Blog

Web Application Security: Perlindungan Canggih untuk Aplikasi Web Anda

22 August 2022 Admin Marketing Blog

Terjadinya transisi ke ranah digital membuat bisnis modern mengandalkan berbagai jenis aplikasi berbasis web. Aplikasi berbasis web telah menjadi opsi untuk berbagai jenis bisnis di seluruh dunia untuk meraih audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan mereka. Namun, terdapat risiko besar terhadap data dan hal penting lainnya ketika perusahaan meletakkan bisnis mereka ke web. Kerentanan pada aplikasi web menjadi favorit para peretas sehingga peretasan aplikasi web tergolong sering terjadi. Hal tersebut karena umumnya aplikasi web terbuka terhadap publik dan bisa menjadi batu loncatan untuk memperoleh data yang lebih berharga.

Aplikasi berbasis web terkadang memiliki akses terhadap data sensitive seperti data pelanggan perusahaan. Sehingga, peretas yang berhasil membobol aplikasi web berpotensi memperoleh aset berharga perusahaan. Serangan siber terhadap aplikasi web suatu perusahaan tidak hanya mengganggu kelangsungan operasional perusahaan tapi juga bisa mencoreng reputasi perusahaan. Walaupun kita menyadari betapa pentingnya keamanan digital, tetapi tidak banyak perusahaan yang menempatkan perhatian khusus terhadap keamanan aplikasi web. Entah karena keterbatasan pengetahuan terhadap pengamanannya atau dikarenakan masih lebih memprioritaskan kebutuhan bisnis.

Apa itu Web Application Security?

Umumnya, seorang developer dapat meminimalisir celah keamanan aplikasi web dengan cara memaksimalkan tugas-tugas QA. Memastikan aplikasi web lolos testing di unit test, functional test, UAT, blackbox dan whitebox testing. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan-kemungkinan dari input dan behaviour diluar skenario. Namun, teknik penjahat siber semakin hari semakin massif dalam menjalankan aksinya. Dibutuhkan layer pertahanan khusus untuk menangkal serangan di level ini dan salah satu caranya adalah menerapkan web application security. Web application security yaitu sebagai sistem tindakan perlindungan dan protokol yang dapat melindungi situs web atau aplikasi web perusahaan dari peretasan atau dimasuki oleh pihak yang tidak berwenang. Dengan solusi ini, dapat memungkinkan untuk memberikan perlindungan terhadap aplikasi web dengan mendeteksi, mencegah, dan menangani ancaman dunia maya seperti hacker.

Manfaat Penerapan Web Application Security

Seiring dengan perkembangan teknologi, sudah semakin banyak perusahaan IT yang mengembangkan web application security. Solusi ini telah beradaptasi dengan teknologi baru yang lebih canggih sehingga mampu beradaptasi dengan kehadiran ancaman-ancaman baru. Dengan begitu, data Anda akan lebih aman dari para hacker di luar sana. Terdapat beberapa manfaat dari solusi ini yang perlu Anda ketahui. Sehingga bisa membantu dalam menjaga keamanan data penting yang perusahaan Anda miliki. Berikut diantaranya:

  1. Memberi perlindungan tangkas terhadap serangan aplikasi web dengan beberapa metode yang saling berhubungan untuk menemukan ancaman, seperti signatures web, IP reputation, antivirus, dan banyak lagi.
  2. Menghentikan ancaman aplikasi terbaru dengan pembaruan yang terjadi secara real-time.
  3. Dengan lisensi berbasis perangkat, biaya awal dan biaya berlanjutan akan lebih rendah.
  4. Menjaga keamanan tetap up-to-date dengan opsi push and pull untuk kecepatan pembaruan.

Dengan semakin tingginya resiko dan ancaman pada aplikasi web maka kesadaran kita akan bahaya ini sudah seharusnya diubah menjadi sebuah aksi. Siapapun yang akan memegang tanggung jawab atas web application security ini pada akhirnya akan membutuhkan kordinasi antara tim developer dan tim infrastruktur. Perusahaan juga sebaiknya memilih web application security yang memadai, agar dapat memantau kejadian pada aplikasi web secara real-time dan mengambil tindakan yang diperlukan apabila terdapat serangan siber.

Anda dapat mengimplementaikan web application security bersama Aplikasi Servis Pesona sebagai solusi menjaga aplikasi web perusahaan Anda dengan aman dari malware. Tidak hanya itu, alasan terpenting untuk memasang web application security adalah karena aplikasi web merupakan hal krusial bagi kesuksesan bisnis bagi suatu perusahaan. Yang berarti, cukup banyak bagian dari pendapatan perusahaan yang bergantung pada berjalannya aplikasi web. Bahkan boleh jadi operasi bisnis tidak bisa berlangsung tanpa ketersediaan aplikasi web di setiap waktu. Aplikas Servis Pesona yang merupakan anak perusahaan dari Phintraco Group, tentu memungkinkan Anda untuk memberikan keamanan dan perlindungan canggih atas aplikasi web Anda dari potensi ancaman.

 

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mendapat penjelasan dari para ahli tentang Web Application Security.

 

Baca Juga:

Pentingnya Cyber Security

 

Related Article:

Developing an Effective Cyber Security Strategy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *