Blog

Tingkatkan Visibilitas Network Menggunakan Network Detection and Response

28 February 2022 Blog

Seiring berkembangnya teknologi, pertahanan keamanan siber juga akan terus berkembang. Banyak elemen IT yang harus dilindungi dari serangan siber karena penjahat siber selalu mencari celah agar bisa masuk ke sistem perusahaan. Perkembangan IT modern dengan adanya sistem cloud, kebijakan bring your own device yang menjadi landasan terhadap aplikasi mobile, layanan third-party, dan perangkat IoT membuat keamanan end-point semakin sulit dipenuhi.

Perusahaan Anda dapat menggunakan solusi network detection and response untuk meningkatkan visibilitas pada network yang digunakan perusahaan. Apa itu network detection and response? Mari kita simak penjelasannya.

Apa itu Network Detection and Response?

Network detection and response yang bisa dikenal dengan NDR adalah keamanan siber yang mendeteksi aktivitas berbahaya melalui analisis network traffic. Solusi NDR tidak mencegah aktivitas penjahat siber, namun menghentikan aktivitas serangan yang sedang berlangsung sebelum serangan tersebut membahayakan perusahaan. Solusi ini mengandalkan jaringan atau virtual tap untuk menganalisis traffic, baik yang ada pada on-premises maupun cloud.

Solusi keamanan jaringan ini menganalisis network traffic untuk mendeteksi aktivitas berbahaya di dalam perimeter dan mendukung deteksi, investigasi, dan respon terhadap threat yang lebih canggih. NDR secara pasif menangkap komunikasi jaringan dan menerapkan teknik advanced yaitu menganalisis perilaku dan machine learning. Teknik tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi pola serangan, baik known dan unknown threats. Data yang dihasilkan dari identifikasi pola serangan tersebut digunakan untuk melakukan investigasi secara real-time terhadap aktivitas post-compromise untuk menyelidiki insiden. NDR juga mampu mengidentifikasi threats yang tersembunyi di dalam traffic yang terenkripsi.

Mengapa Menggunakan NDR?

Serangan siber terus meningkat. Transformasi digital semakin dipercepat dengan adanya pandemi Covid-19. Penggunaan cloud, aplikasi mobile, dan IoT semakin banyak diterapkan dan hal itu memperluas kemungkinan kejahatan siber. Tim IT semakin sulit mendapatkan visibilitas ke traffic yang mencurigakan. Sebagian besar traffic yang ada saat ini sudah terenkripsi, sehingga semakin sulit untuk memeriksa traffic. Penjahat siber dapat menyamarkan aktivitas serangan mereka dalam traffic yang terenkripsi. Data yang dihimpun dari Extrahop menunjukkan bahwa sekitar 91% organisasi khawatir kehilangan visibilitas keamanan karena enkripsi dan penggunaan cloud. Solusi NDR mampu menangani hal tersebut.

Keuntungan menggunakan Network Detection and Response

Para penjahat siber tidak bisa menghindari beberapa key activities di jaringan yang bisa dilakukan NDR. Solusi ini meningkatkan deteksi rule-based menggunakan teknologi machine learning untuk melihat perilaku entitas pada network dan secara kontekstual mengidentifikasi apa pun yang menyerupai teknik serangan. Selain kelebihan NDR yang menggunakan machine learning, ada keuntungan lain jika perusahaan menggunakan network detection and response, antara lain yaitu:

  • Mendukung investigasi lebih cepat
  • Internal visibility
  • Intelligent response
  • Meningkatkan deteksi threats di lingkungan on-premises, cloud, dan

 

Ditengah kemudahan digital yang ada, penjahat siber juga selalu meningkatkan caranya agar dapat meretas keamanan perusahaan. Salah satunya yaitu melalui jaringan. Tingkatkan visibilitas network perusahaan Anda menggunakan network detection and response. Perusahaan Anda dapat mengimplementasikan NDR bersama Aplikas Servis Pesona. Anak perusahaan Phintraco Group ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT Security. Aplikas Servis Pesona sudah melayani perusahaan di berbagai bidang industri lebih dari 12 tahun.

 

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mendapat informasi lebih lengkap mengenai Network Detection and Response.

 

Referensi:

https://www.extrahop.com/products/what-is-ndr/

 

Artikel terkait:

Memenuhi Kebutuhan Keamanan Jaringan Perusahaan untuk Tingkatkan Efisiensi Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published.