IT outsourcing adalah proses melibatkan perusahaan luar untuk membantu perusahaan mengurus pekerjaan di bidang IT. Kebutuhan perusahaan akan teknologi semakin meningkat, karena teknologi yang terus berkembang dengan pesat tidak diimbangi dengan kemampuan karyawan untuk terus memperbarui pengetahuannya mengenai teknologi terkini. Penyedia jasa IT outsourcing lebih cepat dalam memperbarui pengetahuan dan sumber daya mengenai teknologi terkini, sehingga banyak perusahaan yang menggunakan jasa IT outsourcing untuk terus berkembang bersama teknologi terkini. IT outsourcing menangani pengembangan website, pengembangan aplikasi, infrastruktur, dan berbagai layanan lain mengenai IT. Bagaimana cara membangun hubungan yang baik dengan penyedia jasa IT outsourcing agar mendapatkan hasil yang maksimal? Berikut cara agar perusahaan dapat memaksimalkan kinerja IT Outsourcing.

1.   Tentukan Tujuan dan Hasil yang Ingin Dicapai

Banyak perusahaan yang tidak menentukan tujuan dan hasil yang ingin dicapai dengan detail. Jika tujuan dan hasil yang ingin dicapai tidak ditentukan secara cermat akan susah menentukan penyedia jasa IT outsourcing yang sesuai dengan nilai perusahaan. Menentukan tujuan dan hasil yang ingin dicapai dengan jelas, akan memudahkan perusahaan mencari penyedia jasa IT Outsourcing yang sesuai dengan kebutuhan.

2.   Ketahui Kekuatan dan Kelemahan Perusahaan

Setiap perusahaan mempunyai kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Perusahaan harus menyadari kekuatan dan kelemahan apa yang dimiliki. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan, perusahaan akan membuat pekerjaan penyedia jasa IT Outsourcing lebih mudah, sehingga perusahaan tidak mengeluarkan biaya yang sebenarnya tidak diperlukan ketika ingin menggunakan jasa IT outsourcing.

3.   Persiapkan Strategi Menangani Perubahan

IT outsourcing selalu memperbarui kondisi teknologi terkini. Ketika perusahaan memutuskan menggunakan IT outsourcing, seluruh strategi mengenai IT tidak sepenuhnya menjadi keputusan penyedia jasa IT outsourcing. Perusahaan harus mengetahui kondisi teknologi terkini. Perusahaan juga harus menyiapkan strategi dengan perubahan yang ada, agar perusahaan harus selalu siap dengan perubahan yang ada, sehingga jika terjadi perubahan melalui IT Outsourcing, perubahan yang terjadi tidak jauh dari nilai-nilai perusahaan yang sudah ada.

4.   Jalin Komunikasi yang Baik

Banyak perusahaan yang menyerahkan segala keputusan IT kepada penyedia jasa IT Outsourcing. Oleh karena itu, perusahaan perlu menjalin hubungan yang sangat baik dengan penyedia jasa IT outsourcing, bukan hanya memantau pekerjaannya tetapi juga mempelajari kegiatannya, agar pekerjaan yang dilakukan oleh penyedia jasa IT Outsourcing sesuai dengan strategi dan nilai-nilai perusahaan.

5.   Perhatikan Biaya dan Benefit yang Didapatkan

Salah satu kesalahan perusahaan ketika mencari penyedia jasa IT outsourcing yang tepat adalah hanya mempertimbangkan biaya yang rendah saat memilih penyedia jasa IT outsourcing, dengan harapan bahwa perusahaan akan mendapatkan benefit yang tinggi. Tanamkan persepsi bahwa menggunakan jasa IT outsourcing merupakan salah satu investasi perusahaan. Besaran biaya dalam menggunakan IT outsourcing akan sebanding dengan apa yang didapat. Jika perusahaan hanya memperhatikan faktor biaya yang rendah untuk menggunakan jasa IT outsourcing, benefit yang didapat akan tidak maksimal. Maka dari itu, strategi, tujuan, hasil dan kemampuan perusahaan untuk menggunakan jasa IT outsourcing harus ditentukan di awal agar dapat menentukan penyedia jasa IT outsourcing yang sesuai dengan biaya modal perusahaan.

 

Setelah mengetahui cara memaksimalkan kinerja IT outsourcing, ketahui juga hal yang harus diperhatikan ketika memilih penyedia jasa IT outsourcing di sini. PhinCon merupakan perusahaan penyedia jasa IT outsourcing yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun.

 

Informasi lebih lanjut mengenai IT outsourcing dapat hubungi tim kami di marketing@phintraco.com.

 

Referensi:

https://www.genesys.com/blog/post/take-contact-center-productivity-to-the-next-level

 

Artikel terkait: