Blog

Penggunaan AI dalam Mendeteksi Keramaian

09 May 2022 Blog

Saat ini, Indonesia dan sebagian negara lain di seluruh dunia sudah mulai memasuki era post-pandemic. Peraturan berpergian semakin dipermudah, namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat seperti, memakai masker, menjaga jarak, dan tentunya sudah melakukan vaksinasi. Acara-acara seperti exhibition, konser, dan pameran-pameran lainnya juga sudah mulai diselenggarakan. Hal tersebut membuat banyak masyarakat yang sudah mulai berpergian dan menghadiri sejumlah acara. penggunaan ai

Walaupun peraturan sudah mulai dilonggarkan, kita tidak boleh lupa bahwa Covid-19 belum sepenuhnya hilang. Berdasarkan data yang dihimpun dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19, terdapat 741 jumlah terpapar Covid-19 per 20 April 2022. Pemerintah tidak boleh lengah akan hal ini, agar tidak terjadinya lonjakan kasus dan menciptakan gelombang 4 kasus covid-19. Perlu diadakannya tindak lanjut untuk mengurai keramaian namun tidak mengurangi kegiatan bisnis yang sudah berjalan sesuai peraturan. Hal yang dapat dilakukan pemerintah dan para pelaku bisnis adalah dengan mendeteksi keramaian. penggunaan ai

Deteksi Keramaian Menggunakan Teknologi AI

Sekumpulan orang yang berkerumun sulit untuk di urai jika ada di sebuah kegiatan. Akan membutuhkan banyak karyawan untuk dapat memantau kerumunan. Hal tersebut juga menjadi tidak efektif karena akan kesulitan untuk melakukan perhitungan pengunjung dan mencegah keramaian. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk mendeteksi titik keramaian dan melakukan perhitungan pengunjung.

Mass Traffic Surveillance: Solusi Pendeteksi Keramaian

Solusi Mass Traffic Surveillance dapat membantu memaparkan perhitungan jumlah orang yang masuk ke sebuah kawasan. Dilengkapi dengan dua analytics dengan fungsi yang berbeda namun dapat saling memperkaya wawasan. Analytic people counting akan membantu memaparkan perhitungan. Lalu analytic crowd estimation mampu mengestimasi jumlah manusia di dalam suatu kerumuman secara real-time dan otomatis. Hasil dari dua tools analisis tersebut dapat dimanfaatkan sebagai rujukan untuk mengatur suatu kerumunan maupun manusia yang berada di sebuah kawasan yang memiliki akses terbatas secara efektif. Pengambilan keputusan akan dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

Mengapa Penting Untuk Medeteksi Kerumunan?

Tidak ada satu pun yang dapat mengetahui kapan pandemi akan berakhir. Kita harus mampu beradaptasi dari keadaan ini agar perekonomian Indonesia dapat terus berkembang. Selagi memicu dan mendorong pergerakan perkonomian Indonesia, pemerintah dan para pelaku bisnis juga harus ikut serta dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Salah satu solusinya yaitu menerapkan solusi mass traffic surveillance dalam mendeteksi kerumunan di suatu kawasan. Sektor industri yang dapat menggunakan solusi Mass Traffic Surveillance antara lain yaitu:

  • Pemerintah Kota/ Kabupaten
  • Aparat Penegak Hukum
  • Pengembang Properti
  • Retail
  • Acara (Event)

Seperti itulah penjelasan bagaimana teknologi AI menciptakan solusi yang dapat membantu untuk mendeteksi keramaian di suatu kawasan. PhinCon atau Phintraco Consulting merupakan anak perusahaan Phintraco Group yang bergerak di bidang IT consultancy. Salah satu solusi yang dihadirkan PhinCon adalah solusi Mass Traffic Surveillance atau Crowd Anomaly Behavior.

 

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai teknologi AI dalam mendeteksi keramaian dan solusi teknologi mass traffic surveillance atau crowd anomaly behavior dengan mengirimkan email ke marketing@phintraco.com.

 

Referensi:

https://covid19.go.id/artikel/2022/04/20/situasi-covid-19-di-indonesia-update-20-april-2022

https://www.nodeflux.io/use-cases/mass-traffic-surveillance

https://www.nodeflux.io/product/visionaire-people

Leave a Reply

Your email address will not be published.