4 Alasan Mengapa Investasi Hyperconverged Infrastructure Penting bagi Perusahaan

/4 Alasan Mengapa Investasi Hyperconverged Infrastructure Penting bagi Perusahaan

4 Alasan Mengapa Investasi Hyperconverged Infrastructure Penting bagi Perusahaan

Di situasi pandemi seperti saat ini, seorang IT leader bertanggung jawab untuk menemukan solusi tepat yang berfungsi untuk membantu perusahaan lebih responsif, manajemen IT yang lebih mudah dikelola, dan aman dari ancaman keamanan siber. Adakah solusi tepat untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut?

Solusinya ada pada Hyperconverged Infrastructure. Penggunaan Hyperconverged Infrastructure menjanjikan efisiensi dan penghematan biaya yang lebih besar bagi perusahaan. Namun, benarkah demikian? Sebagai seorang IT leader, mungkin Anda sedang mencari informasi tentang Hyperconverged Infrastructure dan ingin menemukan jawaban atas pertanyaan mengapa perusahaan Anda harus segera mengadopsi model infrastruktur ini.

Kami akan membantu Anda untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan menjabarkan 4 alasan mengapa investasi Hyperconverged Infrastructure penting bagi perusahaan. Berikut penjelasannya!

1. HCI membantu tim IT menyederhanakan pengelolaan infrastruktur IT

“Bekerjalah lebih cerdas, bukan lebih keras”. Pernah dengar istilah tersebut? Inilah salah satu gambaran manfaat yang akan didapatkan perusahaan dengan menggunakan Hyperconverged Infrastructure. HCI dapat membantu tim IT menggunakan waktu kerja mereka dan sumber daya IT yang dimiliki secara lebih efisien.

HCI memungkinkan tim IT perusahaan menggunakan satu sistem terpadu untuk mendapatkan visibilitas menyeluruh ke seluruh lingkungan IT. Dengan visibilitas menyeluruh tersebut, tim IT dapat bebas mengelola setiap bagian infrastruktur IT secara sederhana dan mulus di satu tempat, yang hasilnya akan memberi lebih banyak waktu untuk meningkatkan agility, fokus pada strategi bisnis, dan mengurangi pengeluaran biaya untuk keperluan hardware.

2. Mengurangi biaya investasi IT secara keseluruhan

Setiap perusahaan pasti menciptakan strategi sedemikian rupa agar bisa berhasil mengurangi pengeluaran, termasuk untuk biaya investasi IT.

Setiap perusahaan yang menggunakan infrastruktur IT tradisional harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk urusan pemeliharaan. Perusahaan secara rutin mengeluarkan budget khusus untuk biaya lisensi, biaya upgrade, administrasi, storage, dan bahkan biaya untuk tim support dan spesialis yang jumlahnya juga tidak sedikit.

HCI dapat mengatasi masalah ini dengan cara menyederhanakan operasi infrastruktur IT perusahaan, sehingga perusahaan tidak perlu memiliki banyak tim support untuk mengelola platform yang berbeda dengan adanya sistem manajemen terpusat. Dengan HCI, perusahaan tidak lagi membutuhkan manajemen IT yang terpisah dan mahal!

3. Memenuhi kebutuhan scaling-up

Infrastruktur IT tradisional sulit untuk mengikuti perkembangan kebutuhan bisnis yang terus meningkat, dengan kata lain sulit untuk melakukan proses scaling-up.

Infrastruktur IT tradisional membuat tim IT sulit untuk melakukan prediksi konsumsi sumber daya IT selama tiga hingga lima tahun ke depan, dan ketika tim IT melakukannya, hasil prediksi berisiko menyebabkan overprovisioning – situasi di mana perusahaan mengeluarkan banyak biaya untuk sumber daya IT, namun hasilnya tidak sesuai dengan apa yang benar-benar mereka butuhkan.

Dengan HCI, perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya lebih saat bisnis sudah berkembang, dan mendapatkan fleksibilitas untuk menyesuaikan kondisi manajemen IT saat ada data yang bertambah atau perlu diubah.

4. Proses pemulihan bencana (disaster recovery) dapat dilakukan dengan lebih cepat

Salah satu elemen utama dari solusi HCI adalah kemampuan backup, pemulihan, perlindungan data, dan deduplikasi data yang sudah tersedia, serta kemampuan analitik untuk memprediksi kondisi seluruhnya. Komponen disaster recovery akan dikelola dari satu dashboard, dan HCI tidak hanya memantau on-premise storage tapi juga cloud storage. Dengan kemampuan ini, proses deduplikasi dan backup data dapat dilakukan dalam hitungan menit atau bahkan hitungan detik.

Demikian informasi mengenai 4 alasan mengapa investasi Hyperconverged Infrastructure penting bagi perusahaan. Jika Anda tertarik untuk mengimplementasi solusi Hyperconverged Infrastructure, Anda dapat segera menghubungi kami di marketing@phintraco.com

Phintraco Technology memiliki tim ahli yang siap untuk membantu perusahaan Anda menuju seluruh tahapan implementasi HCI, termasuk menyediakan layanan assessment. Tim kami akan membantu Anda menemukan solusi yang paling sesuai untuk lingkungan dan beban kerja di perusahaan secara spesifik.

Referensi:

https://www.computerweekly.com/feature/Five-reasons-to-look-at-hyper-converged-infrastructure

 

Artikel terkait:

https://phintraco.com/hal-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-hyperconverged-infrastructure/

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US