Setelah membaca artikel “Solusi Teknologi yang Dibutuhkan Perusahaan Masa Kini” bagian 1, saatnya untuk menggali lebih dalam lagi mengenai solusi teknologi lainnya yang dibutuhkan perusahaan masa kini. Pandemi Covid-19 menghadirkan tren baru dalam dunia bisnis, banyak perusahaan berlomba untuk mempercepat proses transformasi digital agar dapat tetap beroperasi secara efektif namun tetap dapat menyesuaikan keadaan dan kebutuhan.

Berbicara tentang transformasi digital, teknologi adalah hal krusial yang harus diketahui fungsi serta manfaatnya, karena teknologi yang tepat dapat membantu perusahaan beradaptasi dengan cepat. Untuk memberikan insight bisnis baru, kami menghadirkan beragam informasi untuk Anda mengetahui solusi teknologi yang dibutuhkan perusahaan agar dapat terus bertahan dan bangkit dari masa krisis, dan di waktu yang bersamaan juga menciptakan peluang baru bagi bisnis. Apa saja solusi teknologi yang dibutuhkan? Simak penjelasan berikut!

1. Robotic Process Automation (RPA)

Ketika pekerjaan yang dilakukan monoton, manusia bisa merasa jenuh dengan pekerjaannya dan akan memengaruhi tingkat produktivitas kerjanya. Untuk mengatasi tantangan ini, perusahaan masa kini dapat memanfaatkan solusi teknologi Robotic Process Automation.

Robotic Process Automation (RPA) adalah software yang dapat diprogram untuk melakukan tugas dasar di aplikasi seperti yang dilakukan oleh pekerja manusia dengan kecepatan dan presisi tinggi.

Kehadiran solusi teknologi RPA membawa dampak positif bagi peningkatan produktivitas perusahaan. Dengan RPA, karyawan akan memiliki kesempatan besar untuk lebih produktif dalam melakukan pekerjaan yang inovatif.

2. Microservices

Di masa pandemi ini, perusahaan harus lebih kreatif dalam menciptakan inovasi bisnis agar dapat bertahan dan bangkit dari situasi krisis dan tetap unggul di industri. Untuk dapat mewujudkannya, perusahaan membutuhkan solusi yang dapat membuat tim mereka menjadi lebih agile dan fokus bekerja sama untuk menciptakan inovasi.

Kebutuhan inilah yang menjadikan Microservices sebagai fast go-to solution bagi perusahaan, dan memanfaatkan Service Oriented Architecture (SOA) selangkah lebih maju dengan membagi setiap komponen menjadi aplikasi single-purpose yang efektif.

Microservices merupakan suatu strategi untuk membagi suatu project besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola sesuai dengan fungsinya. Setiap komponen dapat dikembangkan dan diterapkan secara independen sebagai layanan modular kecil. Dengan begitu, Microservices membantu perusahaan menciptakan layanan yang lebih baik, dan merespons kebutuhan bisnis dengan lebih cepat.

3. Human Capital Management (HCM)

Pandemi Covid-19 membuat perusahaan harus menerapkan kebijakan baru bagi karyawannya, yang salah satunya adalah bekerja dari rumah. Dengan adanya kebijakan tersebut, perusahaan dan karyawannya harus menyesuaikan diri terhadap perubahan.

Melihat kondisi tersebut, divisi HR memiliki peran yang sangat penting di masa saat ini, karena mereka harus menyelaraskan organisasi dan melindungi aset (karyawan) agar tetap aman dan nyaman.

Untuk dapat melakukannya, tim HR harus memanfaatkan solusi Human Capital Management. Solusi ini membantu perusahaan memiliki perencanaan yang tepat dalam memaksimalkan SDM yang dimiliki agar tercapainya kelompok pekerja yang kompeten dan mampu meningkatkan kualitas kerja, yang nantinya akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan perusahaan.

Robotic Process Automation, Microservices, dan Human Capital Management adalah tiga dari sekian banyak solusi teknologi yang harus dimiliki perusahaan masa kini. Selain ketiga solusi teknologi tersebut, Anda juga patut untuk mempertimbangkan solusi teknologi lainnya seperti Big Data Analytics, Enterprise Resource Planning, Customer Relationship Management, dan API Management. Penjelasannya dapat Anda lihat di sini. (link)

Apakah setelah melihat penjelasan mengenai solusi teknologi yang dibutuhkan perusahaan masa kini, Anda merasa bahwa solusi tersebutlah yang Anda cari?

Anda dapat memercayakan PhinCon sebagai partner penyedia solusi dan layanan teknologi utama untuk bisnis Anda. PhinCon senantiasa mamberikan solusi teknologi yang tepat untuk kebutuhan perusahaan masa kini, dengan menyediakan solusi teknologi seperti Big Data, ERP, CRM, API Management, RPA, Microservices, HCM, layanan konsultasi IT, dan solusi lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun, PhinCon telah menjadi partner terpercaya perusahaan Indonesia untuk menyempurnakan proses transformasi digital, dan selalu berkomitmen untuk menyediakan solusi-solusi teknologi terpercaya dengan bekerja sama dengan perusahaan yang menjadi pemimpin pasar dalam bidang teknologi seperti Google, Oracle, Tibco, Teradata, Genesys, Mulesoft, dan lain-lain. 

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com