Manfaatkan Solusi SIEM Modern untuk Mengatasi Serangan Siber yang Semakin Canggih

/Manfaatkan Solusi SIEM Modern untuk Mengatasi Serangan Siber yang Semakin Canggih

Manfaatkan Solusi SIEM Modern untuk Mengatasi Serangan Siber yang Semakin Canggih

Apa Itu SIEM?

SIEM adalah singkatan dari Security Information and Event Management. Teknologi SIEM ini digunakan untuk mengumpulkan informasi keamanan yang berasal dari data log pada jaringan, aplikasi, dan hardware dan mengkorelasikan informasi tersebut menjadi suatu output.

Security Information and Event Management (SIEM) telah menjadi solusi keamanan yang diandalkan perusahaan untuk melakukan deteksi dini terhadap serangan siber. Walaupun sudah banyak perusahaan yang menggunakan solusi SIEM—khususnya SIEM tradisional, perusahaan masih perlu memastikan tentang efektivitas solusi SIEM yang digunakan saat ini, karena besar kemungkinan bahwa SIEM yang saat ini sudah digunakan belum berperan maksimal untuk melindungi perusahaan dari serangan siber yang semakin kompleks. Berikut adalah informasi mengenai kekurangan dari teknologi SIEM tradisional:

  1. Tidak dapat menganalisa dan memantau seluruh data secara efektif

SIEM tradisional biasanya hanya dapat mengumpulkan informasi keamanan yang berasal dari data-data yang sudah didefinisikan sebelumnya. Kekurangan ini menyebabkan informasi keamanan yang dihasilkan tidak lengkap. Berbeda dengan SIEM modern, semua jenis data dari berbagai sumber dapat dianalisa oleh SIEM modern untuk menghasilkan informasi keamanan yang lengkap.

  1. Hasil investigasi cenderung lambat dan tidak menyeluruh

SIEM tradisional tidak dibangun untuk menghasilkan investigasi yang detail dan menyeluruh terhadap semua komponen.

  1. Masalah skalabilitas

Karena volume, kompleksitas, variasi, dan kecepatan data terus meningkat, SIEM tradisional tidak dapat mengimbanginya. Malware, data breaches, dan jenis serangan siber lainnya kini semakin kompleks, sehingga pendekatan yang lebih proaktif dan gesit terhadap infrastruktur keamanan sangat dibutuhkan. Kebutuhan akan solusi yang proaktif dan gesit tidak bisa didapatkan dari SIEM tradisional.

  1. Pilihan deployment tidak fleksibel

Dari sisi deployment, kebanyakan SIEM tradisional hanya tersedia dalam appliance atau software deployment saja. Hal ini berbeda dengan SIEM modern. Dari sisi deployment, SIEM modern tersedia dalam software dan juga cloud deployment.

Saatnya Beralih ke SIEM Modern

Berbeda dengan SIEM tradisional, SIEM modern memberikan nilai keuntungan maksimal untuk perusahaan dalam mengatasi tantangan atau masalah keamanan siber yang semakin canggih.

Solusi SIEM modern menawarkan visibilitas penuh terhadap seluruh aktivitas dalam jaringan, aplikasi, dan hardware. Solusi ini dapat menganalisa data dalam jumlah besar dan menemukan aktivitas yang berpotensi mengakibatkan serangan hanya dalam hitungan detik saja. Tentunya, kemampuan ini tidak dimiliki oleh SIEM tradisional.  

Bagaimana Cara Solusi SIEM Modern Bekerja?

Sistem SIEM mengumpulkan data dari berbagai sumber dalam infrastruktur jaringan perusahaan, termasuk server, sistem, perangkat, dan aplikasi untuk mengidentifikasi potensi ancaman, baik yang berasal dari eksternal ataupun internal. Solusi SIEM modern menawarkan “centralized view” yang menggabungkan informasi kontekstual tentang user, aset perusahaan, dan lain-lain.

Solusi SIEM modern dapat mengalisa berbagai sumber data yang berasal dari:

  • Aplikasi apa pun yang digunakan perusahaan.
  • Perangkat jaringan seperti routers, switches, bridge, wireless access point, modem, line driver, dan hubs.
  • Server seperti web, proxy, mail, dan file transfer protocol.
  • Perangkat keamanan seperti IDP/IPS, firewall, antivirus software, dan content filter.

Memilih Solusi SIEM Modern yang Tepat untuk Lindungi Perusahaan dari Serangan Siber yang Semakin Canggih

Untuk membantu perusahaan memilih solusi SIEM modern yang tepat, Aplikas Servis Pesona menawarkan solusi SIEM modern dari Splunk. Sebagai informasi, Splunk dinobatkan sebagai Leader di Gartner Magic Quadrant untuk kategori Security Information and Event Management selama 7 tahun berturut-turut. Solusi SIEM modern dari Splunk memberi perusahaan kemampuan untuk:

  • Meningkatkan operasi keamanan dengan waktu respons yang lebih cepat
  • Meningkatkan security posture dengan adanya visibilitas menyeluruh di semua sumber data
  • Meningkatkan kemampuan deteksi dan investigasi menggunakan analitik tingkat lanjut (advanced analytics)
  • Membuat keputusan secara lebih tepat dengan memanfaatkan threat intelligence

Teknologi yang semakin canggih harus diikuti oleh sistem keamanan siber yang memadai. Perlindungan ekstra terhadap serangan siber yang semakin canggih akan semakin diperlukan perusahaan seiring dengan meluasnya penggunaan beragam teknologi untuk menunjang operasional perusahaan.

Membangun keamanan perusahaan yang efektif dapat dimulai dengan memiliki kemampuan mengidentifikasi dan memulihkan masalah keamanan dengan cepat. Jika saat ini perusahaan belum menggunakan solusi SIEM atau masih menggunakan solusi SIEM tradisional untuk menunjang kinerja tim keamanan IT, tahun 2021 adalah waktu yang tepat bagi perusahaan untuk memanfaatkan solusi SIEM modern dan membangun strategi keamanan siber yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi SIEM, Anda dapat menghubungi kami di marketing@phintraco.com

Referensi:

https://www.splunk.com/en_us/data-insider/what-is-siem.html

https://www.splunk.com/en_us/products/premium-solutions/splunk-enterprise-security/features.html

https://www.splunk.com/en_us/software/enterprise-security.html

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US