Blog

Pencegahan Serangan Siber Saja Tidak Lagi Relevan, Deteksi Dengan NDR

02 March 2022 Blog

Melakukan pencegahan atas terjadinya serangan siber telah menjadi strategi paling umum yang digunakan untuk menghindari serangan yang merugikan perusahaan. Namun, keefektifan strategi pencegahan ini tidak lagi relevan seiring perkembangan waktu. Saat ini banyak serangan siber baru yang cukup kuat dan asing muncul di jaringan dunia maya. Sehingga, tindakan pencegahan tidak lagi menjadi strategi keamanan siber yang layak bagi jaringan sistem perusahaan yang mungkin hanya mengenali beberapa di antaranya.

Pencegahan Saja Tidak Cukup

Keyakinan paling populer di banyak perusahaan adalah bahwa mereka dapat mengurangi risiko kerugian akibat serangan siber dengan melakukan pencegahan keamanan di seluruh jaringan mereka. Sehingga, mereka mengerahkan banyak upaya dan anggaran untuk mengimplentasikan solusi preventif seperti manajemen akses, sistem antivirus, firewall, dan masih banyak lagi. Solusi-solusi pencegahan tersebut kini tidak lagi cukup untuk melindungi sistem perusahaan dari serangan siber. Untuk menghadapi serangan siber yang lebih canggih, perusahaan harus menaruh banyak fokus pada kemampuan pemantauan sistem untuk memungkinkan deteksi dini. Deteksi serangan siber dengan lebih dalam akan lebih efektif menahan dampak kerugian daripada hanya melakukan pencegahan di permukaan.

Deteksi Akan Melihat Lebih Dalam

Metode pencegahan keamanan jaringan hanya efektif terhadap penyerang aktif yang mencoba mendapatkan akses ke jaringan. Teknologi pencegahan memang efektif, tetapi tidak mengatasi apa yang terjadi di luar batas pertahanannya, di situlah sebagian besar serangan siber dimulai. Dengan metode deteksi, Anda dapat mengetahui lebih dalam dan memantau serangan siber tersebut. Solusi pendeteksi akan mengumpulkan segala informasi yang Anda butuhkan tentang ancaman siber yang saat itu terjadi, sehingga tim keamanan IT perusahaan tahu apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. Deteksi bahkan dapat mengetahui serangan yang telah berhasil menembus sistem keamanan dan menyebar secara luas dalam sistem jaringan Anda. Anda dapat menggunakan deteksi dan pemantauan untuk menghentikan serangan yang sedang berlangsung sebelum menyebabkan kerusakan.

Gunakan NDR Untuk Tingkatkan Visibilitas

Visibilitas yang baik untuk melakukan deteksi dan pemantauan tentunya sekarang menjadi prioritas terpenting untuk keamanan IT perusahaan. Untuk meningkatkan visibilitas deteksi serangan siber, Anda dapat menggunakan solusi Network Detection and Response (NDR). Solusi keamanan NDR tidak mencegah serangan siber. Sebaliknya, solusi ini akan menghentikan hal tersebut terjadi di tengah serangannya sebelum ada kerugian. Solusi NDR juga memantau lalu lintas jaringan untuk aktivitas berbahaya atau serangan siber di dalam perimeter sehingga tidak ada yang terlewatkan. Dengan solusi NDR, pelaku serangan siber akan kesulitan menutupi aktivitas serangan mereka. Sehingga, melakukan deteksi dan pemantauan pada jaringan merupakan solusi terbaik untuk keamanan ekstra.

 

Implementasikan solusi NDR pada sistem keamanan IT Anda sekarang juga. Bekerja samalah dengan perusahaan penyedia solusi NDR yang kredible dan berpengalaman di bidangnya. Aplikas Servis Pesona adalah salah satu anak perusahaan Phintraco Group yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan sebagai penyedia solusi teknologi mereka. Untuk mendapatkan solusi NDR terbaik dan sesuai kebutuhan perusahaan Anda, serahkan saja pada Aplikas Servis Pesona.

 

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lengkap mengenai NDR.

 

Referensi:

https://www.extrahop.com/products/what-is-ndr/

https://networks.online/gas/prevention-of-cyber-attack-is-not-enough/

 

Artikel terkait:

Tingkatkan Visibilitas Network Menggunakan Network Detection and Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.