Setelah WannaCry, Dunia Cyber Kembali Diserang Ransomware Bernama Petya atau Petwrap

/Setelah WannaCry, Dunia Cyber Kembali Diserang Ransomware Bernama Petya atau Petwrap

Setelah WannaCry, Dunia Cyber Kembali Diserang Ransomware Bernama Petya atau Petwrap

Kurang lebih dari sebulan setelah serangan WannaCry yang sempat membuat resah publik, muncul lagi sebuah serangan cyber bernama Petya, atau Petwrap, yang akhir-akhir ini menyerang perusahaan di seluruh Eropa, termasuk di Ukraina.

Apa itu Petya? Petya merupakan salah satu macam ransomware yang pertama kali ditemukan pada tahun 2016 yang me-reboot komputer secara paksa dan mengenskripsi tabel master hard drive (MFT) dan melumpuhkan master boot record (MBR). Anda akan direkomendasikan untuk melakukan reboot sistem, dan setelah itu sistem tidak dapat diakses.

Hal ini membuat Petya menjadi wiper, bukan ransomware seperti yang diyakini pertama kali. Meskipun Petya menuntut pembayaran Bitcoin, penjahat dunia maya ini tidak benar-benar akan memanfaatkan uang tersebut. Sebenarnya, kemungkinan besar hal ini ditujukan hanya untuk menyerang dan melakukan tes untuk melihat sejauh mana serangan tersebut dapat menyebar.

Lantas, apakah yang bisa dilakukan agar tetap terlindung dan aman dari Petya Ransomware ini? Meskipun serangan ini sebagian besar menargetkan perusahaan, penting bagi setiap orang untuk tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan. Berikut adalah tips dalam mencegahnya:

  1. Selalu pastikan bahwa anti virus Anda up-to-date­. Hal ini dilakukan agar dapat memaksimalkan perlindungan yang tersedia bagi Anda.
  2. Jangan meng-klik terlalu cepat. Serangan ini kemungkinan dapat menyebar melalui email phising atau email spam, jadi pastikan Anda memeriksa konten email untuk legitimasi. Arahkan kursor ke tautan dan lihat apakah URL tersebut mengarah ke URL yang benar.
  3. Back up data Anda. Back up semua mesin segera. Jika mesin terinfeksi Petya, data bisa senantiasa terhapus. Oleh karena itu, pastikan Anda menutupi semua basis Anda dan simpan data Anda di hard drive eksternal atau di tempat lain.
  4. Terapkan sistem dan aplikasi yang terbaru. Pastikan sistem operasi Anda selalu up-to-date untuk membantu penyebaran malware. Petya menyebar dalam organisasi yang menggunakan teknik yang sama dengan WannaCry, menginfeksi sistem yang tidak memiliki OS terbaru.

Semoga tips di atas dapat membantu kita untuk dapat terlindung dari Petya Ransomware ini.

By | 2017-09-20T09:48:17+00:00 July 24th, 2017|Categories: Blog|Tags: , , , , |0 Comments

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US