Blog

Hyper Automation: Tren Teknologi Gartner 2022 yang Bermanfaat Untuk Perusahaan

15 April 2022 Blog

Sudahkah Anda mengetahui tren teknologi tahun 2022 yang dipublikasikan Gartner? Pada Oktober 2021, Gartner yaitu salah satu perusahaan riset dan konsultan IT, meluncurkan tren teknologi 2022. Salah satu tren teknologi yang akan meningkat penggunaannya di tahun 2022 yaitu hyper automation. Di tengah maraknya otomatisasi pada proses bisnis yang sedang marak dicanangkan perusahaan, kita tidak menyadari bahwa otomatisasi terjadi di kegiatan sehari-hari kita. Proses otomatisasi tersebut terjadi dengan bantuan berbagai macam teknologi yang disebut hyper automation. Tahukah Anda apa itu hyper automation? Mari kita simak penjelasannya.

Apa Itu Hyper automation?

Hyper automation adalah sebuah pendekatan berbasis bisnis yang digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi, memeriksa, dan mengotomatisasi sebanyak mungkin proses bisnis dan IT dengan cepat. Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat terciptanya pendekatan ini karena hyper automation menggabungkan teknologi AI dan RPA atau robotic process automation sehingga semua tugas yang berulang yang biasa terjadi dapat diotomatisasi. Penggunaan berbagai macam tools teknologi seperti Robotic Process Automation (RPA), machine learning (ML), dan artificial intelligence (AI) akan bekerja secara harmonis untuk dapat mengotomatisasi proses bisnis yang kompleks. Teknologi ini menjadi sebuah pendekatan yang sesungguhnya dalam transformasi digital.

Apa Manfaat Hyper automation Untuk Perusahaan?

Sudah bukan rahasia umum bahwa penggunaan teknologi untuk bisnis akan meningkatkan produktivitas. Namun, perusahaan belum sepenuhnya merasakan manfaatnya karena belum memaksimalkan penggunaan teknologi tersebut. Strategi teknologi ini menjadi salah satu strategi teknologi yang efektif untuk meningkatkan produktivitas karena hyper automation dapat mengintegrasikan fungsi dan proses silos serta membebaskan karyawan mengerjakan tugas manual yang berulang dan menghabiskan waktu. Hal ini akan meningkatkan produktivitas, meningkatkan komunikasi dan koordinasi, serta meningkatkan efisiensi dan penghematan biaya. Penggunaan RPA dan AI dalam teknologi ini akan memberikan manfaat lain perusahaan, antara lain:

  1. Mempercepat pekerjaan yang kompleks

Hyper automation mampu membuat semua orang terlibat dalam transformasi bisnis. Hal ini didukung oleh pekerjaan kompleks yang diotomatisasi dengan mengandalkan masukan dari pengetahuan masing-masing orang yang dibantu dengan teknologi AI.

  1. Terciptanya digital workers

Digital workers secara tidak langsung akan tercipta karena adanya RPA. Sehingga tugas berulang dapat diotomatisasi dan meningkatkan kinerja karyawan. Digital workers ini adalah sebagai agen perubahan hyper automation karena digital workers dapat terhubung ke berbagai aplikasi bisnis, beroperasi dengan data terstruktur dan tidak terstruktur, menganalisis data dan membuat keputusan, serta menemukan proses dan peluang otomatisasi baru.

Bayangkan jika karyawan Anda dapat menyederhanakan tugas sehari-hari karena sudah terotomatisasi? Karyawan Anda dapat lebih produktif dan perusahaan akan lebih berkembang dari biasanya. Seperti itulah gambaran hyper automation yang bermanfaat untuk perusahaan. PhinCon adalah anak perusahaan Phintraco Group yang bergerak di bidang IT Consultancy. Salah satu solusi yang disediakan PhinCon adalah robotic process automation yang merupakan salah satu solusi teknologi untuk menerapkan hyper automation ini. Perusahaan Anda dapat berkonsultasi langsung dengan PhinCon jika ingin menerapkan pendekatan hyper automation ini untuk bisnis Anda.

 

Ketahui informasi lebih lengkap dengan menghubungi kami via email ke marketing@phintraco.com.

 

Referensi:

https://www.automationanywhere.com/rpa/hyperautomation

https://www.gartner.com/en/information-technology/glossary/hyperautomation

https://www.automationanywhere.com/company/blog/rpa-thought-leadership/what-is-hyperautomation

https://www.automationanywhere.com/company/blog/rpa-thought-leadership/could-hyperautomation-be-a-name-for-ai-plus-rpa

https://www.automationanywhere.com/company/blog/product-insights/artificial-intelligence-as-a-driver-of-hyperautomation

 

Artikel terkait:

Tingkatkan Employee Experience Menggunakan AARI

Leave a Reply

Your email address will not be published.