5 Alasan Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan Next-Gen Antivirus

/5 Alasan Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan Next-Gen Antivirus

5 Alasan Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan Next-Gen Antivirus

Penjahat siber terus mengembangkan keahlian dan tools yang mereka gunakan untuk melakukan aksi kriminalnya. Sama hal nya dengan solusi yang terus diperbarui kecanggihannya, penjahat siber juga terus mencari cara baru untuk dapat menembus lapisan keamanan targetnya. Bahkan, mereka juga mulai menggunakan dukungan artificial intelligence (AI) untuk memastikan serangan mereka berhasil menembus lapisan keamanan yang terus diperbarui.

Karena kecanggihan yang terus dikembangkan oleh para penjahat siber ini, maka perusahaan – yang umumnya dijadikan target utama serangan siber – memerlukan solusi mutakhir untuk melindungi sistem dari serangan yang semakin canggih.

Salah satu solusi mutakhir yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menghindari serangan siber yang semakin canggih adalah Next-Gen Antivirus.

Apa itu Next-Gen Antivirus?

Next-Gen Antivirus (NGAV) adalah solusi untuk melindungi perusahaan dari berbagai jenis serangan siber – baik untuk jenis serangan yang sudah terdeteksi sebelumnya atau yang belum terdeteksi.

Solusi ini melakukan perlindungan terhadap sistem perusahaan dengan cara melakukan pemantauan dan respons terhadap taktik, teknik, dan prosedur yang dilakukan penjahat siber.

NGAV membantu tim keamanan IT perusahaan memiliki kemampuan untuk merespons potensi serangan secara real-time dengan bantuan alat predictive analytics dan threat intelligence.  

Ada beberapa alasan mengapa perusahan harus menggunakan Next-Gen Antivirus dibanding antivirus tradisional yang saat ini masih banyak diandalkan oleh perusahaan. Berikut penjelasannya:

1. Solusi antivirus tradisional tidak dapat diandalkan untuk mendeteksi serangan baru yang semakin canggih secara otomatis

Solusi antivirus tradisional membutuhkan “signature” untuk mendeteksi jenis serangan yang masuk ke dalam sistem. Pendekatan signature tersebut masih memiliki banyak kekurangan, karena solusi keamanan berbasis signature membutuhkan pembaruan secara manual yang melewati proses panjang agar dapat mendeteksi jenis serangan baru.

Intinya, penggunaan solusi antivirus tradisional tidak dapat diandalkan perusahaan karena solusi tersebut tidak mampu beradaptasi untuk menyesuaikan perkembangan jenis serangan siber yang bergerak cepat.

2. Next-Gen Antivirus memiliki kemampuan yang lebih lengkap karena dapat memeriksa file, aplikasi, dan koneksi jaringan

Solusi NGAV mampu mendeteksi dan mencegah serangan malware dan non-malware lainnya. NGAV mengambil pendekatan berbasis sistem terhadap keamanan, dengan memantau seluruh dokumen dan infrastruktur yang digunakan perusahaan. Pendekatan yang lebih holistik ini mampu melindungi perusahaan dari berbagai serangan yang berasal dari aktivitas internal atau pun eksternal.

3. Next-Gen Antivirus memungkinkan tim keamanan perusahaan untuk mengetahui penyebab masalah dari akarnya

Solusi NGAV dirancang khusus untuk mengumpulkan dan menganalisa data endpoint secara komprehensif untuk menemukan akar permasalahan keamanan yang terjadi pada sistem perusahaan.

Dengan mengetahui penyebab permasalahan dari akarnya, perusahaan dapat mengetahui titik kerentanan awal yang dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk menyerang sistem perusahaan, sehingga perusahaan dapat mengatasi titik kerentanan lebih dini untuk menghentikan penjahat siber menggunakan kerentanan tersebut berulang kali.

4. Next-Gen Antivirus dilengkapi dengan kemampuan machine learning dan artificial intelligence

Solusi NGAV dilengkapi dengan kemampuan yang dimiliki big data, machine learning, dan artificial intelligence untuk memahami dan menganalisa miliaran potensi serangan keamanan agar dapat memprediksi jenis serangan berbahaya lainnya di masa depan.

Tools dan teknik analisa data yang dimiliki solusi NGAV memungkinkan perusahaan melihat pola dan perkembangan serangan dari berbagai sumber untuk membantu perusahaan terhindar dari serangan secara menyeluruh.

5. Next-Gen Antivirus tersedia sebagai solusi berbasis cloud dan on-premise

Proses deployment solusi antivirus tradisional umumnya menghabiskan waktu berbulan-bulan. Lamanya durasi tersebut diperlukan karena antivirus tradisional memerlukan hardware yang diinstal di lokasi fisik. Selain itu, setelah diinstal, sebagian besar solusi antivirus tradisional memerlukan proses konfigurasi agar dapat berfungsi sepenuhnya.

Solusi NGAV juga tersedia sebagai solusi berbasi cloud yang dapat menghilangkan kompleksitas dan lamanya proses deployment yang dijumpai pada solusi antivirus tradisional.

Proses deployment solusi NGAV berbasis cloud hanya menghabiskan waktu beberapa jam, serta tidak ada hardware, software, dan infrastruktur tambahan yang dibutuhkan.

Demikian 5 alasan mengapa perusahaan harus menggunakan Next-Gen Antivirus. Manfaat dan kemampuan yang ditawarkan solusi ini dapat melindung perusahaan dari serangan siber secara komprehensif, menghadirkan banyak fitur canggih baru yang mengikuti perkembangan jenis serangan siber yang bergerak cepat.

Kemampuan yang ditawarkan solusi NGAV jelas tidak dimiliki oleh antivirus tradisional. Untuk mengetahui informasi detil mengenai Next-Gen Antivirus, Anda dapat membaca artikel berikut ini: https://phintraco.com/perkuat-keamanan-siber-dengan-next-gen-antivirus/

Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com

 

Referensi:

https://www.crowdstrike.com/cybersecurity-101/endpoint-security/next-generation-antivirus-ngav/

https://www.crowdstrike.com/endpoint-security-products/falcon-prevent-endpoint-antivirus/

https://proteksupport.com/five-reasons-you-need-next-gen-anti-virus/   

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US