Pengukuran kinerja dilakukan perusahaan secara berkala dalam bidang apa pun. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan dapat terus berkembang dan menyediakan layanan yang terbaik untuk pelanggan. Di zaman serba digital, terkadang perusahaan memiliki kendala dalam melihat indikator penilaian pelanggan karena biasanya tidak dapat dinilai melalui angka. Terdapat indikator-indikator penting yang dapat diukur agar dapat melihat sejauh mana perusahaan melayani pelanggan secara digital. Berikut adalah 3 indikator penting mengukur digital customer experience.

Indikator Penting Mengukur Digital Customer Experience

Perusahaan pengembang aplikasi perlu merubah tampilan dan pelayanan secara berkala untuk mengetahui pendapat pelanggan dan menentukan pilihan yang tepat untuk pelanggan. Jika perubahan tampilan pada aplikasi dilakukan tanpa pertimbangan yang tepat, maka akan membuat keputusan tersebut tidak menghasilkan tindakan yang menguntungkan perusahaan. Perusahaan harus mengetahui indikator yang menjadi penilaian untuk meningkatkan kualitas layanan dan tampilan pada aplikasi. Berikut 3 indikator penting untuk mengukur digital customer experience:

  1. Ketersediaan

Pastikan aplikasi Anda menampilkan serta menyediakan konten dan layanan yang diinginkan. Penting untuk mengetahui apakah suatu layanan sudah aktif tersedia dengan baik atau tidak agar pelanggan memiliki layanan yang lengkap dan memiliki pengalaman yang menyenangkan ketika menggunakan aplikasi.

  1. Fungsionalitas

Suatu layanan dan konten yang tersedia di aplikasi memiliki fungsinya masing-masing. Pilihan menu, layanan kategori, mengirim pesan ke customer service memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Pastikan layanan tersebut sudah berfungsi dengan baik dan berfungsi sesuai tujuannya.

  1. Kecepatan

Di zaman yang serba cepat, pelanggan ingin mengakses aplikasi dengan cepat tanpa hambatan. Pastikan aplikasi Anda dapat memuat halaman, menampilkan gambar, dan perpindahan menu yang cepat tanpa hambatan.

Indikator penilaian ini bekerja berkesinambungan, contohnya jika konten yang Anda sajikan tidak aktif, maka secara fungsi dan kecepatan akan tidak bekerja, namun akan mengurangi digital customer experience Anda. Sebaliknya, jika layanan pada aplikasi Anda sudah tersedia dan berfungsi dengan baik namun memiliki kecepatan yang buruk maka akan sangat merugikan pelanggan Anda dan membuat digital customer experience menurun sangat drastis. Dapat diketahui bahwa faktor kecepatan pada aplikasi sangat penting, namun hal tersebut tidak akan mempengaruhi pengalaman pelanggan Anda jika konten tidak berjalan sesuai dengan fungsinya.

Solusi Application Performance Monitoring Membantu Memantau Kinerja Aplikasi

Teknologi dapat membantu pekerjaan lebih mudah. Solusi Application Performance Monitoring dapat membantu Anda memantau kinerja aplikasi dengan mudah dan cepat. Penemuan permasalahan yang biasanya memakan waktu yang lama akan lebih cepat dengan menggunakan solusi APM. Perusahaan Anda akan lebih mudah membuat keputusan untuk meningkatkan tampilan aplikasi yang baik untuk pelanggan. Pada akhirnya tingkat kepuasan pelanggan akan meningkat dan meningkatkan digital customer ecperience. Perusahaan akan mendapatkan pelanggan yang setia karena pengalaman menggunakan aplikasi yang nyaman sesuai eksepektasi pelanggan.

Pastikan perusahaan Anda melakukan penilaian yang tepat dalam mengukur digital customer experience. Perusahaan juga harus mengambil langkah yang tepat agar dapat memudahkan penilaian aplikasi bekerja lebih cepat dan tepat. Gunakan solusi Application Performance Monitoring untuk memudahkan perusahaan memantau kinerja aplikasi. Solusi Application Performance Monitoring merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh PhinCon yang merupakan perusahaan IT Consulting. PhinCon merupakan salah satu anak perusahaan Phintraco Group yang sudah melayani perusahaan diberbagai bidang industri selama lebih dari 12 tahun.

Hubungi kami dengan mengirim email ke marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi Application Performance Monitoring.

Referensi:

https://newrelic.com/blog/how-to-relic/3-dimensions-monitoring-DCX

Artikel terkait: