pentingnya Next Generation Firewall untuk Perusahaan:

 

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

 

Referensi:

https://www.gartner.com/en/information-technology/glossary/next-generation-firewalls-ngfws    

https://digitalguardian.com/blog/what-next-generation-firewall-learn-about-differences-between-ngfw-and-traditional-firewalls 

https://www.geeksforgeeks.org/difference-between-traditional-firewall-and-next-generation-firewall/