4 Teknologi yang Dapat Dimanfaatkan untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

/4 Teknologi yang Dapat Dimanfaatkan untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

4 Teknologi yang Dapat Dimanfaatkan untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

Saat ini, dunia sedang dihadapkan pada permasalahan kesehatan yang sangat serius karena merebaknya pandemi Covid-19 di berbagai negara, termasuk Indonesia. Di masa yang sulit ini, sudah semestinya bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk para pemilik bisnis untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia mencegah penyebaran Covid-19.

Sebagai salah satu perusahaan komunikasi dan teknologi informasi di Indonesia, Phintraco Technology meyakini bahwa teknologi mendapatkan peran yang sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Lalu, apa saja solusi teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh perusahaan di Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tempat kerja?

  1. Face Check-In Application

Face check-in application adalah sebuah teknologi yang dapat digunakan untuk absensi berbasis contactless. Karyawan dapat melakukan proses check-in dan check-out di kantor tanpa harus menyentuh perangkat yang disentuh oleh banyak orang dan menjadi salah satu media penyebaran Covid-19.

  1. Thermal Sensor – Fever screening

Teknologi thermal sensor dapat digunakan untuk memonitor suhu tubuh setiap karyawan atau tamu yang melewati check point atau berada di suatu ruangan. Teknologi ini mengukur suhu semua objek dalam skala pengukuran, mendeteksi wajah (face recognition) dengan algoritma AI, dan mengekstrasi suhu pada dahi. Thermal sensor juga mencocokkan suhu pada dahi dan wajah untuk memastikan validitas suhu. Alarm akan mengingatkan jika ada karyawan atau tamu suhunya melebihi standard suhu yang sudah di setting.

  1. Mask Detection

Teknologi mask detection memiliki kemampuan untuk mendeteksi karyawan atau tamu yang tidak memakai masker. Melalui teknologi ini, penggunaan masker karyawan atau tamu di ruang publik akan diketahui secara detail. Mask detection dilengkapi alert system sebagai pemberitahuan cepat bagi petugas ketika objek tanpa masker ditemukan. Tentu saja ini membantu penyelesaian masalah selama kondisi pandemi, dimana kita diharuskan untuk memastikan kondisi kesehatan masyarakat, mobilitas publik, dan kepatuhan terhadap peraturan.

  1. People Counting

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, salah satu tindakan utama yang harus dilakukan adalah memastikan jumlah orang di satu ruangan sesuai dengan protokol kesehatan. Untuk meminimalisir adanya jumlah kerumunan yang membahayakan, Anda dapat memanfaatkan solusi teknologi People Counting. Teknologi ini akan menghasilkan laporan yang menunjukan jumlah, jenis kelamin, dan usia setiap objek yang terdeteksi CCTV yang dilengkapi dengan modul ini.

Upaya kolaboratif antara Pemerintah dan pihak lain yang turut andil dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dapat mendorong percepatan penanganan pandemi ini. Oleh karena itu, Phintraco Technology menyediakan 4 solusi teknologi tersebut untuk seluruh pemilik bisnis agar dapat membantu Pemerintah menangani penyebaran virus, dan juga sekaligus memperlancar kegiatan harian operasional bisnis mereka.

Phintraco Technology adalah perusahaan teknologi yang memiliki solusi IT yang relatif lengkap, memiliki tim Product sebagai konsultan yang profesional serta IT Infra Delivery & managed services yang berpengalaman, memiliki helpdesk system sendiri, customer support 24/7, serta termasuk dalam anggota perusahaan Phintraco Group yang menyediakan solusi IT end-to-end.  

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US