Lakukan 5 Langkah Ini untuk Menjaga Keamanan Data Perusahaan

/Lakukan 5 Langkah Ini untuk Menjaga Keamanan Data Perusahaan

Lakukan 5 Langkah Ini untuk Menjaga Keamanan Data Perusahaan

Kita semua tahu bahwa seluruh perusahaan modern menghasilkan banyak data setiap harinya. Dengan banyaknya data yang dihasilkan, pengelolaannya seringkali terbengkalai. Maka dari itu, setiap perusahaan pasti memiliki banyak data yang mengalir di luar jangkauan keamanan jaringan perusahaan.

Insiden kehilangan atau pencurian data sering terjadi dalam lingkungan perusahaan, baik yang berasal dari pihak internal (insider threats) atau pihak eksternal. Namun, kejadiannya lebih sering disebabkan oleh pencurian dari pihak eksternal yang disebabkan oleh faktor ketidaktahuan atau kecerobohan pihak internal.

Lalu, tindakan apa yang perlu dilakukan untuk menjaga keamanan data perusahaan? Kami telah merangkum langkah-langkah tepat yang dapat dilakukan perusahaan agar terhindar dari insiden kehilangan atau pencurian data. Mari terapkan langkah-langkah berikut ini.

1. Bijaklah dalam menyimpan data

Semakin banyak informasi yang dimiliki — baik itu data tentang pelanggan atau karyawan — maka akan semakin banyak usaha yang dibutuhkan untuk menjaga keamanan datanya. Dalam suatu perusahaan, karyawan yang berkepentingan sering menyimpan informasi yang sebenarnya tidak diperlukan. Hal ini menyebabkan sulitnya proses pengkategorian data dari tingkat yang paling penting atau dibutuhkan.

Untuk mengurangi risiko insiden kehilangan atau pencurian data, bijaklah dalam menyimpan data, usahakan untuk menyimpan data yang hanya benar-benar dibutuhkan perusahaan.

Demi menjaga keamanan data perusahaan, karyawan perlu menghindari penyimpanan data yang tidak penting. Jika karyawan membutuhkan informasi tambahan yang bersifat sementara, cepatlah menghapus informasi tersebut setelah menggunakannya.

2. Pantau data yang Anda simpan

Laptop, ponsel, dan perangkat kerja karyawan lainnya menyediakan banyak cara praktis untuk menyimpan dan memindahkan data. Kemudahan yang ditawarkan tersebut ternyata juga memberi banyak kesempatan bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses data.

Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan data perusahaan, seluruh karyawan harus memantau seluruh data yang disimpan seperti mengetahui secara jelas di mana data tersebut disimpan, dan siapa saja yang memiliki akses untuk melihat data tersebut.

3. Terapkan password yang sesuai dengan standar keamanan

Ketika perusahaan sudah mengadopsi perangkat keamanan jaringan yang beragam dan komprehensif, seringkali hal-hal kecil terlupakan. Contohnya, menggunakan password yang tidak sesuai dengan standar keamanan.

Dalam banyak kasus, karyawan menggunakan password yang cukup lemah untuk mengakses data di sistem perusahaan, dan akhirnya membuat sistem tersebut rentan terhadap serangan. Jadi, untuk menjaga keamanan data perusahaan, sangat penting untuk menerapkan keamanan password yang sesuai dengan standar keamanan.

4. Rencanakan respons efektif untuk keadaan darurat

Setiap perusahaan harus selalu siap menghadapi situasi terburuk. Cara mereka dalam menanggapi insiden keamanan siber dapat menjadi faktor yang menentukan besar kecilnya jumlah kerugian dari insiden kejahatan yang terjadi. Respons terhadap keadaan darurat dapat mencakup langkah-langkah berikut ini:

Pertama, putuskan koneksi, matikan semua perangkat komputer, dan hentikan penggunaan program yang disusupi.

Kedua, libatkan pihak yang kompeten di bidang keamanan dan investigasi kejadiannya, lakukan tinjauan internal atau akan lebih baik jika Anda bekerja sama dengan perusahaan keamanan IT untuk menemukan masalah keamanan pada sistem.

5. Terapkan perlindungan maksimal untuk menjaga keamanan data perusahaan dengan solusi DLP

Setelah melakukan 4 langkah sebelumnya, perusahaan masih perlu menerapkan perlindungan maksimal pada keamanan data perusahaannya dengan solusi DLP atau Data Loss Prevention.

Solusi Data Loss Prevention adalah suatu solusi untuk menambah lapisan keamanan pada data perusahaan yang berisi informasi sensitif agar tidak terekspos pada pihak yang tidak berwenang. Solusi ini membantu perusahaan terhindar dari insiden kehilangan data melalui proses pemantauan data yang dilakukan secara terus menerus di seluruh endpoint, jaringan dan cloud. Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi Data Loss Prevention di artikel berikut ini: Tingkatkan Keamanan Data Perusahaan dengan Solusi Data Loss Prevention

Sebagai perusahaan penyedia solusi keamanan IT, Aplikas Servis Pesona berkomitmen untuk mengatasi landscape ancaman keamanan digital yang terus berevolusi dengan memberikan solusi pengelolaan keamanan yang lebih efektif dan efisien, serta memiliki skalabilitas tinggi.

Lakukanlah beberapa langkah efektif di atas agar keamanan data perusahaan terjamin keamanannya. Semoga informasinya bermanfaat!

 

Referensi:

https://www.itproportal.com/features/how-to-keep-your-companys-sensitive-data-secure/

https://www.business.com/articles/7-security-practices-for-your-business-data/

https://www.mcafee.com/enterprise/en-us/products/total-protection-for-data-loss-prevention.html

 

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com 

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US