Blog

Tren Teknologi Tahun 2022 Versi Gartner, Bantu Pertumbuhan Bisnis Anda

26 November 2021 Blog

Pandemi COVID-19 diprediksi akan tetap berlanjut hingga 2022, serta masih akan berdampak pada kehidupan masyarakat terutama untuk sektor ekonomi dan bisnis. Perkembangan teknologi yang terjadi selama pandemi telah mendorong para pelaku bisnis dan ekonomi untuk mampu bertahan dan mengejar laju transformasi serta bersaing di industri. Urgensi ini lah yang menginisiasi tren teknologi tahun 2022 untuk semakin fokus pada mengukir perubahan dan mempercepat pertumbuhan di bagian ekonomi dan bisnis.

Tren Teknologi Tahun 2022

Tuntutan bisnis untuk mencapai pertumbuhan melalui hubungan atau koneksi dengan pelanggan akan disorot dalam setiap tren teknologi tahun 2022 berdasarkan Gartner. Berikut adalah 7 tren teknologi tahun 2022, di antaranya:

1.      Total Experience (TX)

Sama seperti tren teknologi tahun 2021, total experience (TX) diprediksikan akan menjadi tren teknologi tahun 2022. TX adalah salah satu pendekatan untuk meningkatkan seluruh rangkaian manajemen pelanggan dan karyawan perusahaan. Customer experience (CX), employee experience (EX), user experience (UX), dan multi-experience (MX) adalah bagian dari TX. TX memiliki tujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan serta karyawan. Proses bisnis hasil dari TX yang adaptif dan fleksibel akan meningkatkan penjualan dan laba dari perusahaan. Pengimplementasian solusi Human Capital Management (HCM), Customer Relationship Management (CRM), dan Unifed Communication merupakan salah satu bentuk menjejaki dan mengekspresikan tren TX dalam perusahaan. Solusi-solusi yang berkaitan dengan total experience, dapat Anda konsultasikan bersama Phintraco Technology, MitraComm Ekasarana, dan Phintraco Consulting.

2.      Cloud-Native Platform (CNP)

Transformasi digital mendorong hampir semua sistem untuk bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Maka dari itu, tren teknologi tahun 2022 kedepannya perusahaan harus beralih dari cara pemindahan tradisional ke CNP untuk menyediakan kemampuan digital yang efektif dan fleksible. CNP memanfaatkan fitur utama komputasi cloud untuk menawarkan kemampuan IT yang skalabel dan fleksibel kepada pengguna teknologi yang memanfaatkan internet, sehingga menghasilkan waktu yang diperlukan lebih cepat dan biaya yang lebih rendah. Pengimplementasian solusi Google Cloud Platform (GCP) yang disediakan PhinCon merupakan salah satu bentuk menjejaki dan mengekspresikan tren CNP dalam perusahaan.

3.      Distributed Enterprise

Tahun 2022 masih marak melakukan pola kerja remote dan hybrid. Tren teknologi tahun 2022 nantinya, perusahaan dengan sistem office-centered perlahan-lahan beralih menjadi distributed enterprise. Distributed enterprise menggunakan layanan cloud, telekomunikasi nirkabel dan seluler, serta WAN berkecepatan tinggi untuk dapat menghubungkan kantor pusat dengan cabang. Perusahaan dapat melakukan pengambilan keputusan real-time dengan distributed enterprise karena semua aset dapat diakses tanpa melalui sentral data terpusat. Distributed enterprise dapat memastikan bahwa lokasi aset yang berbeda dapat diakses dengan aman tanpa menambahkan kerumitan dalam prosesnya. Jika perusahaan Anda ingin mengimplementasikan Distributed Enterprise, perusahaan Anda dapat bekerja sama dengan Phintraco Technology yang bergerak di bidang IT Infrastructure.

4.      Cybersecurity Mesh

Akhir 2021 masih dihebohkan dengan permasalahan serangan siber. Cybersecurity Mesh masih akan menjadi tren teknologi tahun 2022. Cybersecurity mesh merupakan integrasi keamanan yang menunggunakan jaringan lebih luas daripada covert computation, yang berfokus pada keamanan data. Cybersecurity mesh adalah pendekatan yang melindungi setiap perangkat satu per satu dengan perimeternya. Cara ini memungkinkan tim IT untuk melacak dan memantau tingkat akses yang berbeda dengan lebih baik ke berbagai bagian jaringan. Selain itu, cybersecurity mesh juga memungkinkan siapa saja untuk mengakses aset digital di mana pun dengan aman. Pengimplementasian solusi Customer Identity and Access Management (CIAM), Identity and Access Management (IAM), dan Privileged Access Management (PAM) merupakan salah satu bentuk menjejaki dan mengekspresikan tren CNP dalam perusahaan. Solusi-solusi tersebut tersedia di Aplikas Servis Pesona.

