Blog

Serverless Architecture Menyederhanakan Arsitektur IT

01 December 2021 Admin Marketing Blog

Ketika berbicara mengenai IT infrastruktur dan arsitektur, akan terbayang betapa rumitnya sistem IT dan segala arsitekturnya. Hal tersebut membuat arsitektur IT menjadi ditinggalkan karena tim IT akan fokus terhadap pengembangan IT untuk meningkatkan bisnis proses. Teknologi sudah semakin berkembang menciptakan teknologi alternatif untuk menyederhanakan arsitektur IT. Saat ini ada teknologi yang dikenal dengan serverless architecture. Berikut penjelasan dan manfaatnya untuk perusahaan Anda.

Apa Itu Serverless Architecture?

Serverless architecture merupakan salah satu pendekatan untuk software design, memudahkan pengembang membangun dan menjalankan layanan aplikasi tanpa perlu mengelola infrastruktur. Para pengembang dapat melakukan pekerjaan coding dan memastikan aplikasi berjalan di server yang telah disediakan/dioperasikan oleh suatu platform tanpa perlu memikirkan management server, seperti provisioning, scaling, dan maintenance. Scaling dapat dilakukan secara otomatis.

Keuntungan Menggunakan Serverless Architecture

Keuntungan utama jika perusahaan Anda menggunakan serverless architecture adalah para pengembang dapat fokus pada pengembangan produk. Para pengembang tidak akan mengelola dan mengoperasikan server. Selain itu, konfigurasi jaringan atau keamanan server secara fisik juga tidak diurus oleh pengembang, melainkan akan ditangani oleh third-party. Apa keuntungan lainnya? Berikut adalah keuntungannya:

  1. Kemampuan pengamatan yang lebih baik

Menggunakan serverless architecture akan membagi aplikasi menjadi beberapa bagian kecil, yang biasa disebut dengan decomposition. Hal tersebut akan membuat Anda memiliki kemampuan pengamatan yang lebih baik. Melihat bagian dari aplikasi menjadi bagian yang lebih kecil akan menumbuhkan banyak wawasan dan dapat membuat perubahan kecil yang berdampak besar.

  1. Penerapan yang mudah dan cepat

Kecepatan sering menjadi faktor pendukung dalam memilih untuk menggunakan arsitektur tanpa server. Anda dapat menerapkan aplikasi dengan cepat dalam hitungan jam karena tidak ada konstruksi infrastruktur yang membebani Anda.

  1. Fleksibel sehingga mempercepat munculnya inovasi

Penerapan yang lebih cepat mendatangkan kemudahan dalam skalabilitas. Perusahaan Anda menjadi lebih fleksibel sehingga Anda dapat mempercepat inovasi.

  1. Mengurangi biaya

Perusahaan Anda dapat mengurangi investasi yang besar yang biasa diperlukan ketika membuat arsitektur IT. Menggunakan serverless architecture pada dasarnya mengalihdayakan server dan manajemen basis data.

  1. Lebih fokus pada UX

Menggunakan serverless architecture akan membuat tim IT Anda fokus unntuk meningkatkan UX atau pengalaman pengguna karena tim IT tidak memikirkan infrastruktur dan fokus untuk masalah strategis.

  1. Keamanan serverless lebih baik

Keamanan serverless architecture sudah memiliki tingkat standarisasi keamanan yang diakui dan bersertifikasi, seperti ISO 27001, PCI-DSS, dan lainnya.

Anda akan lebih mendapatkan banyak manfaat jika menggunakan cloud monitoring pada serverless architecture perusahaan Anda. Konsultasikan penerapan solusi cloud monitoring untuk perusahaan Anda bersama Phintraco Consulting. Phintraco Consulting atau yang biasa dikenal dengan PhinCon merupakan anak perusahaan Phintraco Group yang bergerak di bidang Information Technology (IT) consulting and services. Sudah melayani lebih dari 300 klien, PhinCon siap menerapkan layanan IT yang tepat, khususnya solusi cloud monitoring untuk perusahaan Anda.

 

Hubungi kami dengan mengirimkan email ke marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai solusi cloud monitoring.

 

Referensi:

https://newrelic.com/blog/best-practices/what-is-serverless-architecture

 

Artikel terkait:

https://phintraco.com/amatai-kinerja-serverless-architecture-dengan-solusi-cloud-monitoring/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *