4 Alasan Mengapa Perusahaan Harus Memodernisasi Infrastruktur IT

/4 Alasan Mengapa Perusahaan Harus Memodernisasi Infrastruktur IT

4 Alasan Mengapa Perusahaan Harus Memodernisasi Infrastruktur IT

Dalam lingkungan perusahaan, ketangkasan dan kecepatan dalam merespon suatu perubahan merupakan urgensi utama yang harus dimiliki. Untuk dapat memiliki kemampuan tersebut, perusahaan perlu menggunakan infrastruktur IT yang andal. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Dell Technologies, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa 71% perusahaan menyatakan infrastruktur lama mereka adalah penghambat terbesar untuk melakukan transformasi bisnis.

Mengacu pada hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa banyak perusahaan yang mengalami beberapa tantangan dalam operasionalnya karena masih menggunakan infrastruktur IT lama. Dengan penggunaan infrastruktur lama yang tidak secara rutin diremajakan, ketangkasan dan kecepatan dalam merespon suatu perubahan akan sulit dilaksanakan. Oleh karena itu, modernisasi infrastruktur IT perlu dilakukan. Berikut 4 alasan mengapa perusahaan harus memodernisasi infrastruktur IT:

1. Menurunkan biaya

Modernisasi infrastruktur IT dapat menurunkan biaya yang dibutuhkan untuk manajemen pengelolaan IT. Mengapa demikian? Singkatnya, dengan modernisasi infrastruktur IT, perusahaan akan membutuhkan biaya yang lebih sedikit untuk keperluan pemeliharaan sistem yang lama. Sistem lama memerlukan pemeliharaan sesering mungkin untuk memastikan kapasitas dan kinerjanya masih relevan dengan workload yang ada pada saat perusahaan berkembang.

2. Meningkatkan keamanan data

Apakah dengan menggunakan infrastruktur IT yang saat ini Anda gunakan telah membuat Anda mendapatkan kontrol dan visibilitas penuh atas pergerakan data?

Memahami bagaimana cara karyawan menggunakan data, dan bagaimana data tersebut berpindah dari jaringan internal perusahaan ke jaringan eksternal perusahaan akan membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih strategis dan efektif. Kemampuan ini umumnya tidak dimiliki perusahaan jika masih menggunakan infrastruktur lama.

Terlebih lagi, infrastruktur IT modern memiliki kemampuan data backup dan data recovery yang lebih baik daripada infrastruktur lama.

3. Meningkatkan ketangkasan bisnis

Perusahaan dengan infrastruktur IT yang lebih modern akan mendapatkan peluang bisnis yang lebih banyak dibandingkan perusahaan yang masih bertahan dengan penggunaan infrastruktur IT lama. Hal ini disebabkan karena infrastruktur IT modern memiliki tingkat skalabilitas yang lebih tinggi untuk mengikuti perkembangan bisnis secara real-time.

Umumnya, perusahaan yang masih bertahan dengan penggunaan infrastruktur IT lama sulit untuk mengembangkan produk atau layanan baru. Dengan infrastruktur yang lebih modern, akan lebih mudah untuk menyusun atau merancang project bisnis baru hingga tahap peluncuran produk dalam jangka waktu yang lebih singkat.

4. Meningkatkan kinerja dan produktivitas tim

Meningkatkan produktivitas tim secara keseluruhan adalah salah satu manfaat utama dari modernisasi infrastruktur IT.

Berdasarkan penelitian dari Forrester, modernisasi infrastruktur IT dapat meningkatkan produktivitas tim developer perusahaan sebanyak 40%. Peningkatkan ini disebabkan oleh kemudahan yang akan didapatkan developer dalam mengakses tools pengembangan dan teknologi yang lebih canggih untuk membantu mereka meningkatkan efisiensi.

Modernisasi infrastruktur IT akan membantu meningkatkan performa bisnis dalam beberapa aspek krusial. Namun, sebagai pengambil keputusan dalam perusahaan, Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai portofolio lingkungan digital perusahaan dan memprioritaskan investasi terhadap bagian yang paling membutuhkan modernisasi infrastruktur IT tersebut.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memodernisasi infrastruktur IT, Anda perlu menentukan strategi dan tujuan bisnis terlebih dahulu. Dan yang terpenting adalah menemukan partner perusahaan teknologi yang dapat benar-benar membantu perjalanan transformasi digital sampai ke hasil yang maksimal.

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang perusahaan penyedia solusi dan layanan infrastruktur IT yang tepat untuk bisnis Anda di link berikut ini:

Hubungi kami:

marketing@phintraco.com

Referensi:

https://www.delltechnologies.com/en-us/whitepaper/esg-it-transformation-maturity-report-agility-innovation-business-value.htm

https://www.globalscape.com/blog/why-it-modernization-important

https://www.imaginovation.net/blog/why-businesses-should-modernize-legacy-applications/

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US