5.      Hyperautomation

Hyperautomation merupakan sebuah pendekatan yang menggunakan teknologi modern dan canggih seperti artificial intelligence (AI), machine learning (ML), dan robotic process automation (RPA) untuk mengotomasi banyak proses bisnis yang biasanya dilakukan oleh manusia. Penggunaan hyperautomation masih akan menjadi tren teknologi tahun 2022. Perlu digarisbawahi bahwa pengimplementasian hyperautomation tidak berarti mengganti semua pekerjaan yang dilakukan manusia, namun lebih ke memberikan bantuan dan mempermudah pekerjaan agar karyawan bisa lebih fokus kepada hal yang lebih berharga dan penting bagi perusahaan. Pengimplementasian solusi Robotic Process Automation (RPA) yang disediakan PhinCon merupakan salah satu bentuk menjejaki dan mengekspresikan tren hyperautomation dalam perusahaan.

6.      Privacy-Enhancing Computation (PEC)

Privacy-enhancing computation (PEC) akan menjadi tren teknologi tahun 2022 karena keamanan digital akan semakin penting di masa yang akan datang. Menggunakan Privacy-enhancing computation (PEC) akan mengamankan data digital yang sedang digunakan sambil mempertahankan privasi atau kerahasiaannya. Karena prosesnya dilakukan secara bersamaan, maka sistem ini dapat meminimalisir waktu yang digunakan lebih banyak. Teknik yang ada di sistem ini biasanya sulit dicapai dengan pendekatan keamanan yang konvensional. Maka dari itu, PEC sangat diperlukan oleh perusahaan untuk meningkatkan keamanan dan privasi informasi yang bersifat pribadi dan sensitif dalam waktu yang efisien. Pengimplementasian solusi Privileged Access Management (PAM), Security Information and Event Management (SIEM), Network Traffic Analytic, Data Loss Prevention, Fraud Analytic, dan Identity Governance and Administration merupakan salah satu bentuk menjejaki dan mengekspresikan tren PEC dalam perusahaan. Anda dapat menghubungi Phintraco Technolgy dan Aplikas Servis Pesona jika ingin mengimplementasikan PEC di perusahaan Anda.

7.      Generative Artificial Intelligence (AI)

Generative AI adalah salah satu pendekatan AI yang paling menonjol dan efektif di pasaran. Generative AI mengacu pada algoritma kecerdasan buatan yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten baru, unik, dan logis dengan memanfaatkan konten atau objek dari data yang ada. Generative AI dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda, termasuk mengembangkan software code, memfasilitasi penelitian medis, dan pemasaran bisnis yang ditargetkan. Namun, inovasi ini juga dapat disalahgunakan untuk penipuan, penggelapan, dan tindakan kriminal lainnya. Pengimplementasian solusi AI dapat Anda konsultasikan bersama PhinCon yang merupakan perusahaan IT Consulting and services.

 

Dari ketujuh tren teknologi teratas yang telah dijelaskan, apakah perusahaan Anda saat ini sudah mempunyai sistem yang mumpuni untuk mengimbangi tren teknologi tahun 2022? Jika Anda masih mengevaluasi kesiapan sistem perusahaan dan ingin mencari tahu informasi lebih banyak lagi, Anda dapat menghubungi kami, Phintaro Group. Phintraco Group dan setiap anak perusahaannya akan selalu siap untuk ikut ambil bagian dari transformasi teknologi yang ingin dicapai perusahaan Anda untuk meningkatkan customer experience agar bisa mengikuti tren yang ada.

 

Hubungi kami melalui email di marketing@phintraco.com untuk mengetahui solusi teknologi yang tepat untuk perusahaan Anda.

 

Referensi:

https://www.gartner.com/en/newsroom/press-releases/2021-10-18-gartner-identifies-the-top-strategic-technology-trends-for-2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.